Makanan dan Minuman Untuk Penderita Demam Berdarah

Makanan dan Minuman Untuk Penderita Demam BerdarahPenyakit demam berdarah (DB) adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes, misalnya Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Terdapat empat jenis virus dengue berbeda, namun berelasi dekat, yang dapat menyebabkan demam berdarah. Virus dengue merupakan virus dari genus Flavivirus, famili Flaviviridae.

Penyakit demam berdarah ditemukan di daerah tropis dan subtropis di berbagai belahan dunia, terutama di musim hujan yang lembap. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan setiap tahunnya terdapat 50-100 juta kasus infeksi virus dengue di seluruh dunia. Apabila anda atau saudara dekat anda yang mungkin anda sayangi terkena virus dengue yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah. Seperti di kutip dari Merdeka.com berikut adalah makanan dan minuman untuk penderita demam berdarah yang mungkin belum anda kethaui.

Makanan dan Minuman Untuk Penderita Demam Berdarah

Makanan dan Minuman Untuk Penderita Demam Berdarah

  1. Jeruk
  2. Buah yang sangat baik dikonsumsi untuk penderita demam berdarah karena mengandung banyak vitamin C yang dapat meningkatkan zat antibodi pada tubuh. Semakin meningkatkan zat antibodi pada tubuh maka, semakin mempercepat poses pemulihan. Selain berguna untuk meningkatkan zat antibodi pada tubuh, jeruk juga dapat membantu kesehatan pencernaan si penderita demam berdarah tersebut.

  3. Ekstrak Daun Pepaya
  4. Menurut para dokter dan ahli dalam bidang kesehatan terkemukan mengatakan bahwa daun pepaya adalah makanan yang baik bagi pasien DBD karena dinilai efektif dalam melawan virus demam berdarah. Yang perlu anda lakukan adalah mengambil dua daun pepaya segar, kemudian memblendernya untuk diambil ekstraknya. Pasien demam berdarah harus minum jus ini dua sendok setiap hari, baik pagi ataupun malam hari. Mengkonsumsi daun pepaya merupakan salah satu cara alami dalam mengobati penyakit demam berdarah.

  5. Angkak
  6. Angkak adalah beras putih yang difermentasi dengan monascus purpureus, yaitu sejenis kapang atau jamur yang digunakan untuk kepentingan dalam ilmu medis dan bahan pewarna alami buatan sejak ribuan tahun yang lalu oleh bangsa Asia. Angkak justru dikenal bermanfaat untuk menekan sintesis kolesterol dalam tubuh. Hal itu disebabkan karena kandungan senyawa lovastatin di dalamnya yang bisa menghambat aktivitas enzim penentu yaitu biosintesis kolesterol. Dalam ilmu pengobatan tradisional Cina, angkak memiliki manfaat untuk melancarkan dan menstabilkan peredaran darah.

  7. Jus Sayuran
  8. Jus sayuran juga termasuk salah satu minuman yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita demam berdarah. Jus sayuran yang dimaksud adalah campuran antara mentimun, wortel, dan sayuran hijau lainnya. Para ahli dalam bidang kedokteran juga mengatakan bahwa jus yang berbahan dasar sayuran organik mengandung segudang nutrisi yang bermanfaat dalam mempercepat proses penyembuhan pasien demam berdarah.

  9. Jus Buah
  10. Jus buah yang dimaksudkan adalah yang kaya akan vitamin C juga memberikan manfaat bagi sistem kekebalan atau antibodi tubuh. Meningkatnya sistem kekebalan atau antibodi dalam tubuh akan memberikan dampak positif terhadap proses pemulihan. Buah yang kaya akan vitamin C dapat didapatkan dari buah seperti kiwi, jeruk, stroberi, jambu merah biji, dan pepaya. Buah ini juga dapat membantu tubuh dalam memproduksi limfosit yang juga dapat memberikan efek secara langsun terhadapat bakteri dan juga virus dengue.

  11. Teh Herbal
  12. Teh herbal alami sangat cocok untuk anda penderita demam berdarah karena umumnya teh herbal diperkaya dengan jahe dan kapulaga. Teh herbal merupakan salah satu minuman terbaik untuk meredakan demam.

  13. Air Kelapa
  14. Air kelapa juga sangat dianjurkan agar tidak terkena dehidrasi yang disebabkan oleh virus dengue. Apabila tubuh anda kekurangan cairan elektrolit dianjurkan untuk segera minum-minuman yang banyak mengandung elektrolit misalnya air kelapa.Air kelapa berfungsi sebagai isi ulang cairan pada tubuh anda agar tidak terjadi dehidrasi dan juga jangan lupa untuk minum air mineral juga.

  15. Jus Lemon
  16. Agar penyakit demam berdarah cepat sembuh, minumlah jus lemon yangdapat membantu untuk mengeluarkan virus dengue melalui urin dan demikian dapat mengurangi beban pada tubuh.

  17. Bubur
  18. Ketika anda ingin mencoba melawan virus dengue penyebab demam berdarah, salah satu yang termasuk makanan terbaik untuk mengatasi demam berdarah adalah bubur. Mengkonsumsi bubur dapat menyediakan sumber energi bagi tubuh pasien DBD (Demam Berdarah Dengue). Selain itu, bubur termasuk makanan yang paling mudah dicerna oleh tubuh dan mengandung sejumlah manfaat dibidang kesehatan.

  19. Susu
  20. Susu mengandung sejumlah nutrisi yang penting untuk tubuh seperti vitamin, protein, dan mineral kompleks. Nutrisi-nutrisi tersebut sangat berguna dalam melawan virus penyebab demam berdarah.

  21. Telur
  22. Telur juga mengandung banyak nutrisi seperti protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dari 11 cara diatas, anda dapat memilih makanan atau minuman yang efektif bagi anda. Mungkin itulah info dari saya mengenai Makanan Untuk Penderita Demam Berdarah atau Minuman Untuk Penderita Demam Berdarah, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates: