6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Tubuh

Buah salak yang berwarna coklat dan memiliki kulit kasar ini ternyata memiliki banyak manfaat loh. Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui apa saja manfaat buah salak untuk kesehatan manusia. Ya memang benar, tidak banyak orang yang tahu mengenai manfaat buah salak, hal ini dikarenakan masyarakat lebih suka mengonsumsi buah salak langsung tanpa mencari tahu apa saja yang akan didapat setelah mengonsumsi buah ini.
Manfaat Buah Salak
(c) pixabay
Ada cukup banyak jenis salak yang mungkin sudah kita ketahui bersama, seperti salak pondoh, salak condet, salak bali, salak gading dll. Sebagai informasi untuk Anda, kami telah merangkum beberapa manfaat buah salak dari manfaat.co.id yang menjadi referensi bagi Anda yang kesekian kalinya mengenai tanaman dan buah yang ada di Indonesia.


Manfaat Buah Salak


  1. Menjaga Kesehatan Mata
    Manfaat yang pertama dari buah salak adalah buah ini mampu menjaga kesehatan mata Anda. Buah salak memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk mata dan kulit. Jadi bila Anda mengonsumsi buah salak, sama halnya dengan Anda menjaga kesehatan mata Anda. Selain mengandung vitamin A, buah salak juga mengandung senyawa beta karoten yang baik untuk membantu kesehatan mata Anda agar lebih sehat dan jernih.

  2. Menjaga Kesehatan Pencernaan
    Buah salak termasuk dalam buah yang baik untuk kesehatan pencernaan. Dalam buah salak terdapat zat yang bernama zat tanin yang berfungsi menjaga kesehatan pencernaan sehingga Anda yang mengonsumsi buah salak akan terhindar dari penyakit diare atau bahkan sembelit. Buah salak juga bermanfaat untuk mencegah mencret.

  3. Mencegah Kanker
    Tahukah Anda bia buah salak baik dikonsumsi untuk mencegah kanker ? Dalam buah salak terdapat zat antioksidan yang berfungsi baik mengatasi tubuh dari serangan radikal bebas yang bisa menyebabkan kanker dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah salak Anda bisa terhindar dari penyakit kanker yang mengerikan.

  4. Menjaga Daya Tahan Tubuh
    Dalam buah salak juga terdapat kandungan vitamin C yang bisa menjaga kesehatan kulit, daya tahan hingga memerangi virus yang mencoba menginfeksi tubuh. Dengan mengonsumsi buah salak Anda bisa memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Ditambah dengan zat antioksian yang bisa menjadi perlindungan dalam tubuh.

  5. Baik Untuk Diet Sehat
    Dan yang terakhir adalah buah salak mampu menjadi makanan sehat dan makanan pendukung untuk menurunkan berat badan. Buah ini membantu seseorang dalam menurunkan berat badan dan tidak menimbulkan efek samping selama dimakan dalam jumlah yang normal.

  6. Menjaga Kesehatan Kulit
    Lebih dari itu buah salak ternyata mampu menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit Anda sehat serta lembab. Jadi tidak diragukan lagi bahwa buah salak bisa menjadi buah sehat yang layak dikonsumsi oleh keluarga.

Tips Memilih Buah Salak

Setelah Anda mengetahui manfaat buah salak untuk kesehatan, sekarang saatnya Anda mengetahui tips dalam memilih buah salak yang masih dalam kondisi baik. Di pasar banyak penjual salak yang menawarkan salak dengan promo salak manis dan lain sebagainya, namun sebagai pembeli Anda harus jeli dan teliti. Pilihlah buah salak yang memiliki kulit masih bagus dan tidak busuk. Mintalah satu tester untuk Anda coba, bila salak masih dalam kondisi bagus dan tidak busuk, Anda bisa membelinya. Pilihlah salak pondoh yang terkenal manis dan enak tersebut.

Jangan sampai Anda tertipu dalam membeli salak. Dan setelah Anda membeli salak, satu hal yang perlu tahu adalah jangan mengonsumsi salak dengan daging salak yang telah terlepas dari kulitnya. Kulit halus dalam buah salak bis melancarkan pencernaan dan bisa menghindarkan Anda dari sembelit.

Subscribe to receive free email updates: