6 Manfaat Bunga Matahari Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat Bunga Matahari. Bunga matahari atau yang mempunyai nama latin helianthus annuus Linn merupakan jenis tumbuhan perdu yang tergolong kedalam keluarga compositae. Bunga matahari tumbuh tegak keatas dengan tinggi mencapai 2,5 meter. Tanaman yang satu ini mempunyai bunga berwarna kuning dan dibagaian tengah dari bunga tersebut terdapat bunga kecil yang mempunyai bentuk seperti tabung berwarna coklat. Bunga matahari biasanya tumbuh dan berkembang pada daerah-daerah yang sering terkena atau terjangkau oleh sinar matahari. Manfaat bunga matahari untuk kesehatan jauh lebih besar daripada kegunaan bunga matahari sebagai hiasan, karena pada bagian biji bunga matahari sering dijadikan cemilan.
Manfaat Bunga Matahari
(c) pixabay
Kembang bunga matahari memiliki warna kuning cerah yang mempesona yang tidak kalah indahnya dengan bunga lain sebagaimana bunga rosellabunga melatibunga pepaya, bunga sepatu, bunga mawar, bunga kenanga, bunga kambojabunga turi dan bunga anggrek. Berikut penulis jabarkan mengenai khasiat bunga matahari yang mampu menjadi apotek hidup dan alternatif obat herbal. Beberapa kadar penting seperti antioksidan yang terkandung dalam bunga matahari mampu mencegah penuaan dini pada wajah, bagian yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperti dilansir dari merdeka.com, dibawah ini merupakan manfaat bunga matahari bagi manusia.


Manfaat Bunga Matahari



  1. Sebagai Sumber Energi
    Biji dari bunga matahari dapat dikategorikan sebagai makanan yang baik bagi kesehatan tubuh. Walaupun biji bunga matahari memiliki rasa yang pedas dan renyah, biji bunga matahari mengandung asupan gizi yang cukup baik seperti terkandungnya mineral, air, vitamin dan kalori. Dalam 100 gram biji bunga matahari terkandung kalori sebesar 584 kalori.

  2. Mengontrol Kolesterol
    Dalam biji bunga matahari terdapat asam lemak ang sangat tinggi. Asam lemak yang ada pada bunga matahari merupakan asam lemak linoleat poli atau asa lemak tak jenus yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain asam lemak linoleat terdapat juga asam lemak oleat mono yang juga merupakan asam lemak tak jenuh yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh.

  3. Sebagai Antioksidan
    Masih pada bagian dari biji bunga matahari. Biji bunga matahari mengandung senyawa poli-fenol (senyawa asama chlorogenic, asam quinic, serta asam caffeic) yang berfungsi sebagai antioksidan tubuh yang alami. Antioksidan ini bermanfaat dalam menghilankan molekul-molekul oksidan yang berbagaya bagi kesehatan tubuh. Selain itu antioksidan ini juga berkhasiat dalam menurunkan kadar gula dalam darah.

  4. Mengobati Sakit Kepala
    Jika anda terserang sakit kepala, bunga matahari bisa anda manfaatkan untuk mengatasinya. Pertama-tama cuci bersih 30 gram bunga matahari. Lalu rebus kedalam 3 gelas air dan satu butir telur ayam sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Kemudian minumlah air rebusan tersebut sebanyak dua kali dalam sehari setelah makan.

  5. Mengobati Rematik
    Selain mampu mengobati sakit kepala, bagian bunga dari bunga matahari bermanfaat untuk mengobati rematik. Caranya yaitu merebus satu tangkai kepala dari bunga matahari dalam air hingga air tersebut mendidih dan menjadi kanji. Kemudian oleskan air yang yang sudah menjadi kanji ke bagian tubuh yang dirasa sakit. Caranya sama dengan menggunakan salep-salep pada umumnya.

  6. Memperlancar Buang Air
    Bunga matahari dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk membantu melancarkan orang yang mengalami gangguan buang air baik buang air besar maupun buang air kecil. Manfaat ini dapat diperoleh dengan cara merebus lima belas sampai tiga puluh gram akar dari bunga matahari yang masih segar kedalam air. Setelah mendidih dan matang minumlah air rebusan tersebut yang memungkinkan masalah buang air yang Anda alami teratasi.

Demikian adalah beberapa manfaat bunga matahari untuk kecantikan dan kesehatan. Tak hanya indah, bunga ini memiliki beberapa kandungan serta manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Anda dapat menanam bunga matahari di pekarangan rumah anda agar suatu ketika anda mengalami gangguan kesehatan, anda dapat menggunakannya sebagai obat. Semoga pembahasan tentang manfaat biji bunga matahari ini bermanfaat untuk kita semua dan untuk mengetahui informasi lebih lengkap, anda bisa baca di wikipedia tentang bunga matahari ini.

Subscribe to receive free email updates: