7 Manfaat Beras Kencur Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Beras Kencur. Beras kencur adalah ramuan herbal tradisional yang berasal dari pulau Jawa. Begitu banyak manfaat beras kencur untuk kesehatan tubuh. Selain itu beras kencur memiliki rasa manis yang disukai banyak orang dari berbagai usia dan kalangan dan cukup bermanfaat untuk kesehatan badan, karena pada dasarnya manfaat kencur yang merupakan bahan baku pembuatan beras kencur memiliki kandungan yang baik bagi tubuh.
Manfaat Beras Kencur
(c) photobucket
Khasiat beras kencur salah satunya adalah sebagai obat saat Anda kelelahan. Selain itu beras kencur juga berkhasiat untuk menghilangkan masuk angin. Selain itu dalam jamu beras kencur terdapat vitamin B yang berasal dari beras sehingga baik untuk kondisi disaat lapar. Kegunaan beras kencur bagi masyarakat Indonesia adalah sebagai ramuan atau minuman herbal tradisional. Beras kencur adalah jamu yang terbuat dari campuran beras dan kencur yang ditumbuk halus dan ditambahkan air. Berikut adalah manfaat beras kencur bagi kesehatan.


Manfaat beras kencur


  1. Obat Sakit Maag
    Untuk mengobati sakit maag, Anda bisa memanfaatkan kegunaan beras kencur untuk menobati nyeri pada lambung Anda. Buatlah jamu dari beras dan kencur. Cara pembuatannya adalah tumbuk halus segenggam beras dan 1 rimpang kencur, tambahkan gula merah sebagai pemanis kemudian seduh dengan air panas. Setelah itu saring ramuan herbal beras kencur. Anda boleh minum beras kencur dalam keadaan masih hangat, minimal satu hari satu kali.

  2. Mengatasi Perut Mulas
    Tidak jauh berbeda dengan teknik pengobatan sakit maag dengan menggunakan beras kencur. Untuk mengobati perut mulas yang mungkin disebabkan ada permasalahan dalam perut Anda atau mungkin karena masuk angin, Anda bisa membuat obat herbal dari beras kencur. Cara yang digunakan sama persis dnegan pemakaian beras kencur untuk mengobati sakit maag. Beras kencur juga baik untuk Anda yang sedang mengalami perut kembung. Fungsi beras kencur adalah meredakan perut yang bermasalah, karena beras kencur menghangatkan badan dan mampu mengusir masuk angin.

  3. Meredakan Sariawan
    Untuk mengobati sariawan pada mulut Anda, Anda bisa menggunakan kencur sebagai obat. Anda cukup menyediakan satu rimpang kencur sebesar ibu jari, kemudian kupas kencur sampai bersih dan tempelkan pada bagian sariawan. Tunggu sampai beberapa detik. Lakukan pengobatan mandiri ini secara rutin selama sariawan masih berkembang. Alasan kencur bisa menyembuhkan sariawan adalah karena kencur memiliki rasa pedas dan kandungan vitamin C yang bisa mengobati sariawan secara herbal.

  4. Mengurangi Sakit Tenggorokan
    Anda bisa menggunakan beras kencur sebagai obat sakit tenggorokan seperti serka, hilang suara bahkan batuk. Pembuatan obat herbal dari beras kencur sama seperti pembuatan obat herbal untuk sakit maag. Anda cukup menumbuk halus semua rempah-rempah dan seduh dengan air panas. Sehingga untuk Anda yang hampir kehilangan suara akibat masuk angin bisa menggunakan beras kencur sebagai obat alami yang menyehatkan.

  5. Mengobati Migrain
    Beras kencur mampu mengobati penyakit migrain. Anda bisa merebus kencur kemudian meminum ramuan herbal dari kencur. Setelah itu dipastikan kepala Anda akan terasa lebih ringan.

  6. Mengobati Jerawat 
  7. Bagi Anda ayang memiliki permasalahan jerawat pada wajah Anda, Anda tidak perlu khawatir. Ramuan herbal beras kencur mampu menjadi obat jerawat. Anda cukup minum ramuan beras kencur dan biasanya jerawat akan hilang dalam beberapa hari. Jadi khasiat beras kencur tidak hanya untuk mengobati penyakit, namun juga bermanfaat untuk kecantikan wajah.


  8. Untuk Diet Sehat
    Jika Anda ingin menurunkan berat pada badan Anda secara alami, Anda bisa mengkonsumsi beras kencur setiap hari secara rutin hingga Anda mendapat berat badan ideal sesuai keinginan Anda.

Bagi kita masyarakat Indonesia, cukup mudah sekali mendapatkan beras kencur karena banyak yang menjual minuman tersebut di sekitar lingkungan kita terutama di perkotaan. Itulah manfaat beras kencur yang mungkin belum pembaca ketahui, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates: