Manfaat Teh Daun Jati Cina Untuk Kesehatan

Manfaat Teh Daun Jati Cina. Daun jati cina atau senna leaf memang sempat booming di Indonesia beberapa waktu lalu sebagai obat pelangsing tubuh. Namun, apakah benar bahwa daun jati cina ini benar-benar mampu melangsingkan tubuh? Berikut ini adalah sedikit ulasan tentang manfaat daun jati cina tersebut. Anda memiliki masalah susah buang air besar? Jika iya, daun jati cina ini bisa menjadi salah satu solusinya karena memang fungsi daun jati cina sudah dikenal dapat mengatasi masalah susah buang air besar.Teh daun jati cina ini akan bereaksi delapan jam setelah diminum, jadi jangan khawatir jika anda merasa mulas, anda bisa buang air besar karena cara kerjanya memang seperti itu.


Menurut sumber kutipan tehdaunjaticina.org, Anda harus mengatur waktu untuk mengkonsumsi teh ini agar tidak mengganggu aktivitas anda. Pada awal anda mengkonsumsinya, minumlah teh ini sehari sekali. Untuk hari selanjutnya, anda bisa mengkonsumsinya dua kali sehari. Setelah penggunaan dalam satu minggu, perut anda tidak akan terasa mulas seperti pada saat pertama meminum teh ini. Yang perlu menjadi perhatian adalah anda tidak boleh mengkonsumsi teh ini lebih dari dua kali sehari karena kandungan laxativenya yang kuat bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan usus anda, dengan demikian Anda akan merasakan khasiat teh daun jati cina.
Manfaat Teh Daun Jati Cina
(c) pixabay

Manfaat Teh Daun Jati China


Daun jati cina ini mampu mengatasi masalah susah buang air besar karena daun ini memiliki kandungan laxative. Selain itu, ekstrak daun jati cina memiliki senyawa anthranoid yang bisa menyebabkan terjadinya kontraksi di dalam usus. Sekarang, daun jati cina ini dapat dengan mudah ditemukan di pasaran baik dalam bentuk teh celup maupun daun kering.

Teh daun jati cina memang mampu melangsingkan tubuh. Selain itu, teh ini juga mampu membersihkan darah kotor, mengurangi kolesterol, menghilangkan racun di dalam tubuh, menghilangkan lemak dan membantu memperlancar buang air besar. Jika anda memiliki masalah dengan sistem pencernaan, disarankan untuk tidak mengkonsumsi teh ini karena dapat mengganggu kesehatan anda. Atau jika anda sedang menstruasi, sebaiknya anda jangan mengkonsumsi teh daun jati cina ini terlebih dahulu karena dapat menambah rasa tidak nyaman yang timbul akibat menstruasi tersebut.

Jika anda ingin mengkonsumsi teh ini, disarankan untuk meminumnya setelah makan dan diminum dua kali sehari. Cara membuatnyapun cukup mudah seperti membuat teh pada umumnya. Sangat dianjurkan anda mengkonsumsi teh ini saat sedang tidak melakukan aktivitas. Jika dalam dua atau tiga hari setelah meminum teh ini anda akan sering buang air besar, anda tidak perlu khawatir. Itu efek samping dari teh daun jati cina ini karena lemak akan terbuang bersama kotoran itu. Selain efek yag disebutkan diatas, tubuh anda akan terasa segar, mudah berkeringat dan kotoran anda akan sedikit berminyak dikarenakan lemak yang ikut dikeluarkan. Selebihnya anda tidak perlu khawatir karena teh daun jati cina ini bebas dari bahan kimia berbahaya.

Untuk mengkonsumsi teh ini, anda perlu mencermati aturan pemakaiannya yaitu letakkan dalam gelas atau cangkir dan tuangkan air panas sekitar 250 ml ke dalam cangkir atau gelas tersebut. Diamkan terlebih dahulu kurang lebih lima belas menit atau sampai warna air tersebut berubah menjadi kecoklatan. Lalu minumlah selagi hangat. Atau mungkin anda dapat menambahkan air dingin dan tunggu sepuluh sampai dua belas jam sebelum diminum. Namun lebih praktis jika menggunakan air panas dan anda dapat menambahkan madu untuk menambah rasa pada teh tersebut.

Ada larangan dalam kondisi tertentu dalam meminum teh ini. Seperti ibu hamil dan menyusui karena dapat berbahaya bagi janin dan anak usia dibawah dua belas tahun. Penggunaan teh daun jati cina dalam jangka panjang bisa menyebabkan terganggunya fungsi usus. Selain itu, penggunaan dalam dosis yang tinggi dapat menghilangkan elektrolit serta potassium dan dapat menyebabkan dehidrasi. Saat anda mengkonsumsi teh ini, disarankan agar anda banyak-banyak mengkonsumsi air putih.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teh daun jati cina ini memang berkhasiat dalam menurunkan berat badan dan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh kita. Jika anda berminat mengkonsumsi teh daun jati cina ini, anda harus menggunakannya sesuai aturan dan jangan berlebihan.

Subscribe to receive free email updates: