Inilah 9 Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok. Bagi para kaum hawa, rambut rontok merupakan hal yang mengerikan. Karena, rambut adalah mahkota bagi wanita. Memang, rambut rontok merupakan hal yang wajar-wajar saja dialami oleh semua orang. Tapi, bagaimana jika rambut anda rontok secara berlebihan? tentu hal tersebut harus anda ketahui penyebabnya. Maka dari itu alangkah baiknya anda mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok. Simak ulasan berikut tentang penyebab rambut rontok.

Inilah 9 Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok


  1. Keturunan
  2. Keturunan adalah salah satu penyebab rambut rontok yang sulit diatasi. Pada beberapa keluarga, gen yang menyebabkan rambut rontok bisa diturunkan pada anak-anak mereka. Untuk mengatasi masalah penyebab rambut rontok karena faktor keturunan dapat diatasi dengan memeriksakan diri pada orang yang benar-benar ahli di bidang kulit.

  3. Penyakit
  4. Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan rambut rontok, antara lain : diabetes, lupus, kanker akibat efek dari kemoterapi dan kanker otak.

  5. Stres
  6. Stres adalah salah satu penyebab rambut rontok yang sering dialami oleh banyak orang. Stres yang berlebihan dapat mengakibatkan rambut rontok dan penurunan berat badan secara drastis. Stres menyebabkan kerontokan pada rambut yang tidak terjadi seperti biasanya. Untuk mengatasinya, cobalah untuk refreshing atau berjalan-jalan di pusat-pusat kota, taman, dan masih banyak lagi.

  7. Hormon
  8. Ketidakseimbangan kadar hormon dapat terjadi oleh beberapa hal. Misalnya seperti orang yang sudah berusia 30 tahun lebih dan ibu yang sedang hamil atau pasca melahirkan, biasanya mengalami kerontokan pada rambut.

  9. Pengaruh Obat-obatan
  10. Bahan kimia yang terkandung dalam obat tersebut dapat juga memicu kerontokan. Terutama obat anti depresi dan tekanan darah tinggi.

  11. Gaya Rambut
  12. Sebelum melakukan perubahan gaya rambut, pastikan kesehatan rambut dan folikel tetap terjaga. Terutama bagi anda yang akan mengubah gaya rambut yang terlalu ketat yang bisa menarik rambut hingga akarnya dan dapat membuat rambut lebih rapuh serta rentan patah.

  13. Perawatan Rambut
  14. Penggunaan bahan kimia seperi untuk mengecat, mewarnai, memutihkan, meluruskan atau membuat rambut bergelombang secara permanen dapat menyebabkan rambut anda menjadi rusak jika perawatan tersebut tidak dikerjakan dengan benar atau karena berlebihan.

  15. Jarang Berkeramas
  16. Ketika rambut yang jarang dikeramasi akan terlihat lembab akibat paparan sinar matahari dan akar rambut dengan keringat. Keringat berlebih di kepala akan terlihat basah dan bisa juga dapat menimbulkan bau.

  17. Radikal Bebas
  18. Radikal bebes seperti asap-asap kendaraan yang tentunya tidak baik jika terkena rambut. Akibat yang ditimbulkan salah satunya rambut rontok akibat penuaan dini. Selain akibat yang ditimbulkan rambut rontok, ada juga akibat yang lainnya antara lain : kulit menjadi keriput karena otot-otot menjadi lemah, terbentuknya bintik-bintik hitam di wajah dan kulit, timbulnya berbagai macam kanker. 
     
Itulah 9 faktor penyebab rambut rontok. Jika anda mengalami kerontokan rambut, bisa jadi salah satunya adalah 9 penyebab diatas. Jangan lupa baca juga artikel tentang kesehatan rambut lainnya seperti menghilangkan ketombe secara alami. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: