Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat  Buah Tomat. Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan asli dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah tomat sering digunakan untuk campuran masakan seperti sup, sambal tomat, dll karena rasa buah tomat yang sedikit asam. Alangkah baiknya tambahkan tomat pada masakan anda, karena tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.
Manfaat  Buah Tomat
(c) pixabay
Tomat adalah tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan karena mengandung lycopene dan vitamin C yang dapat mencegah resiko terjadinya penyakit kanker serta dapat mencegah peradangan pada usus buntu. Tomat mengandung vitamin C, A, K, folat, serta kalium. 1 porsi tomat dapat memenuhi 7% asupan harian yang disarankan.


Manfaat Tomat Untuk Kesehatan


  1. Membantu Melawan Kanker
  2. Kandungan likopen dalam tomat dapat membantu melawan kanker termasuk kanker prostat, faring, mulut, dubur, tenggorokan, lambung, ovarium, dan usus besar. Karena tomat memiliki sifat antioksidan yang berfungsi dalam melawan radikal bebas.

  3. Meningkatkan Nafsu Makan
  4. Karena tomat kaya akan mineral yang beranekaragam yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan anda. Mineral yang terkandung dalam tomat dapat merangsang air liur karena itulah tomat dapat meningkatkan nafsu makan anda.

  5. Melancarkan Pencernaan
  6. Kandungan asam malat dan sitrat pada tomat dapat membantu mencegah batu empedu. Tomat juga dapat membantu mencegah radang usus buntu dan saluran pernapasan karena tomat memiliki kandungan zat tomatin.

  7. Mencegah Osteoporosis
  8. Seperti yang saya katakan diatas, bahwa tomat mengandung vitamin K yang dapat memperkuat dan memperbaiki tulang. Vitamin K yang terkandung dalam tomat juga dapat menambah massa tulang serta mampu mencegah osteoporosis.

  9. Menjaga Kesehatan Mata
  10. Tomat mengandung vitamin A yang dapat membantu mencegah rabun senja. Selain rabun senja vitamin A juga dapat mencegah datangnya penyakit makula, sejenis penyakit penglihatan mata yang sulit untuk disembuhkan. Vitamin A yang terdapat pada tomat mampu membuat retina anda menjadi lebih sehat untuk mencegah datangnya minus atau plus.


Manfaat Tomat Untuk Kecantikan


  1. Menjaga Kesehatan Rambut
  2. Kandungan vitamin A dalam tomat mampu menjaga kesehatan rambut. Buatlah kondisioner dengan bahan dasar tomat. Saat selesai keramas, berikan tomat pada rambut anda kemudian biarkan hingga 5 menit. Kondisioner tomat akan mengatasi kekeringan pada kulit kepala dan rambut. Setelahnya bilas dengan air dingin.

  3. Menyembuhkan Kulit Terbakar
  4. Apabila anda sering terkena sinar matahari terlalu lama yang dapat membuat kulit anda terbakar atasi dengan tomat dan yogurt. Caranya hancurkan tomat terlebih dahulu, kemudian campurkan dengan yogurt dan oleskan pada kulit yang terbakar.

  5. Menyembuhkan Jerawat
  6. Zat asam dalam tomat cukup kuat untuk membersihkan jerawat dan noda hitam. Hancurkan tomat, kemudian oleskan pada daerah berjerawat dan biarkan selama 30 menit. Lakukan ini setiap hari selama dua minggu. Anda akan melihat hasilnya.

  7. Membersihkan Kulit
  8. Tomat juga bisa membantu mengembalikan kelembapan kulit. Hanya dengan tomat dan 1 buah alpukat. Caranya hancurkan terlebih dahulu 1 buah tomat kemudian 1 buah alpukat. Kemudian gunakan sebagai masker wajah. Biarkan masker wajah tersebut selama 15 - 30 menit. Lalu bersihkan dengan air hangat. Karena tomat mengandung zat asam, cobalah terlebih dahulu pada kulit kecil dan lihat reaksinya. Apabila kulit terasa terbakar, maka jangan digunakan cara ini!

  9. Menghilangkan Komedo
  10. Buah tomat ini mampu mengatasi komedo. Caranya cukup hancurkan tomat kemudian buat masker wajah. Gunakan secara teratur.

  11. Membuat Kulit Bersinar
  12. Buah tomat ini juga dapat membuat kulit wajah anda menjadi bersinar. Cukup menggunakan tomat dan madu yang agak kental. Caranya sediakan jus tomat dan campurkan dengan madu. Jangan diminum, tetapi gunakan sebagai masker wajah. Tunggu beberapa menit dan bilas sampai bersih.

  13. Mengatasi Kulit Berminyak
  14. Kandungan vitamin C dan A serta asam asmino dalam tomat dapat juga untuk mengatasi kulit berminyak. Caranya hancurkan tomat, kemudian buat sebagai masker wajah dan biarkan selama 30 menit. Lakukan cara ini setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa tips manfaat buah tomat untuk kesehatan atau kecantikan. Lakukan tips dengan benar agar hasil yang maksimal. Jangan ragu untuk memanfaatkan buah tomat ini untuk kesehatan dan kecantikan. Sekian tips kali ini dan jangan lupa baca artikel lainnya di We Sehat seperti : makanan sehat terbaik penambah darah. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: