Penyebab Kadar Asam Urat Tinggi dan Pengobatannya

Penyebab Penyakit Asam Urat. Asam urat adalah salah satu penyakit yang sering menyerang manusia. Kalau dulu orang tua yang sering terkena penyakit asam urat, namun sekarang ini banyak anak muda yang terkena penyakit asam urat akibat gaya hidup yang tidak sehat. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai penyebab asam urat, jadi untuk Anda yang belum terkena asam urat bisa menghindari beberapa hal yang dapat memicu terjadinya asam urat.
Penyebab Asam Urat
(c) beritasehat

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami penyakit asam urat, penyakit ini menyerang persendian manusia dan mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan saat harus beraktivitas. Berikut adalah penyebab utama asam urat yang bisa saja terjadi pada Anda.


Penyebab Asam Urat


  1. Makanan
    Makanan menjadi faktor utama yang menyebabkan seseorang mengalami asam urat. Makanan yang bisa mengakibatkan seseorang mengalami asam urat adalah makanan yang terbuat dari jeroan sapi dan beberapa jeroan lainnya. Misalnya saja jantung, ginjal, hati, usus dan beberapa organ dalam hewan. Organ dalam ini sangat memberikan pengaruh besar terjadinya asam urat. Karena pada dasarnya organ dalam atau jeroan memiliki kandungan yang tidak baik dan mengakibatkan seseorang mengalami asam urat. Makanan lain yang menyebabkan seseorang mengalami asam urat adalah daging dan makanan seafood.

  2. Minuman keras
    Minuman keras adalah salah satu faktor yang menyebabkan seseorang mengalami asam urat. Minuman seperti bir memicu resiko asam urat pada tubuh seseorang. Alkohol yang terkandung dalam minuman keras bisa mengakibatkan seseorang mengalami kelainan pada sendi mereka dan menyebabkan asam urat. Oleh karena itu jangan dibiasakan mengonsumsi minuman keras karena tidak baik untuk kesehatan.

  3. Minumn manis
    Selain minuman keras, minuman manis juga menjadi pemicu seseorang mengalami asam urat. Biasanya penderita diabetes sangat beresiko mengalami asam urat. Minuman yang manis mengandung banyak gula menjadi faktor penyebab seseorang mengalami asam urat. Misalnya saja Anda adalah seseorang yang menyukai minuman dan makanan yang manis-manis lebih beresiko mendeita asam urat.

  4. Obat-obat tertentu
    Obat-obatan tertentu yang dikonsumsi seseorang juga memicu terjadinya asam urat pada seseorang. Biasanya orang-orang tua sering mengonsumsi obat kuat, obat anti masuk angin dan beberapa obat lainnya. Hal ini justru membuat seseorang terindikasi menderita asam urat. Hindarilah mengonsumsi obat yang tidak disarankan oleh dokter, karena obat-obatan yang tidak sesuai dengan saran dan rekomendasi dokter bisa menyebabkan seseorang mengalami asam urat.

  5. Kelainan medis
    Kelainan medis yang dimaksud adalah ada beberapa penyakit yang diderita seseorang. Misalnya saja sakit ginjal, sakit diabetes, dan beberapa penyakit lainnya bisa memicu seseorang mengalami asam urat. Untuk Anda yang menderita beberapa penyakit berat harus melakukan perawatan dan pengobatan yang baik dan benar agar tidak memicu terjadinya asam urat.

  6. Faktor genetik
    Asam urat adalah salah satu penyakit keturunan yang bisa mengakibatkan seseorang menderita asam urat. Biasanya perempuan cenderung lebih beresiko mengalami asam urat. Untuk Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan masalah asam urat, Anda harus bisa mengurangi dan mencegah terjadinya asam urat.

Demikian adalah beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengderita asam urat, salah satu penyebab utama adalah sikap Anda. Bila Anda mampu menahan diri dari pola hidup tidak sehat maka Anda akan terhindar dari penyakit asam urat. Semoga artikel kali ini bisa memicu Anda untuk memilih pola hidup sehat. Baca Juga Cara Mengobati Asam Urat.

Subscribe to receive free email updates: