7 Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pandan. Tanaman yang mempunyai aroma yang cukup harum ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita, daun pandan sering digunakan sebagai pewangi pada kue, karena kue yang dibuat dengan cara menambahkan sari dari pandan wangi akan membuatnya menjadi semakin lezat dan enak saat di makan. Selain di budidaya kan, tanaman pandan juga tumbuh secara liar, bahkan bisa ditemui di dekat rumah atau kebun. meskipun begitu, pandan juga ada yang di budidaya kan oleh petani untuk di jual ke pasar atau pabrik pembuat kue sari pandan.
Manfaat Daun Pandan
(c) pixabay
Beberapa jenis jajanan yang sering kita temui di pinggir jalan seperti bubur sum-sum, es dawet dan lain-lain yang memanfaatkan daun pandan sebagai salah satu bahan pewangi nya, selain murah dan gampang di dapat, daun pandan juga tak kalah dengan pewangi makanan yang bisa kita temudi di toko, karena wangi daun pandan terbentuk secara alami. Daun pandan juga berkhasiat mengatasi berbagai macam penyakit dan berguna untuk kesehatan. Seperti dikutip dari ripiu.info, berikut adalah manfaat daun pandan untuk kesehatan.

Khasiat Daun Pandan


  1. Darah Tinggi
    Tekanan darah yang tinggi beresiko terkena penyakit stroke, dan ciri-ciri dari penyakit ini yaitu selalu merasa pusing dan cepat lelah sehingga akan sangat menghambat aktifitas kita. Apabila anda sudah terkena darah tinggi maka harus menghindari berbagai macam makanan penambah darah yang tentunya akan memperburuk keadaan. Tanaman yang perlu anda coba untuk mengatasi darah tinggi yaitu dengan daun pandan wangi. Cara membuat ramuan nya dengan mengambil daun pandan secukupnya kemudian di campurkan ke dalam dua gelas air lalu di rebus, tunggu sampai airnya tersisa satu gelas setelah di rebus, minum setengah gelas di pagi hari lalu sisa nya yang setengah lagi di sore hari, lakukan secara rutin dan teratur agar membuat tekanan darah menjadi lebih normal.

  2. Menghilangkan Panu
    Penyakit Panu terjadi karena disebabkan oleh jamur yang tumbuh pada kulit, sehingga kulit menjadi gatal dan berubah warna menjadi putih, meskipun begitu ada juga yang memiliki warna kulit tertentu menjadi warna yang berbeda seperti merah. Dengan daun pandan anda bisa menghilangkan panu pada kulit dengan daun pandan, caranya cukup mudah yaitu dengan menghaluskan satu genggam daun pandan segar lalu peras dan ambil airnya, kemudian campurkan garam pada air hasil perasan tersebut dan minum satu hari satu gelas selama tiga hari secara rutin.

  3. Menghilangkan Ketombe
    Rambut terasa gatal dan panas serta kulit kepala mengelupas ? itu tandanya anda terkena ketombe, dengan adanya ketombe pada kepala bisa juga menyebabkan rambut rontok, daun yang bisa anda gunakan sebagai ramuan alami menghilangkan ketombe adalah daun pandan, anda siapkan sekitar sepuluh helai daun pandan segar lalu di tumbuk sampai benar-benar halus, selanjutnya tamnbahkan air secukupnya lalu air dari campuran daun pendan tersebut anda usapkan pada rambut, gunakan cara ini sebelum keramas, diamkan beberapa saat dan terakhir cuci rambut anda sampai bersih.

  4. Rambut Rontok
    Jika anda punya masalah dengan rambut anda yang rontok, solusi yang bisa anda pakai yaitu dengan menggunakan daun pandan, caranya hampir sama seperti yang saya sebut di atas, yaitu dengan menyiapkan beberapa helai daun pandan kemudian dihaluskan dan jus hasil dari daun pandan tersebut anda oleskan ke rambut anda dan diamkan satu sampai dua jam, setelah itu bilas rambut anda sampai bersih, lakukan cara ini di pagi hari.

  5. Lemah Saraf
    Kelainan pada sarap bisa kita kenali dengan mudah yaitu sering keram, penyakit ini terjadi karena berkurangnya rangsangan saraf yang ada pada bagian tubuh tertentu yang sebelumnya sudah tersedia secara penuh dan cukup. Lemah saraf bisa anda atasi dengan menggunakan daun pandan, cara penyajiannya dengan memotong-motong kecil daun pandan segar sebanyak tiga helai, kemudian anda rebus dengan tiga gelas air, diamkan di dalam tungku sampai air yang tersisa menjadi dua gelas, pisahkan ampas dan air hasil rebusan pandan tersebut, lalu minum air hasil saringan tersebut sebanyak satu gelas, minum ramuan ini di sore dan pagi hari.

  6. Rematik
    Meskipun rematik sering menyerang orang yang sudah lanjut usia, tapi tak sedikit pula orang yang masih muda terkena penyakit ini, biasanya rematik terjadi akibat sering kedinginan atau terlalu lama berendam di dalam air, untuk mengatasinya dengan daun pandan, anda siapkan sekitar tiga lembar daun pandan segar lalu anda iris tips kemudian jika semua sudah di iris anda campurkan secara merata dengan minyak kelapa sebanyak setengah cangkir yang sudah di panaskan, diamkan beberapa saat, jika sudah dingin silahkan anda gosokan pada bagian tubuh anda yang terkena rematik.

  7. Menambah Nafsu Makan
    Pada saat-saat tertentu kita pasti pernah merasakan yang namanya kurang nafsu makan, keadaan ini akan membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit, karena asupan gizi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh tidak tersuplai melalui makanan secara baik karena kita malas makannya, jika anda merasa kurang nafsu makan, daun pandan bisa anda buat menjadi bahan alami untuk menambah nafsu makan, siapkan sekitar sepuluh gram daun pandan lalu rebus dengan tiga gelas air mineral sampai tersisa satu gelas, lalu minum dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itualah beberapa manfaat daun pandan wangi yang baik untuk kesehatan tubuh manusia, semoga bermanfaat untuk kita semua dan mulai menyukai tanaman yang memiliki aroma yang arum ini.

Subscribe to receive free email updates: