11 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Semangka. Semangka adalah buah berukuran besar yang memiliki kulit tebal berwarna hijau dengan garis panjang yang bergelombang. Daging buahnya bewarna merah, namun beberapa semangka juga memiliki daging buah yang berwarna kuning. Buah yang berasal dari gurun di Benua Afrika ini adalah salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan air. Kandungan semangka yang kaya dengan air, sangat pas untuk dinikmati pada siang hari yang terik, karena buah ini cocok untuk mengusir dahaga. Sangat mudah untuk mendapatkanya, buah ini banyak di jual di pasar tradisional maupun pasar moderen.
Manfaat Buah Semangka
(c) pixabay
Selain rasanya yang enak, buah yang memiliki nama latin Citrullus Lanatus ini ternyata memiliki banyak kandungan vitamin yang baik untuk tubuh. Kali ini saya ingin menginformasikan beberapa khasiat buah semangka. Berikut adalah manfaat buah semangka.

Manfaat Buah Semangka


  1. Menjaga kesehatan jantung
    Buah semangka kaya akan kandungan likopen. Likopen inilah yang sangat berperan penting dalam menjaga dan merawat kesehatan jantung anda.

  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Banyaknya vitamin C yang terkandung pada buah semangka akan sangat berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh anda. Kekebalan tubuh yang kuat, tidak akan membuat kita mudah terkena penyakit.

  3. Melindungi diri dari radikal bebas
    Banyaknya polusi dan asap kendaraan yang kita hirup setiap hari akan berpengaruh nuruk bagi kesehatan kita. Senyawa karotenoid yang terkandung pada semangka akan membantu menetralisir radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

  4. Menyehatkan mata
    Semangka adalah buah yang mengandung banyak Betakarotin. Didalam tubuh, betakarotin ini akan diubah menjadi vitamin A, vitamin A inilah yang akan menjaga kesehatan mata.

  5. Memperkuat tulang tubuh
    Kandungan kalium pada buah semangka sangat berperan penting dalam memperkuat tulang pada tubuh. Kalium inilah yang akan memperkuat kalsium, sehingga sendi dan tulang anda akan lebih sehat dan kuat.

  6. Menyehatkan ginjal
    Semakin banyak kita mengkonsumsi buah semangka, maka aliran urine kita juga akan semakin lancar. Lancarnya aliran urine akan membuat ginjal kita sehat.

  7. Mengurangi lemak
    Semangka mempunyai kandungan citruline yang sangat baik untuk mengurangi lemak. Jadi, buah ini juga sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet.

  8. Memberi Kesegaran pada kulit
    Tanpa anda sadari, kandungan zat gizi yang ada pada buah semangka dapat memperlambat penuaan. Jadi jika anda sering mengkonsumsi buah ini , maka kulit anda akan semakin segar dan kencang.

  9. Menetralkan tekanan darah tinggi
    Sangat penting untuk menjaga tekanan darah pada tubuh agar selalu normal. Tekanan darah yang tinggi akan sangat berbahaya, karena membuat tubuh anda mudah terkena penyakit stroke. Namun jangan khawatir ! Karetonid yang terkandung pada buah semangka dapat membantu menurunkan tekanan pada darah anda. Jadi perbanyaklah mengkonsumsi buah ini ketika anda mengalami masalah pada tekanan darah.

  10. Menghilangkan jerawat
    Polusi udara, asap kendaraan, asap rokok, dan kondisi lingkungan yang tidak sehat akan berpengaruh buruk pada kesehatan kulit anda. Terutama pada wajah. Biasanya keadaan yang seperti ini akan menimbulkan banyak jerawat di wajah. Buah semanka dapat menjadi solusi untuk masalah anda. Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menempelkan cairan yang ada pada jus semangka keseluruh wajah anda sengan kapas, tunggu hingga mengering, dan setelah itu bilas menggunakan air dingin.

  11. Membuat tidur lebih nyenyak
    Anda juga perlu tahu, kandungan karbohidrat polisakarida pada buah semangka akan meningkatkan kadar seretonin. Serotin ini berperan untuk membuat otak kita agar tidak sensitif pada suara ketika malam hari, sehingga tidur kita akan semakin nyenyak.

Demikian adalah beberapa manfaat buah semangka. Sangat banyak bukan? Jadi, perbanyaklah mengkonsumsi semangka agar tubuh anda menjadi sehat.

Subscribe to receive free email updates: