5 Manfaat kuning Telur Untuk Kesehatan

Manfaat Kuning Telur. Telur adalah salah satu lauk favorit keluarga Indonesia, telur memiliki kandungan gizi yang sangat dibutuhkan dalam metabolisme tubuh. Mengkonsumsi telur dalam menu makan Anda akan menambah suplai protein dalam tubuh. Selain itu manfaat kuning telur adalah mampu meningkatkan daya kembang otak. Oleh karena itu anak-anak dianjurkan sejak dini untuk mengkonsumsi telur, baik itu bagian kuning telur maupun pada bagian putih telur, karena keduanya juga kaya akan kandungan vitamin yang diperlukan tubuh.
Manfaat kuning Telur
(c) pixabay
Selain itu fungsi telur adalah untuk membuat menu makanan yang beraneka ragam, seperti kue, bolu, dan berbagai macam makanan ringan lainnya yang berbahan dasar telur. Kandungan dalam kuning telur meliputi protein, fosfor, kalsium dan lemak untuk kesehatan tubuh. Seperti di kutip dari merdeka.com, berikut adalah beberapa manfaat kuning telur untuk kesehatan tubuh terutama untuk tumbuh kembang anak.


Manfaat Kuning Telur


  1. Tumbuh kembang otak anak
    Anak-anak adalah mereka yang membutuhkan asupan gizi secara lengkap dan sempurna. Karena apabila asupan gizi mereka tidak terpenuhi akan bisa mengganggu tumbuh kembangnya. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah tumbuh kembang otak. Secara langsung ataupun tidak, otak memiliki kebutuhan gizi yang harus dipenuhi, misalnya klorin. Nah pada kuning telur terdapat kandugan klorin yang bagus untuk tumbuh kembang otak anak. Anda bisa mensiasati menu makanan berdasar kuning telur seperti membuat telur mata sapi sederhana dengan makanan pendamping sayuran.

  2. Kesehatan janin
    Lanjutan manfaat kuning telur adalah untuk kesehatan janin. Janin membutuhkan banyak sekali nutrisi untuk kesempurnaan pembentukan setiap organ dalam tubuhnya. Untuk itu asupan nutrisi seperti kalsium dan protein menjadi sangat penting. Apabila Anda sedang mengandung, sangat disarankan untuk mengkonsumsi kuning telur. Dan konsumsilah kuning telur dari ayam kampung yang nutrisinya belum tercampur dengan zat kimia seperti pada telur dari ayam petelur. Dengan demikian pertumbuhan pada janin Anda terutama pada otak akan berjalan dengan baik dan hal ini bertujuan untuk menghindari kecacatan pada janin.

  3. Kekebalan tubuh
    Salah satu khasiat kuning telur adalah untuk kekebalan tubuh. Dalam satu butir kuning telur memiliki kandungan nutrisi seprti zat besi dan fosfor untuk memberikan kekebalan tubuh dan bisa memperlancar pembentukan tulang. Selai itu pada kuning telur juga terdapat zat antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh.

  4. Sistem pencernaan
    Dalam kuning telur terdapat asam lemak omega 3 yang baik untuk sistem pencernaan, sama halnya dengan kandungan asam lemak omega 3 pada ikan serta kandungan protein hewani yang sangat bagus untuk kelancaran sistem metabolisme tubuh.

  5. Kesehatan organ tubuh
    Manfaat kuning telur yang terakhir adalah mampu menjadi asupan makanan yang memberikan suplai vitamin yang dibutuhkan oleh organ tubuh. Bahkan kuning telur mampu menghindarkan kita dari kebutaan akibat penyakit makula degenarasi.

Memang ada beberapa penyakit yang tidak memperbolehkan anda untuk tidak mengkonsumsi kuning telur. Namun bagi Anda yang sedang dalam masa pertumbuhan atau anda yang memang tidak memiliki riwayat buruk dalam kesehatan yang tidak meperbolehkan Anda mengkonsumsi kuning telur akan jauh lebih baik jika Anda mengkonsumsi kuning telur secara rutin, setidaknya dalam satu minggu ada menu makanan yang berbahan dasar telur, terutama kuning telur. Demikian beberapa manfaat kuning telur yang bisa kami sajikan dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: