5 Manfaat Bunga Kenanga Bagi Kesehatan

Manfaat Bunga Kenanga. Bunga kenanga adalah bunga yang cukup cantik dengan warna putih kekuningan yang biasa digunakan oleh penduduk Indonesia sebagai wewangian. Selain itu fungsi bunga kenanga adalah sebagai sesajian bagi orang yang masih menganut agama Hindu. Selain itu dalam di dunia bisnis terutama bisnis pewangi badan, bunga kenanga juga biasa diamnfaatkan sebagai bahan campuran parfum. hampir sama dengan jenis bunga lainnya seperti bunga mawar, bunga rosella, bunga pepaya dan bunga melati yang mempunya kandungan zat sebagai salah satu bahan alami untuk mengobati penyakit.
Manfaat Bunga Kenanga
(c) wikipedia
Kegunaan bunga kenanga yang lainnya adalah untuk pelengkap prosesi siraman untuk pengantin ditanah jawa. Mereka biasa menggunakan bunga kenanga sebagai campuran air siraman yang akan dibasuhkan pada pengantin. Namun tahukah Anda bila bunga kenanga ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan ?. Dalam artikel kali ini penulis memberitahukan beberapa manfaat bunga kenanga untuk kesehatan, terlebih banyak zat gizi penting dalam bunga kenanga yang baik untuk mengatasi beberapa penyakit. Seperti dikutip dari khasiatbuah.com, berikut adalah beberapa manfaat bunga kenanga.


Manfaat Bunga Kenanga


  1. Mengobati Bronkitis
    Untuk Anda yang telah divonis menderita penyakit bronkitis ada baiknya untuk mencoba mengkonsumsi bunga kenanga sebagai obat herbal untuk menyembuhkan penyakit bronkitis. Cara membuat obat herbal dari bunga kenanga adalah dengan merebus bunga kenanga sampai mendidih dan Anda bisa mengkonsumsi sari bunga kenanga setelah disaring dan diminum sehari satu kali.

  2. Obat Sesak Napas
    Bila Anda sering mengalami sesak napas, Anda bisa mencoba ramuan bunga kenanga dan gula putih sebagai obatnya. Rebus bunga kenanga dan gula putih dengan ukuran satu sendok teh, setelah itu minum air rebusan 2 kali sehari untuk pagi dan sore. Dengan rutin mengkonsumsi sari bunga kenanga, sesak napas Anda akan bisa terobati.

  3. Menghilangkan Kudis
    Untuk mengobati penyakit kudis, selain bisa dengan menggunakan daun salam, bunga kenanga juga bisa menjadi alternatif herbal yang bisa Anda gunakan. Caranya adalah dengan menumbuk halus satu tangkai bunga kenanga dan dicampurkan dengan minyak goreng yang telah dipanaskan, setelah dingin, usapkan campuran minyak goreng dan bunga kenanga pada bagian yang terkena penyakit kudis secara merata.

  4. Mengobati Malaria
    Untuk mengobati malaria, cara membuat obat herbal dari bunga kenanga adalah dengan mengeringkan kuncup bunga kenanga. Setelah kuncup tersebut kering, barulah Anda merebus bunga kenanga dan meminumnya rutin. Jangan lupa untuk menyaring terlebih dahulu sari bunga kenanga. Cara ini cukup efektif untuk mengobati sakit malaria.

  5. Mengatasi Batuk
    Setelah beberapa manfaat bunga kenanga dibahas, pada poin 5 ini dibahas mengenai manfaat bunga kenanga untuk menobati batuk. Batuk kering maupun berdahak masa penyembuhannya sangatlah lama, berkisar selama satu bulan. Untuk itu bila and atidak ingin terganggu aktifitas kesehariannya, Anda bisa menggunakan obat herbal bunga kenanga sebagai obat. Caranya adalah dengan merebus bunga kenanga dan menyaring sarinya untuk diminum. Cara penyembuhan dengan bunga kenanga sangatlah mudah, terlebih lagi bunga kenangan adalah bunga yang cukup mudah dibudidayakan atau ditemukan. Sehingga Anda bisa menggunakan bunga kenanga sebagai apotek hidup untuk pekarangan rumah.

Demikian adalah manfaat bunga kenanga untuk mengatasi beberapa penyakit ringan, selain berfungsi sebagai wewangian, bunga kenanga juga memiliki manfaat untuk kecantikan tubuh manusia seperti untuk wajah, untuk kulit dan untuk jerawat. Tidak perlu Anda mengkonsumsi obat-obat kimia, cukup dengan memanfaatka apotek hidup seperti bunga kenanga akan membantu Anda dalam menyembuhkan beberapa penyakit.

Subscribe to receive free email updates: