9 Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Buah Sawo. Sawo adalah salah satu tumbuhan khas Indonesia yang memiliki bentuk bulat dan berwarna coklat, dibeberapa tempat atau daerah, buah ini sering pula disebut sawo manila. Rasa buah sawo matang cukup manis dan memiliki kandungan air yang cukup banyak. Manfaat sawo diantaranya adalah mengatasi sembelit, karena sawo adalah buah yang kaya serat sehingga bagus untuk pencernaan.
Manfaat Buah Sawo
(c) wikipedia
Selain itu fungsi sawo adalah mengatasi sariawa, buah sawo memiliki banyak nutrisi dan kandungan zat yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin C, mineral, vitamin A, vitamin E, kalium dan memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk mencegah radiasi bebas. Kegunaan sawo di masayarakat pada umumnya hanya sebagai buah yang bisa membberi asupan nutrisi vitamin C untuk tubuh. Banyak orang yang belum mengetahui mengenai khasiat sawo untuk mengobati beberapa penyakit dalam tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat sawo bagi kesehatan.



Manfaat Buah Sawo


  1. Kesehatan Mata
    Untuk menjaga kesehatan mata Anda, Anda bisa mengkonsumsi buah sawo matang untuk menjaga kesehatan mata Anda. Hal ini dikarenakan sawo memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk pertumbuhan dan kesehata mata Anda.

  2. Kesehatan Tulang
    Manfaat sawo diantaranya adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Rutin mengkonsumsi sawo matang bisa mencegah keropos tulang Anda, hal ini dikarenakan sawo memiliki kandungan kalsium, fosfor dan kalium yang baik untuk pertumbuhan tulang Anda.

  3. Kesehatan Kulit
    Manfaat sawo untuk kesehatan kulit bisa dijadikan untuk merawat kulit secara alami. Dalam buah sawo ternyata terdapat vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit Anda. Khasiat sawo untuk meremajakan kulit Anda bisa menjadi alternatif perawatan kulit tanpa memiliki efek samping dan kaya nutrisi.

  4. Mengobati Diare
    Apabila Anda mengalami diare, Anda bisa mengkonsumsi sawo matang untuk mengobati diare. Penggunaan sawo sebagai obat herbal tidak memerlukan banyak persiapan, Anda cukup mengkonsumsi sawo matang tanpa perlu merebus ataupun menumbuknya.

  5. Mengobati Radang Mulut
    Jika Anda memilik masalah radang di mulut, Anda bisa mengkonsumsi sawo matang sebagai penawar rasa sakit akibat radang. Selain itu manfaat sawo yang lain adalah untuk mengobati sariawan. Sawo mampu mengobati radang mult dan sariawan karena memiliki kandungan vitamin C yang kaya antioksidan.

  6. Untuk Ibu Hamil
    Salah satu manfaat sawo adalah untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Karena sawo memiliki kandungan sukrosa dan fruktosa yang baik untuk tubuh. Selain itu sawo juga bisa menjadi penawar rasa mual Anda saat melewati masa awal kehamilan.

  7. Mengobati Pendarahan Pada Luka
    Salah satu kandungan nutrisi yang terdapat pada sawo adalah kalium. Kalium berfungsi menghentikan pendarahan pada luka. Sehingga sawo sangat baik dikonsumsi untuk menambah zat nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh.

  8. Mencegah Virus dan Bakteri
    Sawo adalah buah yang kaya antioksidan. Hal inilah yang menjadikan sawo layak dikonsumsi karena bisa mencegah pertumbuhan virus dan bakteri dalam tubuh Anda. Selain itu sawo juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda.

  9. Mencegah Insomnia
    Kandungan nutrisi dalam sawo memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya untuk mencegah insomnia. Hal ini dikarenakan sawo memiliki banyak vitamin yang bisa membuat tubuh Anda lebih rileks. Jadi untuk Anda yang sering mengalami insomnia dan bahkan stress yang berlarut, Anda bisa mengkonsumsi sawo matang sebagai salah satu pilihan obat penghilang stres dan insomnia. 

Itulah beberapa khasiat buah sawo sebagai salah satu makanan sehat yang sudah tersedia di alam dalam bentuk buah untuk manusia, dengan mengkonsumsi sawo manila kita akan mendapatkan berbagai macam kebaikan yang ada di dalamnya untuk tubuh kita.

Subscribe to receive free email updates: