9 Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

Kentang merupakan tanaman asli dari Amerika Selatan. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan. Kentang adalah umbi yang tumbuh dibawah tanah dan merupakan tanaman keempat terbesar di dunia.
Manfaat Kentang
(c) pixabay
Kentang bisa di rebus, goreng, atau sebagai bahan untuk membuat roti kentang tetap enak untuk dinikmati. Kentang dapat juga diolah dengan mudah untuk dijadikan berbagai macam makanan seperti perkedel, bubur, pelengkap dalam sayuran.


Manfaat Kentang Bagi Kesehatan


  1. Tinggi Serat
  2. Kentang sebagai pengganti nasi sering digunakan beberapa orang untuk membantu program diet mereka. Kentang juga mengandung serat yang cukup tinggi dan sejajar dengan sereal, roti gandum, pasta. Kentang juga bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan.

  3. Mencegah Penyakit Jantung dan Batu Ginjal
  4. Selain bermanfaat bagi kesehatan sistem pencernaan, kentang juga dapat mencegah penyakit jantung dan batu ginjal. Itu karena kentang mengandung vitamin B6. Selain vitamin B6, kentang juga mengandung zat besi yang sangat kaya akan magnesium yang dapat menolak akumulasi atau deposisi kalsium dalam ginjal dan jaringan lain sehingga kentang terbukti bermanfaat dalam mengobati batu ginjal. Vitamin B6 dalam kentang membuatnya menjadikan bahan makanan yang cocok buat para atlet.

  5. Meredakan Stres
  6. Kentang yang mengandung vitamin B6 juga sanagt bermanfaat untuk meredakan stres yang melanda pikiran Anda. Kentang membuat hormon adrenalin pada tubuh anda yang dapat merespon stres, hingga pada akhirnya membuat tubuh menjadi lebih rileks dan memberikan perasaan yang menenangkan pikiran Anda.

  7. Penawar Racun Alami Asam Berlebihan
  8. Kentang penting membantu pertumbuhan bakteri dalam saluran pencernaan tubuh kita. Kandungan garam alkali menjadikan kentang sebagai salah satu makanan basa yang paling kuat, karena itu kentang sangat berguna untuk menjaga cadangan alkali tubuh.

  9. Mengurangi Peradangan
  10. Kentang merupakan salah satu makanan yang mudah dicerna dan dapat mengurangi peradangan pada usus dan sistem pencernaan. Untuk peradangan eksternal dapat menggunakan jus kentang yang sangat bermanfaat untuk mengobati memar, luka bakar, keseleo, dan bisul. Kentang dapat mencegah sistem pencernaan Anda dari peradangan dan juga dapat terhindar dari penyakit usus.

  11. Baik Untuk Otak
  12. Kentang kaya akan zat besi dan tembaga yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak.Sehingga cocok bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

  13. Anti Oksidan Alami
  14. mengonsumsi kentang secara teratur dapat mengurangi resiko terhadap serangan berbagai komposisi kanker, semacam kanker prostat dan kanker rahim. lain dari itu, kandungan Vitamin B6 dalam kentang juga berkhasiat untuk mencegah penyakit jantung dan pembentukan tumor.

  15. Dapat Mengurangi Kadar Kolesterol
  16. Kentang tidak seperti nasi yang mempunyai kadar kalori yang tinggi. Selain memiliki kadar kalori yang rendah, kentang juga memberikan efek tidak mudah lapar yang cocok untuk diet. Kentang juga memiliki manfaat tersendiri yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

  17. Baik Untuk Kesehatan Kulit
  18. Kentang mengandung vitamin C bersama dengan mineral seperti seng, magnesium, dan kalium yang baik untuk kesehatan kulit. Kentang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka, penyembuhan luka kecil, luka bakar, kulit berjerawat, dan dapat menghilangkan flek hitam di wajah.
Itulah 9 manfaat kentang bagi kesehatan tubuh Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: