Cara Mengatasi Telat Datang Bulan 1 Minggu Sampai 1 Bulan

WeSehat.Com - Untuk Anda para perempuan yang sudah mengalami masa haid pernahkah Anda mengalami terlambat datang bulan ? Biasanya perempuan yang belum menikah alias masih lajang mengalami terlambat haid akan merasa ketakutan dan khawatir, sehingga bisa berfikir macam-macam dan mengkhawatirkan hal-hal yang tidak di inginkan.
Cara Mengatasi Telat Datang Bulan
(c) tribuntimur
Menstruasi yang terganggu bisa dikarenakan banyak hal, banyak orang yang khawatir bila terjadi masalah pada organ reproduksi mereka atau mungkin karena hal lain. Jika Anda yang sudah menikah terlambat haid lebih dari satu bulan, lebih baik jika diperiksakan ke dokter, bila Anda negatif hamil maka Anda perlu membaca topik kali ini yang membahas mengenai cara mengatasi telat datang bulan 1 minggu sampai 1 bulan.

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

Biasanya memang siklus menstruasi mengalami perubahan yang tidak jelas, ada beberapa perempuan yang memiliki siklus haid yang pasti dan normal namun banyak pula yang mengalami masa haid yang tidak teratur bahkan sering terlambat selama kurun waktu 1 minggu atau bahkan 1 bulan. Hmm bagaimana cara mengatasinya ?. Dan untuk menjawab kegelisahan Anda mengenai keterlambatan datang bulan, sebagaimana dikutip dari wikisehat.net, berikut ini adalah informasi mengenai cara mengatasi telat datang bulan 1 minggu sampai 1 bulan.

Kurangi Stress

Untuk Anda yang memang sering mengalami terlambat datang bulan ada baiknya Anda mengurangi beban pikiran, karena bila Anda terlalu stress bisa menghambat proses menstruasi sehingga siklus menstruasi Anda pun tidak berjalan normal dan menyebabkan Anda mengalami terlambat datang bulan.

Kurangi Aktivitas Berlebihan
Tips kedua adalah jangan terlalu banyak melakukan kegiatan yang menguras energi Anda, apalagi untuk Anda perempuan yang harus menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh Anda pun tidak seperti kaum laki-laki. Perlu bagi Anda menjaga kesehatan dengan baik dan berusahalah untuk mengatur ulang jadwal kegiatan Anda, jika memang ada kegiatan yang terlalu banyak menghabiskan waktu dan tenaga dan kegiatan itu kurang penting, tinggalkan saja. Kesehatan Anda jauh lebih berharga.

Perbanyak Konsumsi Buah Pepaya dan Jeruk Nipis
Kami merekomendasikan Anda untuk memperbanyak mengkonsumsi buah pepaya dan membuat minuman dari jeruk nipis. Karena dari 2 buah inilah Anda bisa mengatasi siklus haid yang tidak lancar. Pepaya memiliki kandungan yang baik untuk membantu meluruhkan pembuluh darah didalam rahim, sedangkan untuk jeruk nipis memiliki nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan Anda, karena ada banyak kandungan vitamin C dan fosfor yang bisa membantu Anda lebih sehat dan tidak lagi mengalami terlambat datang bulan.

Perbanyak Mengkonsumsi Jamu Kunyit Asam

Atau bisa juga untuk Anda yang memang suka dengan obat herbal bisa nih membuat jamu sendiri dengan racikan kunyit dan asam jawa. Kunyit dan asam jawa merupakan kombinasi tepat untuk membersihkan dinding rahim Anda, mendukung proses menstruasi sehingga lebih lancar, Anda bisa membuat jamu ini sebelum atau sesudah haid untuk melancarkan haid dan membersihkan dinding rahim setelah Anda mengalami masa haid.

Istirahat dan Lakukan Olahraga Yang Cukup
Dan tips terakhir dari cara mengatasi telat datang bulan 1 minggu sampai 1 bulan adalah dengan beristirahat yang cukup, jangan sampai jam tidur Anda kurang dan lakukanlah olahraga ringan yang mendukung kesehatan Anda. Karena jika fisik dan mental Ana sehat hal ini berdampak banyak untuk proses lancarnya menstruasi setiap bulannya.

Demikianlah saran dan rekomendasi dari kami tentang cara mengatasi telat datang bulan 1 minggu sampai 1 bulan semoga bisa membantu mengatasi permasalahan Anda yang sering telat datang bulan.

Subscribe to receive free email updates: