10 Manfaat Daun Dewa Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Dewa. Daun dewa adalah satu tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Gynura Divaricata dan orang china menyebutnya dengan nama Samsit. Daun yang memiliki ciri khas yang unik ini dapat ditanam dipekarangan rumah meskipun harus dengan penanganan yang tepat. Meskipun demikian, daun dewa termasuk tumbuhan yang mudah ditanam.

Tanaman yang satu ini bisa dibilang sudah cukup terkenal bagi dunia medis. Manfaat daun dewa bagi kesehatan dan telah digunakan sebagai obat-obatan, maka tidak heran jika daun dewa cukup terkenal di masyarakat. Di Jawa, daun dewa dikenal dengan Sambung Nyowo dikarenakan khasiat dari daun dewa tersebut. Meskipun di beberapa daerah memiliki nama yang berbeda, tapi pembuatan ramuan dan penggunaan daun dewa sebagai obat herbal hampir sama.
Manfaat Daun Dewa
(c) wikipedia
Di dalam daun dewa terkandung berbagai nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Nutrisi-nutrisi tersebut antara lain saponin, flavonoid, minyak atsiri serta antikoagulan. Nutrisi tersebut mampu memberikan manfaat baik untuk kesehatan dan keseimbangan tubuh, sesuai dengan kutipan wikipedia. Wajar memang jika daun dewa memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut adalah ulasan lengkap khasiat daun dewa.


Manfaat Daun Dewa


  1. Meredakan Rasa Sakit
    Dengan kandungan flavonoid di dalamnya, daun dewa membantu anda meredakan rasa sakit yang anda alami (sebagai Analgesik). Flavonoid memiliki fungsi sebagai analgesik alami yang mengurangi rasa nyeri pada tubuh anda. Untuk menghilangkan nyeri, keringkanlah daun dewa kemudian Anda seduh daun dewa sebagi teh herbal.

  2. Anti Radang
    Daun dewa juga dapat dimanfaatkan sebagai anti Inflamasi (anti radang). Inflamasi adalah reaksi tubuh akibat infeksi dan iritasi pada tubuh anda. Pada dasarnya, hal ini di karenakan adana kandungan flavonoid serta saponin yang mampu mengatasi peradangan seperti penyakit bronchitis, usus buntu, sakit tenggorokan akibat pilek dan flu, goresan/luka di kulit, kegiatan yang berat, dan karena pukulan.

  3. Melancarkan Sirkulasi Darah
    Daun dewa memiliki khasiat untuk melancarkan sirkulasi darah. Hal ini disebabkan karena daun dewa mengandung minyak atsiri di dalammnya. Minyak atsiri berguna untuk merangsang dan melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

  4. Penurun Tekanan Darah Tinggi
    Minyak atsiri dalam daun dewa juga digunakan sebagai obat menurunkan tekanan darah tinggi. Minyak atsiri melancarkan sirkulasi dalam darah anda sehingga tekanan darah akan tetap stabil.

  5. Mengobati Memar
    Anda dapat menggunbakan daun dewa untuk mengobati luka memar yang anda dapatkan. Telah dijelaskan di atas bahwa flavonoid dalam daun dewa bersifat anti inflamasi. Caranya yaitu dengan menumbuk halus dau dewa dan oleskan pada luka memar anda.

  6. Menghentikan Pendarahan
    Daun dewa menjadi herbal obat untuk menghentikan pendarahan karena daun dewa mengandung saponin serta flavonoid. Caranya dengan merebus 15 g daun dewa dengan 3 gelas air hingga air tersebut tersisa setengahnya. Minum ramuan ini tiga kali sehari.

  7. Peluruh Air Kencing
    Dengan kandungan yang terdapat di dalam daun dewa, daun dewa memiliki efek farmatologis untuk meluruhkan kencing anda. Caranya dapat dengan mengkonsumsi langsung daun dewa tersebut sebagai lalapan, atau dengan mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari daun dewa tersebut.

  8. Penurun Panas
    Jika tubuh anda panas, hal ini bisa disebabkan karena tubuh mendeteksi adanya kesalahan dalam tubuh anda. Panas tubuh terjadi akibat inflamasi karena inflamasi sendiri adalah reaksi tubuh atas gangguan yang menyerang tubuh anda. Dengan kandungan saponin dan flavonoid, daun dewa digunakan untuk menurunkan panas tubuh anda.

  9. Mengobati Piabetes
    Khasiat daun dewa sebagai obat kencing manis atau diabetes mellitus. Hal ini telah dibuktikan melalui Penelitian dengan ekstrak air daun Sambung Nyawa. Dari penelitian tersebut, terbukti jika daun dewa dapat membantu meningkatkan pengambilan glukosa oleh otot sehingga menurunkan kadar glukosa dalam tubuh.

  10. Antioksidan Tubuh
    Daun dewa memiliki senyawa tannin di dalamnya. Tannin berfungsi sebagai anti oksidan dan anti bakteri sehingga menyebabkan daun dewa mampu digunakan sebagai obat pembersih racun dalam tubuh.

Nah itu beberapa manfaat serta bagaimana memanfaatkan daun dewa untuk kesehatan anda. Memang daun ini sudah cukup terkenal di masyarakat sebagai salah satu tanaman obat. Manfaatkanlah obat-obatan yang berasal dari alam seperti daun dewa ini untuk menjaga kesehatan anda.

Subscribe to receive free email updates: