7 Khasiat dan Manfaat Cabai Hijau Untuk Kesehatan

Manfaat Cabai Hijau. Di Indonesia, cabai merupakan salah satu dari sekian banyak bumbu masak yang tidak boleh terlewatkan kehadirannya. Cabai memiliki berbagai macam varietas, diantaranya yaitu cabai merah, cabai rawit dan cabai hijau. Dari beragam jenis tersebut salah satu yang akan dibahas kali ini yaitu cabai hijau. khasiat cabai hijau cukup baik bagi tubuh, namun tidak banyak orang yang mengetahui apa saja manfaat yang ada pada buah cabai hijau.
Manfaat Cabai Hijau
(c) pixabay
Tidak hanya rasanya yang pedas, kandungan dalam cabai hijau seperti vitamin C, vitamin E, serat, serta kandungan zat yang lain mempunyai kemampuan yang baik dalam menjaga tubuh Anda agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk menambahkan cabai hijau dalam setiap menu masakan yang akan Anda sajikan untuk keluarga Anda. Seperti di kutip dari blodsky.com, dibawah ini merupakan manfaat cabe hijau.


Manfaat Cabai Hijau


  1. Melindungi tubuh dari kanker
    Di dalam cabai hijau terdapat berbagai macam zat yang sangat berfungsi bagi tubuh. Saah satu dari zat tersebut berfungsi sebagai sumber antioksidan. Antioksidan merupakan suatu senyawa yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan radial bebas. Kerusakan radikal bebas sendiri bisanya dapat berujung pada munculnya penyakit kanker yang sangat merugikan bagi tubuh.

  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Selain kaya akan antioksidan, cabai hijau juga kaya akan kandungan vitamin C nya. Kandungan vitamin C sendiri sangat baik karena mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika di konsumsi dalam jumlah yang benar.

  3. Menyehatkan kulit
    Tak hanya kaya akan antioksidan dan vitamin C saja. Cabai hijau juga kaya akan kandungan vitamin E yang mampu menjaga kesehatan kulit. Vitamin E ini sangat penting bagi tubuh karena memiliki manfaat sebagai sumber produksi minyak alami kulit.

  4. Mengurangi tingkat gula dalam darah
    Cabai hijau juga memiliki beberapa kandugan alami yang sangat baik bagi tubuh. Salah satunya berperan penting dalam mengurangi kadar gula dalam tubuh Anda. Kadar gula dalam tubuh yang stabil, memungkinkan Anda terhindar dari resiko penyakit diabetes.

  5. Meningkatkan kesehatan pencernaan
    Kebanyakan orang berpendapat bahwa cabai dapat mengganggu sistem pencernaan tubuh kita. Hal ini justru berlawanan dengan fakta yang ada. Cabe ijo justru mampu memperbaiki sistem pencernaan tubuh karena kandungan serat pada cabai hijau sangatlah tinggi sehingga mampu membersihkan saluran pencernaan yang terganggu (usus).

  6. Memperbaiki suasana hati
    Cabai hijau memiliki khasiat untuk memperbaiki suasana hati. Hal ini dapat terjadi sebab saat Anda mengkonsumsi cabai hijau, tubuh Anda melepaskan hormon-hormon yang sangat banyak. Salah satunya yaitu hormon endorfin. Hormon endorfin ini dapat membuat perasaan Anda menjadi lebih bahagia sehingga suasana hati Anda akan berubah menjadi lebih baik dan meningkat.

  7. Meningkatkan cadangan zat besi
    Tubuh kita sangat memerlukan zat besi karena zat ini mampu menguatkan sel-sel serta anggota tubuh yang lain. Cabai hijau mampu meningkatkan produksi zat besi yang sangat berguna bagi tubuh Anda. Jadi, konsumsilah cabai hijau dengan jumlah yang sesuai agar kandungan zat besi dalam tubuh Anda meningkat. 

Demikian adalah beberapa manfaat cabai hijau untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan selalu membiasakan diri mengkonsumsi cabai hijau sebagai bumbu pada setiap olahan yang anda hidangkan di rumah, serta bisa menjadi sumber pengetahuan bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates: