Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Merah. Daun sirih merupakan salah satu tanaman asli dari Indonesia yang tumbuh merambat pada batang pohon yang lain. Daun sirih sering dikunyah bersamaan dengan gambir, pinang serta kapur. Namun, mengunyah sirih ternyata dikaitkan dengan penyakit kanker mulut serta dapat membentuk squamous cell carcinoma yang memiliki sifat malignan.

Lalu bagaimana dengan daun sirih merah? Sudahkah anda tahu? Dalam benak anda pasti berfikir, seperti apa daun siri merah? Atau apa ada daun sirih merah? memang benar daun sirih merah kurang popular dibandingkan dengan daun sirih biasa. Bahkan masih jarang penelitian ilmiah yang berkaitan dengan daun ini. Manfaat daun sirih merah diketahui melalui wasiat turun temurun dari nenk moyang kita, karena daun ini telah dimanfaatkan sejak dahulu.
Manfaat Daun Sirih Merah
foto:bali-green.blogspot
Di dalam daun sirih merah terkandung berbagai nutrisi diantaranya adalah alkolid, saponin, tannin serta flavonoid. Daun sirih merah juga mengandung minyak atsiri, hidroksikavicol, eugenol, cineole, caryofelen, kadimen estragol, ter-penena, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, serta fenil propada. Melihat kandungan daun sirih merah tersebut pantaslah jika daun sirih merah memiliki khasiat bagi kesehatan. Seperti penulis kutip dari manfaatdaunsirih.com, berikut adalah khasiat daun sirih merah.


Manfaat Daun Sirih Merah


  1. Mengatasi peradangan pada liver
    Dengan kandungan flavonoid serta saponin yang terkandung dalam daun sirih merah, daun ini sangat berguna untuk mencegah peradangan pada liver anda. Peradangan atau inflamasi terjadi karena tubuh mendeteksi adanya infeksi yang menyerang tubuh anda. Hal ini sangat wajar karena inflamasi adalah salah satu bentuk pertahanan tubuh.

  2. Menurunkan kadar gula dalam darah
    Kandungan minyak astiri serta berbagai zat yang ada dalam daun sirih memiliki efek farmatologis yaitu menurunkan kadar gula dalam darah anda. Anda dapat menurunkan kadar gula dalam darah anda dengan mengkonsumsi the daun sirih merah ataupun dengan membuat ramuan yang berbahan dasar dari daun sirih merah tersebut.

  3. Meringankan nyeri sendi
    Selain sebagai anti inflamasi, flavonoid juga mampu berperan sebagai analgesic alami. Oleh karena itu, dengan kandungan flavonoid di dalamnya daun sirih merah mampu digunakan untuk meringankan rasa sakit pada persendian anda.

  4. Menurunkan tekanan darah
    Anda dapat menggunakan daun sirih merah sebagai obat guna menurunkan tekanan darah anda. Hal ini disebabkan kandungan-kandungan daun sirih merah yang mampu menurunkan tekanan darah anda. Anda dapat mengkonsumsi ekstrak daun sirih merah atau dengan membuat ramuan yang berbahan dasar dari daun sirih merah.

  5. Mengobati keputihan
    Daun sirih merah memiliki sifat antiseptic. Oleh karena itu, daun sirih merah mampu digunakan untuk mengobati keputihan serta menjaga organ kewanitaan anda. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengambil 7 sampai 8 lembar daun sirih merah lalu rebus daun tersebut. Gunakan air rebusan daun sirih merah tersebut untuk membilas organ kewanitaan anda. Lakukan cara tersebut berkali-kali agar organ kewanitaan anda bebas dari keputihan. 

Meskipun namanya tidak setenar saudaranya, namun daun sirih merah juga memiliki khasiat serta manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dengan sedikit ulasan di atas, kini anda telah tau akan manfaat sirih merah tersebut.

Subscribe to receive free email updates: