Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Tebu. Seringkali kita tidak menyadari bahwa selama ini kita suka mengkonsumsi sari atau air dari tanaman tebu yaitu dalam bentuk gula pasir, karena kebanyakan gula pasir berbahan dasar Tebu. Rasanya yang manis dan segar seta sering digunakan sebagai pemanis pada aneka macam kue dan berbagai jenis minuman membuat tebu menjadi salah satu kebutuhan pokok sebagai bahan dasar pembuatan gula pasir. Air tebu yang sudah di peras menyerupai air putih meskipun agak sedikit keruh, saat di minum rasanya manis dan menyegarkan.
Manfaat Air Tebu
foto: photobucket
Khasiat air tebu untuk kesehatan cukup banyak, karena di dalam air tebu mengandung berbagai macam zat yang cukup baik untuk tubuh manusia. Selain itu, air tebu juga bisa di minum secara langsung setelah di peras atau di parut, apalagi minum air tebu tersebut ketika panas terik di siang hari mungkin kita akan sangat merasa segar dan bisa melepas dahaga. Seperti di kutip dari merdeka.com, berikut merupakan beberapa perincian mengenai manfaat tebu untuk kesehatan yang perlu anda ketahui.


Manfaat Air Tebu


  1. Mengatasi Infeksi
    Infeksi terjadi karena beberapa faktor dan keadaan ini tentunya tidak bisa di anggap sepele karena cukup beresiko timbulnya penyakit yang lebih berbahaya, apalagi infeksi tersebut terjadi pada bagian dalam tubuh. Ternyata, kandungan yang terdapat di dalam tebu bisa menyembuhkan infeksi di dalam tubuh seperti infeksi pada saluran kemih, peradangan perut, serta penyakit seksual yang menular.

  2. Obat Batu Ginjal
    Penyakit batu ginjal atau yang sering kita kenal dengan nama penyakit kencing batu merupakan penyakit yang terjadi akibat gangguan saluran kemih dengan terbentuknya keristal-keristal seperti batu di saluran tersebut sehingga bisa mengakibatkan penyumbatan, timbulnya rasa nyeri serta pendarahan. Batu ginjal biasanya timbul karena terjadinya dehidrasi di dalam tubuh. Kandungan alami yang ada di dalam tebu berfungsi sebagai salah satu bahan untuk mencegah dan mengatasi penyakit batu ginjal.

  3. Mencegah kanker
    Penyakit yang biasa juga di sebut puru ayal ini ditandai dengan adanya kelainan pada siklus sel. Penyakit kanker ada yang ganas dan ada juga yang masih terbilang jinak, tanda keganasan bisa kita lihat dengan cepatnya berkembang sel kanker tersebut dan membuat tubuh menjadi semakin parah, sedangkan kategori kanker yang masih jinak yaitu pertumbuhan dan perkembangan kanker tersebut secara perlahan-lahan dan dalam jangka waktu yang cukup lama, tapi tentu saja tidak bisa di anggap enteng karena meskipun begitu tetap berpotensi menjadi ganas. Jika ingin mencegah kanker, anda bisa mengkonsumsi air tebu, karena kandungan zat yang terdapat di dalam air tebu dipercaya dapat mencegah kanker.

  4. Untuk Penderita Diabetes
    Mungkin cukup mengejutkan bagi kita bahwa cairan yang memiliki warna manis dan kaya akan kandungan gula ini bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes, ini tentu saja membuat kita heran karena kita semua ketahui bahwa penyakit diabetes sangat pantang sekali mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kandungan gula, karena penyakit ini terjadi karena kelebihan kadar gula darah. Tapi perlu anda ketahui bahwa kandungan gula yang ada dalam tebu merupakan gula alami yang tidak berbahaya meskipun di konsumsi oleh orang yang terkena penyakit diabetes.

  5. Mengandung Nutrisi
    Terpenuhinya Nutrisi dalam tubuh merupakan salah satu syarat agar tubuh kita ingin selalu sehat, sebab jika tubuh kita kekurangan nutrisi atau Gizi akan menghambat pertumbuhan bahkan membuat badan kita kurang sehat karena rentan akan terkena berbagai macam penyakit. Asupan nutrisi bisa anda dapatkan dari makanan yang kita konsumsi, seperti sayuran, buah, dll. Salah satu jenis tanaman yang bisa mensuplai nutrisi kedalam tubuh anda adalah air tebu, maka dari itu anda bisa minum air tebu supaya nutrisi yang ada pada tebu dapat anda dapatkan kedalam tubuh.

  6. Mengatasi Penyakit Kuning
    Meningkatnya kandungan bilirubin pada tubuh merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit kuning, tanda-tanda orang terkena penyakit ini bisa dilihat secara fisik, yaitu berubahnya warna pada kulit dari kondisi normal menjadi berwarna kuning menyerupai warna seperti pada kunyit, perubahan tersebut bisa terjadi pada bagian kulit tangan, kuku, mata dll. Penyakit kuning perlu ditangani secara cepat karena bisa beresiko tinggi bila dibiarkan, dan konsumsilah makanan atau minuman yang bisa meredakan penyakit ini agar kondisi badan menjadi lebih baik. kandungan air tebu bisa menjadi salah satu bahan alami untuk menyembuhkan penyakit kuning.

Itu tadi beberapa manfaat air tebu yang berguna untuk kesehatan, maka dari itu anda perlu mencoba minum air tebu agar kandungan gizi yang ada di dalamnya bisa anda dapatkan. Semoga bermanfaat dan penjelasan mengenai khasiat air tebu ini berguna untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates: