6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lengkuas. Lengkuas atau biasa disebut laos adalah salah satu jenis umbi-umbian yang dapat hidup di dataran tinggi serta dataran rendah. Memiliki naman latin Alpinia Galanga ini memang memiliki bentuk yang hampir sama seperti kencur, jahe serta kunyit. Pada dasarnya hal itu sangat wajar mengingat semua tanaman itu merupakan satu keluarga yakni Zingiberaceae. Seperti rempah-rempah yang lain, lengkuas memiliki nama yang berbeda disetiap daerahnya.

Pada umumnya, manfaat lengkuas ini paling banyak ditemui sebagai bumbu masakan. Lengkuas bisa dijadikan bumbu dengan cara dimemarkan, dicincang atau dimasukan begitu saja pada masakan untuk menambah cita rasa serta aroma. Namun sejatinya lengkuas bukan hanya mampu menyedapkan masakan saja,tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional.
Manfaat Lengkuas
(c) wikipedia
Kegunaan lengkuas sebagai obat tradisional tidak terlepas dari kandungan rempah tersebut. Di dalam lengkuas terkandung minyak atsiri berupa galangol, galangin, alpinen, kamfer dan berbagai nutrisi yang berguna bagi tubuh. Lengkuas memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri, serta mampu membersihkan darah, menambah nafsu makan dan menghangatkan tubuh. Seperti dilansir dari sheetin.com, berikut adalah khasiat lengkuas yang dapat anda baca.


Manfaat Lengkuas


  1. Mencegah dan mengobati tumor
    Lengkuas mengandung senyawa transkoniferil disasetat yang mampu menghambat laju enzim xanthin. Enzim xanthin merupakan salah satu pemicu timbulnya tumor dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, lengkuas dapat anda jadikan pengobatan alternative untuk menyembuhkan penyakit tumor.

  2. Mengobati radang
    Kandungan minyak atsiri pada lengkuas dapat berfungsi sebagai anti inflamasi. Oleh karena itu, jika anda terkena radang, maka mengkonsumsi lengkuas dapat membantu menyembuhkan radang yang anda derita.

  3. Mengobati mual
    Dengan aroma yang khas serta mampu menghangatkan tubuh, anda dapat mengatasi masalah mual karena mabuk perjalanan, laut atau karena hal lain dengan cara mengunyah lengkuas. Cara ini mampu mengurangi rasa mual yang anda derita.

  4. Melancarkan peredaran darah
    Senyawa yang terkandung dalam lengkuas dipercaya mampu melancarkan peredaran darah anda. Oleh karena itu, anda dapat membantu memperlancar peredaran darah anda dengan mengkonsumsi lengkuas dengan cara ditambahkan pada masakan anda.

  5. Mengobati diare
    Kandungan minyak atsiri pada lengkuas juga dipercaya mampu mengatasi diare yang anda derita. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengunyah lengkuas dan diare anda akan sembuh.

  6. Penambah nafsu makan
    Jika anda mau mencermati komposisi dari obat penambah nafsu makan, mungkin anda akan menemukan lengkuas atau Alpinna Galanga yang menjadi salah satu bahannya. Memang lengkuas terbukti dapat menambah nafsu makan. Anda dapat membuat minuman hangat dari lengkuas untuk menambah nafsu makan anak atau anggota keluarga anda.

Selain beberapa manfaat lengkuas yang saya jelaskan di atas, tanaman ini juga mampu mengobati penyakit rheumatoid arthritis, perut sakit yang diakibakan oleh luka serta mampu menyembuhkan rematik serta limfa. Jadi dapat disimpulkan bahwa lengkuas memiliki khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan manusia meskipun namanya tidak setenar saudaranya lengkuas merah. Sekarang sedikit banyak anda telah mengerti bahwa lengkuas bukan hanya mampu menyedapkan masakan namun juga sangat berkhasiat bagi kesehatan manusia. Semoga Anda sehat sellau, kuat serta memiliki taraf hidup yang lebih baik setelah membaca artikel ini.

Subscribe to receive free email updates: