8 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Salam. Daun salam adalah tumbuhan liar dihutan dan pegunungan, namun bisa juga ditemui dipekarang rumah. Daun salam ini dapat ditemukan didataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.800 mdpl. Pohon daun salam bertajuk rimbun dengan tinggi mencapai 23 m, berakar tunggang, batang bulat dan permukaan cukup licin. Daun tunggal, memiliki letak saling berhadapan, bertangkai panjang hingga0,5-1 cm. Helaian daun bentuknya lonjong sampai elips sungsang, ujung daun salam meruncing, pangkal daun pun runcing, daun salam mempunyai tepi rata. Daun salam memiliki pertulangan menyirip, daun salam pada permukaan atas licin berwarna hijau tua, dan pada permukaan bawah berwarna hijau muda.
Manfaat Daun Salam
(c) wikipedia
Daun salam bila diremas berbau harum, bunga daun salam majemuk, warnanya putih dan baunya harum. Daun salam ditanam untuk diambil daunnya sebagai pelengkap bumbu dapur, kulit dari pohon daun salam dipakai sebagai pewarna anyaman bambu. Selain itu ada beberapa kandungan dan kegunaan daun salam yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti rendah kalori sehingga bagus untuk Anda yang ingin diet, tinggi karbohidrat dan serat serta kaya vitamin dan mineral. 

Vitamin yang terkandung dalam daun salam seperti vitamin A dan vitamin B yang sangat bagus untuk kesehatan Anda atau anak dalam masa pertumbuhan. Sedangkan mineral dalam daun salam mempunyai fungsi sebagai sumber zat besi yang sangat bagus bagi mereka yang telah mengalami monopause. Ada beberapa khasiat daun salam, diantaranya dapat mengobati diare, maag, kencing manis dan mabuk akibat alkohol. Biasanya bagian yang digunakan untuk mengobati beberapa penyakit tersebut adalah bagian daun, kulit batang, akar dan buah daun salam. Berikut paparan lengkap manfaat daun salam untuk kesehatan untuk mengobati beberapa macam penyakit.


Manfaat Daun Salam


  1. Kudis dan Gatal
    Untuk menghilangkan gatal dan kudis Anda cukup menggunakan daun salam kemudian dicuci bersih dan digiling halus sampai adonan menjadi seperti bubur. Balurkan adonan daun salam pada bagian yang sakit.

  2. Obat Diare
    Selain untuk kudis, manfaat daun salam juga bisa untuk Diare, caranya anda ambil daun salam sekitar 15 gram, kemudian cuci bersih lalu direbus dengan segelas air bersih selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam pada rebusan daun salam, setelah itu dinginkan dan saring.

  3. Kencing Manis
    Ambillah daun salam sekitar 7 lembar dan dicuci bersih. Kemudian rebus daun salam dengan 3 gelas air bersih, kemudian saring rebusan daun salam dan diminum 2 kali sehari.

  4. Sakit Maag
    15-20 lembar daun salam dicuci bersih dan direbus dengan setengah liter air bersih sampai mendidih. Tambahkan juga gula merah secukupnya, minumlah sebagai teh setiap hari sampai rasa perih pada lambung Anda hilang.

  5. Obat Mabuk Akibat Alkohol
    Jika Anda mabuk akibat alkohol, Anda bisa pakai daun salam sebagai penawarnya. Ambil segenggam daun salam kemudian cuci bersih dan ditumbuk sampai halus. Peras daun salam dan saring, lalu tumbukan daun salam bisa diminum.

  6. Perawatan Rambut
    Untuk perawatan rambut, Anda bisa menggunakan daun salam sebagi obat herbal untuk mempercantik rambut Anda. Anda cukup merebus daun salam bersama minyak rambut yang Anda miliki. Tunggu hingga rebusan daun salam dingin kemudian usapkan pada bagian pangkal smapi ujung rambut. Gunakan metode ini sebagai hair treatment Anda.

  7. Melangsingkan Tubuh
    Untuk Anda yang ingin menjalani diet sehat, Anda bisa mencoba cara berikut ini. Gunakan daun salam sebagai obat herbal yang bisa melangsingkan tubuh Anda, biasakan mengunyah daun salam pada pagi hari dan lakukanlah setiap hari. Jika dilakukan rutin, daun salam dapat membantu Anda mengurangi berat badan dan dijamin tidak memiliki efek samping.

  8. Menjaga Kesehatan Mata
    Untuk menjaga kesehatan mata Anda, daun salam bisa digunakan sebagai obat herbal yang sehat untuk mata Anda. Apabila Anda tidak suka mengunyah daun salam mentah, Anda bisa merebus airnya dan rutin meminumnya sehari satu kali untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Mungkin itulah manfaat daun salam untuk tubuh, perlu anda ketahui bahwa daun salam selain biasa digunakan sebagai penyedap pada olahan atau masakan ternyata daun yang memiliki aroma yang cukup khas ini sangat bermanfaat untuk pembuatan obat herbal, semoga artikel tentang manfaat daun salam bagi kesehatan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates: