Manfaat Menakjubkan Buah Jamblang/duwet Untuk Kesehatan

WeSehat.Com - Pernahkah Anda mendengar buah jamblang ? Terdengar aneh memang, karena buah ini sepertinya tidak familiar di telinga masyarakat Indonesia. Nama lain dari buah jamblang adalah duwet. Apakah Anda pernah menemukan atau memakan buah duwet ? Jika dulu Anda hidup di desa dan sering bermain di tengah hutan atau pepohonan, biasanya terdapat buah jamblang atau orang desa lebih mengenalnya sebagai duwet. Namun tahukah Anda bahwa duwet ini memikili banyak manfaat untuk kesehatan tubuh ? Dalam kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi yang berkaitan dengan manfaat buah jamblang.
Manfaat Buah Jamblang
(c) kepo. id
Buah jamblang memiliki rasa manis dan asam, biasanya anak-anak suka mencari buah ini yang berjatuhan di tanah. Warnanya yang ungu dan sering kali merubah warna gigi menjadi kebiruan. Mengingat buah jamblang, mungkin Anda semua tidak menyadari bahwa ternyata buah ini memiliki banyak manfaat untuk kehidupan. Dan berikut ini telah kami siapkan beberapa kelebihan atau khasiat buah jamblang.

Manfaat Buah Jamblang

Sebelum langsung menuju pada poin yang membahas mengenai kegunaan buah jamblang yang dikutip dari sumber Manfaatbuah.asia. Terlebih dahulu kami akan menjelaskan mengenai kandungan-kandungan yang ada didalam buah jamblang seperti sodium, kalium, vitamin C, senyawa antosianin dan masih banyak lainnya. Untuk menjawab rasa penasaran Anda mengenai buah jamblang ini, berikut adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh buah jamblang.

  1. Mencegah Diabetes
    Kabar baik untuk Anda bahwa ternyata buah jamblang bisa dimanfaatkan untuk mencegah penyakit diabetes. Penyakit yang sedang populer ini ternyata bisa dicegah dengan buah kecil nan imut ini. karena bila diolah dengan baik, jus buah jamblang ini bermanfaat untuk menurunkan kadar gula didalam tubuh. Di India dan Inggris telah melakukan penelitian dan berhasil menunjukkan bahwa buah jamblang bisa menurunkan gula darah serta membuat si konsumen tetap sehat.

  2. Meningkatkan Nafsu Makan
    Selain itu manfaat buah jamblang yang lainnya adalah mampu meningkatkan nafsu makan untuk anak-anak. Kandungan dalam buah jamblang ini bisa membuat anak-anak memiliki nafsu makan lebih besar, jadi jangan larang anak Anda untuk mengonsumsi buah jamblang, namun dengan batasan dan waktu tertentu. Campukan jus buah jamblang dengan madu kemudian diminum, jus yang menyehatkan ini bisa membuat nafsu makan jadi bertambah.

  3. Melindungi Kesehatan Jantung
    Ternyata buah jamblang juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung kita, mengapa demikian ? Hal ini dikarenakan dalam buah duwet mengandung sodium dan kalium yang bisa menjaga detak jantung tetap normal, mengatur otot jantung dengan baik serta memenuhi kebutuhan tubuh akan zat sodium dan kalium. Jadi bila Anda ingin jantung sehat, cobalah untuk mengkonsumsi buah jamblang.

  4. Mengatasi Batuk
    Dan manfaat buah jamblang yang terakhri adalah untuk mengatasi batuk-batuk. Dalam buah jamblang terdapat kandungan vitamin C yang bisa menambah kekebalan tubuh dan membuat tubuh tidak rentan diserang penyakit. Dengan mengonsumsi jus buah jamblang ini secara rutin bisa mengatasi batuk-batuk yang disebabkan oleh bakteri, kuman ataupun polusi udara.

  5. Mengobati Sakit Perut
    Kandungan asam elagik, antosianin dan dan kaemferol dalam buah jamblang mampu melancarkan aliran darah. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu menyehatkan usus dan bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

  6. Mengatasi Sakit Lambung
    Sakit pada lambung terutama sakit maag disebabkan oleh asam lambung berlebih. Ramuan dari Negara India untuk mengatasi sakit lambung yaitu dengan membuat jus jamlang yang di jus dengan kulitnya. Setelah jus jamblang di buat, kemudian di simpan selama 5 hari, dan setelah di simpan kemudian diminum untuk mengatasi sakit lambung.

Selain penyakit diatas, buah jamblang berguna untuk mengatasi masalah sakit maag, membersihkan usus, mencegah kolesterol jahat dalam tubuh dan yang terakhir adalah mampu menjaga tubuh tetap sehat. Tanpa kita sadari ternyata buah jamblang kaya akan manfaat dan vitamin yang selama ini tidak pernah kita ketahui. Oleh karena itu kami ingin membagikan manfaat buah jamblang ini agar semakin banyak orang yang mengonsumsi buah-buahan.

Subscribe to receive free email updates: