5 Manfaat Jeruk Limau Untuk Kesehatan

Manfaat Jeruk Limau. Jeruk limau adalah salah satu jenis jeruk yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, dan biasanya secara umum jenis jeruk ini sering dijadikan penyedap pada masakan dan sambal. Kegunaan jeruk limau juga sebagai campuran minuman atau dalam hidangan, karena rasanya yang asam dan segar sehingga membuat cita rasa suatu minuman atau hidangan lebih nikmat dan cukup banyak digemari.
Manfaat Jeruk Limau
(c) morguefile
Tahukah Anda bahwa khasiat jeruk limau sangat besar untuk kesehatan tubuh manusia? Jeruk limau hampir sama dengan jeruk nipis dari segi kandungan vitamin C, yaitu mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yang mampu memberikan suplai zat antioksidan yang melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Selain itu terdapat banyak khasiat jeruk limau untuk menjaga kekebalan tubuh. Seperti di kutip dari carakhasiatdanmanfaat.com, dibawah ini kami paparkan mengenai manfaat buah jeruk limau.


Manfaat Jeruk Limau


  1. Menghilangkan jerawat
    Apabila Anda memiliki masalah jerawat pada wajah, baik perempuan mapun laki-laki, Anda bisa memanfaatkan jeruk limau untuk mengatasi masalah tersebut. Cara pemakaian jeruk limau untuk mengatasi jerawat adalah dengan mencampurkan 2 sendok air jeruk limau dan madu dengan perbandingan 1:1, kemudian aduk campuran tersebut hingga merata dan oleskan pada bagian wajah berjerawat. Tunggulah sampai beberapa menit, barulah setelah sari perasan jeruk limau kering Anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih. Selain untuk mengatasi jerawat, jeruk limau bermanfaat untuk menyegarkan wajah.

  2. Mengatasi mata lelah
    Bagi Anda yang memiliki rutinitas sangat padat dan sering mengalami kelelahan pada mata dan ingin menjaga kesehatan mata, Anda bisa menggunakan jeruk limau sebagai solusinya. Khasiat jeruk limau mampu menyegarkan kembali mata Anda yang lelah akibat digunakan untuk bekerja seharian Anda cukup mencampurkan sari jeruk limau kedalam wadah kecil kemudian dicampur dengan satu gelas air es, setelah itu Anda celupkan kapas wajah yang bersih kedalam air es dan jeruk limau tersebut, barulah kapas tersebut Anda letakkan pada kedua mata Anda dengan kondisi mata tertutup. Lakukan perawatan ini untuk beberapa waktu, sehingga dengan demikian mata Anda bisa segar kembali.

  3. Mengatasi penyakit diabetes
    Manfaat jeruk limau untuk mengatasi penyakit diabetes bisa Anda lakukan dengan mengkonsumsi sari jeruk limau yang telah dicampur dengan air bersih, baik hangat maupun air mineral biasa. Dengan mengkonsumsi hasil perasan jeruk limau, anda bisa mengurangi kadar gula dalam darah sehingga jeruk limau mampu membantu proses penyembuhan penyakit diabetes atau kencing manis.

  4. Membersihkan noda pada piring kotor
    Telah banyak diketahui oleh khalayak bahwa jeruk limau memiliki kemampuan untuk membersihkan noda menempel akibat lemak kotor pada piring. Apabila Anda mengalami kesulitan saat mencuci piring karena banyak lemak, Anda bisa menambahkan sari jeruk limau kedalam sabun cuci piring Anda, hingga 5 sendok. Sari jeruk limau akan bekerja cepat untuk menghilangkan noda akibat lemak membandel.

  5. Kekebalan tubuh
    Kegunaan jeruk limau selanjutnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C pada jeruk limau mampu menjaga sistem imun tubuh agar lebih kebal dalam menghadapi serangan beberapa bakteri dan virus. Anda bisa mengkonsumsi jeruk limau untuk dijadikan minuman segar dalam keseharian Anda. Namun jangan berlebihan dalam mengkonsumsi jeruk limau, karena bisa saja menyebabkan perut mulas.

Demikian adalah beberapa manfaat jeruk limau bagi kesehatan. Anda bisa menggunakan jeruk limau sebagai salah satu obat alternatif untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga badan kita tidak akan mudah terkena berbagai macam penyakit yang menyerang.

Subscribe to receive free email updates: