Manfaat Buah Kersen Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit

WeSehat.Com - Kersen ? Pernahkah Anda mengkonsumsi buah ini ? Ya, betul sekali, buah yang kecil dan imut ini memiliki rasa manis dan segar untuk dikonsumsi. Apalagi bila kita bisa menikmatinya selepas kita memanjat pohon. Disisi lain, ada banyak manfaat buah kersen yang selama ini belum kita ketahui.
Khasiat Buah Kersen
(c) youtube
Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini kami ingin mengedukasi pembaca untuk mengetahui lebih banyak mengenai kegunaan buah kersen untuk kesehatan tubuh dan juga bisa bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit.


Khasiat Buah Kersen

Khasiat buah kersen ini kami kutip dari sumber kesehatanpedia yang menyebutkan ada banyak kandungan menyehatkan dalam satu buah kersen sehingga menjadikan buah ini sangat dicari saat ini, untuk dimakan langsung maupun dibuat sirup yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut adalah manfaat yang bisa kita dapat dari buah kersen.

  1. Mencegah Diabetes
    Akhir-akhir ini buah ceri dicari untuk mengobati penyakit diabetes, karena ahli kesehatan telah mampu membuktikan bahwa buah kersen bisa dijadikan sebagai makanan yang menyehatkan, selain bisa mengurangi kadar gula dalam darah, kandungan dalam buah kersen juga ramah dengan organ tubuh yang memproduksi hormon insulin.


  2. Mengurangi Resiko Asam Urat
    Selain mencegah diabetes, ternyata manfaat buah kersen yang lain adalah untuk mengurangi resiko asam urat. Penyakit yang sering menghampiri para mereka yang sudah lanjut usia. Anda bisa mengonsumsi buah kersen ini setidaknya 9 butir setiap hari untuk menyembuhkan atau melakukan pencegahan agar tidak mudah terkena penyakit asam urat.

  3. Sebagai Antiseptik
    Karena mengandung anti bakteri, buah kersen ini dipercaya menjadi antispetik alami yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. oleh karena itu kita harus bisa memanfaatkan buah kersen dengan baik, sehingga bila kita mengonsumsi buah ini akan mendapat banyak manfaat, setidaknya buah kersen bisa memerangi bakteri atau infeksi didalam tubuh.

  4. Mencegah Flu
    Kabar baik untuk Anda semua bahwa ternyata buah kersen bisa mencegah penyakit flu. Dengan mengonsumsi buah kersen ini Anda bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit flu yang sangat mudah menyerang manusia. Sesuai dengan yang dijelaskan pada poin 3 bahwa buah kersen berguna sebagai antiseptik alami, menjadikan buah kersen ini bisa mencegah flu atau infeksi bakteri masuk kedalam tubuh.

  5. Mencegah Radang
    Kemudian manfaat buah kersen yang terakhir adalah mampu mencegah peradangan dalam tubuh. Selain berguna sebagai antiseptik alami, buah kersen juga bermanfaat untuk mencegah peradangan. Hal ini dikarenakan buah kersen berguna sebagai anti inflamasi alami untuk kebutuhan tubuh. Jadi tak ada ruginya bila Anda mengonsumsi buah kersen untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan ada fakta yang menyebutkan bahwa buah kersen ini memiliki kandungan yang cukup lengkap yang menjadikan buah ini bisa bermanfaat untuk tubuh. Dan berikut adalah penelitian yang mengungkapkan bahwa manfaat buah kersen memang benar adanya.

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh Julia F Morton dan ditulis dalam sebuah buku dengan judul “Fruits of Warm Climates” pada tahun 1987 menyebutkan bahwa dalam 1 buah kersen atau biasa dikenal dengan buah ceri yang cantik ini memiliki kurang lebih 12 jenis senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Senyawa yang bermanfata tersebut diantaranya adalah kalsium, fosfor, air, protein, lemak, vitamin B1, serat, ribloflavin, vitamin C, niacin serta karotin. Kandungan inilah yang membuat kita lebih sehat dan kebutuhan tubuh pun bisa terpenuhi dengan baik.

Subscribe to receive free email updates: