6 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sirsak. Sirsak adalah salah satu tanaman yang tergolong kedalam keluarga Annona Squamosa dan berasal dari daerah tropis. Karena nama latinnya, buah sirsak terkadang disebut buah nona. Bauh sirsak berbentuk bulat dan memiliki daging buah berwarna putih. Buah sirsak cukup mudah ditemui di Indonesia.

Buah sirsak menjadi salah satu buah yang cukup digemari di Indonesia. Sejak jaman dulu buah sirsak menjadi salah satu tanaman yang digunakan sebagai obat tradisional. Jadi bukan hanya buah sirsak yg memiliki manfaat, namun daun sirsak pun juga memiliki banyak khasiat. Manfaat daun sirsak yang paling terkenal adalah dapat mengobati penyakit kanker.

Manfaat Daun Sirsak

Banyak senyawa- senyawa yang terkandung di dalam daun sirsak. Dalam saun sirsak terkandung senyawa Acetoginin (bulatacin, asimisin dan squamosin). Dalam informasi kali ini khasiat daun sirsak yang dikutip dari merdeka.com memiliki kandungan acetoginin yang berfungsi sebagai anti feedent. Senyawa di dalam daun sirsak dipercaya mampu membunuh sel-sel kanker. Namun bukan hanya itu saja, daun sirsak juga memiliki khasiat-khasiat yang lain.


Manfaat Daun Sirsak


  1. Menyembuhkan gangguan pada kulit
    Daun sirsak memiliki tingkat penyembuhan yang cukup efektif. Daun ini sangat cocok digunakan untuk mengobati permasalahan pada kulit anda. Anda hanya perlu menempelkan daun sirsak segar pada kulit anda yang sedang bermasalah, dengan begitu akan membuat penyakit akan lebih cepat sembuh.

  2. Melawan tanda penuaan
    Di dalam daun sirsak, terkandung asam askorbat dan vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan-kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh anda dan akan membuat anda awet muda.

  3. Mengatasi kutu
    Apakah anda tahu jika daun sirsak juga dapat menghilangkan kutu dirambut anda? Memang khasiat yang satu ini masih sangat jarang diketahui orang. Untuk mengatasi kutu pada rambut anda, anda hanya perlu melumat daun sirsak dan gunakan untuk bercrambath. Kemudian usapkan daun sirsak tersebut secara merata ke seluruh bagian kepala anda. Kemudian bungkus kepala Anda dengan handuk dam diamkan selama kurang lenih 30 menit.

  4. Mencegah rambut rontok
    Kandungan vitamin C pada daun sirsak juga sangat membantu dalam membantu mencegah serta mengatasi masalah rambut rontok. Cara mencegah rambut rontok sama dengan mencegah kutu pada rambut anda. Anda bisa merawat kesehatan rambut anda.

  5. Menghilangkan ketombe
    Daun sirsak mengandung bahan yang bersifat anti parasite. Jika dioleskan pada kulit kepala anda, kandungan anti parasite tadi dapat membantu melawan ketombe beserta gejala-gejala yang timbul akibat kulit yang berminyak serta ketombe.

  6. Mengobati kanker
    Menurut para ahli dari Purdue University Amerika Serikat, daun sirsak berguna mengobati berbagai macam penyakit salah satunya adalah penyakit kanker. Dalam penelitian yang telah dilakukan tersebut membuktikan bahwa ada 12 jenis kanker yang mampu disembuhkan oleh daun ini antara lain kanker payudara, kanker prostat dan kanker paru-paru.

Mungkin sudah kita ketahui bahwa cukup banyak sekali manfaat daun sirsak untuk kesehatan. Telah banyak penelitian dari para ilmuwan yang membuktikan bahwa daun sirsak bisa menjadi obat untuk berbagai macam penyakit. Memang terkadang daun sirsak dianggap sebelah mata, bisa jadi Anda belum kurang mengetahui khasiat daun sirsak tersebut. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: