7 Manfaat Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat jeruk lemon. Setelah pada beberapa artikel sebelumnya kita membahas mengenai manfaat jenis-jenis jeruk yaitu seputar jeruk nipis, jeruk purut dan jeruk limau. Untuk kali ini, tema masih sama yaitu mengenai manfaat jeruk. Namun pada bahasan saat ini kami memaparkan mengenai khasiat lemon beserta kandungan vitamin yang ada di dalamnya.
Manfaat Jeruk Lemon
(c) pixabay
Kegunaan jeruk lemon dalam keseharian adalah sebagai minuman, masyarakat lebih familiar dengan jus lemon, karena jus lemon sangat cocok diminum di musim panas terlebih di Negara tropis seperti Indonesia. Di Indonesia jeruk lemon tumbuh sangat subur, untuk itu banyak produk yang berbahan dasar jeruk lemon, seperti makanan ringan sampai minuman kemasan. Berdasarkan kutipan dari merdeka.com, berikut adalah beberapa khasiat jeruk lemon yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.


Manfaat Jeruk Lemon


  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Mengkonsumsi sari jeruk lemon yang masih segar memiliki efek baik bagi tubuh Anda, karena kadar vitamin C pada jeruk lemon mampu menjaga daya tahan tubuh Anda dari serangan penyakit yang membuat Anda kehilangan energi. Anda bisa mengkonsumsinya dengan membuat jus lemon atau dalam bentuk lain sesuai dengan kebutuhan Anda.

  2. Mencegah Batuk
    Salah satu alasan jeruk lemon bisa mencegah batuk adalah karena dalam jeruk lemon terdapat nutrisi bernama flavonoid yang mampu mencegah virus dan bakteri yang mengganggu sistem pernapasan Anda sehingga menyebabkan batuk. Bahkan jeruk lemon bisa mengobati pilek. Akan sangat baik apabila Anda mengkonsumsi jeruk lemon dalam keadaan hangat.

  3. Mencegah Sembelit
    Manfaat jeruk lemon untuk sistem pencernaan adalah mampu melancarkan Anda dalam proses buang air besar, untuk Anda yang sering mengalami sembelit Anda bisa mencoba mengkonsumsi jeruk lemon, jeruk lemon memiliki kadar serat cukup baik yang bisa melancarkan proses buang air besar.

  4. Mencegah Penuaan Dini
    Apabila Anda ingin tetap awet muda, Anda bisa rajin mengkonsumsi jeruk lemon setidaknya 3 hari sekali untuk mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C dalam jeruk lemon membantu kulit anda untuk terus meremajakan sel kulit mati.
  5. Mencegah Kanker
    Jika Anda ingin mencegah kanker, Anda bisa melakukannya dengan mengkonsumsi jeruk lemon. Dalam satu buah jeruk lemon terdapat kandungan limonene yang mencegah pertumbuhan sel kanker yang disebabkan oleh pola hidup buruk dna paparan radikal bebas.

  6. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
    Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah jeruk lemon baik dikonsumsi bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi. Karena kandungan vitamin C jeruk lemon dibutuhkan oleh penderita untuk menormalkan darah mereka.

  7. Mencegah Racun
    Kandungan dalam jeruk lemon mampu melarutkan racun yang bisa merusak kesehatan tubuh, seperti asam urat, mencairkan batu dalam empedu dan batu ginjal. Jeruk lemon bermanfaat untuk mendorong hati agar segera membuang racun dalam tubuh, sehingga tubuh Anda tetap terlindungi.

Demikian adalah beberapa manfaat buah jeruk lemon untuk kesehatan tubuh. Manfaat itu timbul karena beberapa nutrisi baik dari lemon seperti serat, vitamin C, karbohidrat, kalsium, asam folat, zat besi bahkan vitamin B. Selain itu terdapat fosfor dan magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Untuk mencegah beberapa penyakit, Anda juga bisa menggunakan jeruk lemon sebagai alternatif pilihan buah sehat dalam menu makan sehat.

Subscribe to receive free email updates: