Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal . Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting yang berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Ginjal juga dapat berfungsi sebagai menyeimbangkan kandungan garam dan mineral di dalam darah sehingga tekanannya tetap terjaga seimbang.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Manusia memiliki 2 ginjal namun seseorang dapat hidup normal dengan hanya 1 ginjal saja. Bila kedua ginjal tidak berfungsi normal, maka orang itu perlu diberi Terapi Pengganti Ginjal (TPG) yang terdiri dari : Hemodialisis (Cuci Darah), Peritoneal Dialisis (Cuci Rongga Perut) dan Cangkok Ginjal (Transplantasi). Melakukan terapi pengganti ginjal tentu banyak menguras uang yang tak masalah bagi kalangan berduit. Menjaga kesehatan ginjal tidaklah sulit dan dapat dilakukan dengan biaya yang murah bahkan gratis. Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal.


Cara Menjaga Kesehatan Ginjal


  1. Rajin Olahraga dan Tetap Beraktivitas
  2. Olahraga memang banyak manfaatnya bagi kesehatan tak terkecuali kesehatan pada ginjal. Aktiflah bergerak untuk tetap dapat menyehatkan ginjal Anda.


  3. Konsumsi Makanan Sehat
  4. Terapkan pola hidup anda seperti mengkonsumsi makanan yang sehat. Hindari makanan yang mengandung racun seperti pewarna sintetik, pengawet, dan masih banyak lagi. Jangan terlalu sering minum teh atau kopi karena dapat membantu dalam pembentukan batu ginjal. Seimbangkan dengan minum air putih tetapi jangan terlalu banyak karena dapat menganggu kadar kekentalan darah dalam tubuh.


  5. Hindari Alkohol
  6. Alkohol adalah minuman yang merusak kesehatan. Terlalu banyak minum alkohol dapat mengakibatkan meningkatnya tekanan darah yang dapat merusak kesehatan ginjal.


  7. Jaga Tekanan Darah
  8. Seperti halnya menghindari alkohol yang dapat meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi merupakan penyebab penyakit ginjal tertinggi sebanyak 35 persen.


  9. Jauhi Rokok
  10. Rokok juga dapat menyebabkan penyakit ginjal dikarenakan, kandungan nikotin dalam rokok berperan penting dalam gangguan ginjal.


  11. Hindari Stres
  12. Selalu berusaha untuk melakukan kegiatan atau hal-hal yang positif dan rileks agar terhindar dari stres. Stres dapat memicu berbagai reaksi tubuh dan dapat mempengaruhi kondisi tekanan darah dan ginjal.


  13. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh
  14. Cairan dalam tubuh sangat penting bagi ginjal. Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh melalui berbagai cara seperti mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung banyak air atau juga rutin minum air putih. Bila Anda rutin beraktivitas dalam kondisi dan situasi yang menuntut banyak mengeluarkan keringat misalnya berolahraga, minumlah dua sampai tiga liter per hari sehingga Anda tidak akan mengalami dehidrasi.


  15. Hindari Mengkonsumsi Obat Sembarangan
  16. Disarankan sebelum mengkonsumsi obat, konsultasikan kepada dokter terpercaya terlebih dahulu. Ini dikarenakan jika Anda mengkonsumsi obat sembarangan dapat membuat beban kerja ginjal menjadi lebih berat.


  17. Hindari Makanan Asin
  18. Makanan asin adalah makanan yang memiliki kadar sodium yang tinggi. Sodium yang tinggi dapat melemehkan kerja ginjal dan membuat ginjal terganggu.


  19. Menjaga Berat Badan
  20. Banyak orang yang mengatakan bahwa gemuk adalah sehat. Gemuk adalah kondisi yang tidak sehat. Menjaga berat badan adalah wajib bagi setiap orang agar seluruh organ tubuh dapat bekerja maksimal tanpa gangguan lemak. Apabila berat badan berlebihan, maka ginjal juga jauh lebih lemah dan berat kerjanya.

Kesehatan ginjal memang penting untuk dijaga. Sudahkah anda peduli pada kesehatan ginjal saat ini?. Semoga anda lebih memperhatikan kesehatan tubuh anda.

Subscribe to receive free email updates: