7 Manfaat Bunga Kamboja Untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Kamboja. Bunga kamboja atau plumeria merupakan jenis tumbuhan yang banyak dijumpai di pemakaman. Bunga ini tidak memiliki hubungan dengan Negara kamboja karena bunga ini merupakan tumbuhan yang berasal dari benua Amerika Tengah. Bunga yang memiliki warna putih dengan kuntum berwarna kuning serta berbau harum ini dibawa oleh orang-orang Portugis dan Belanda hingga akhirnya menyebar ke wilayah-wilayah Indonesia. Dan dalam waktu terakhir, manfaat bunga kamboja mulai diperhitungkan sebagaimana halnya jenis bunga lain seperti bunga kenanga, bunga rosella, bunga mawar, bunga melati, bunga pepaya karena cukup baik digunakan sebagai obat herbal alami untuk kesehatan.
Manfaat Bunga Kamboja
(c) pixabay
Bagian-bagian bunga kamboja seperti akar, batang, daun, kulit dan getahnya mempunyai khasiat yang baik bagi kesehatan. Pada bagian getah misalnya, getah dari pohon kamboja mangandung senyawa triterpenoid amyrin, kauscuk, dammar, dan lupeol (sejenis karet) yang bermanfaat bagi tubuh. Sedangkan khasiat bunga kamboja sendiri adalah untuk mengatasi beberapa masalah kulit akibat infeksi ataupun bakteri. Untuk Anda yang ingin mengetahui mengenai manfaat kembang kamboja untuk tubuh manusia, sebagaimana dikutip dari deherba.com, berikut adalah beberapa manfaat bunga kamboja bagi kesehatan.


Manfaat Bunga Kamboja


  1. Mengobati Bisul
    Bunga kamboja dapat digunakan sebagai obat bisul. Terdapat dua cara untuk mengobatinya. Pertama, lemaskan daun dari bunga kamboja. Kemudian campurkan daun yang sudah lemas tersebut dengan minyak kelapa secukupnya. Setelah itu oleskan campuran daun dan minya kelapa tersebut pada bagian tubuh yang terdapat bisul. Ganti dengan daun yang lain setelah daun mengering. Cara kedua yaitu dengan menggunakan getah dari pohon kamboja. Ambil getah pohon kamboja, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang bisul.

  2. Mengatasi Bengkak
    Kamboja juga dapat digunakan dalam mengatasi bengkak. Dengan cara, merebus 1 sirap kulit dari pohon kamboja yang sudah ditumbuk dengan setengah teko air. Setelah air dan tumbukan kulit dari pohon kamboja mendidih, gunakan air tersebut untuk mengopres atau merendam bagian tubuh yang membengkak.

  3. Mengatasi Puru (frambusia)
    Manfaat lain dari bunga kamboja yaitu digunakan sebagai obat patek, puru (frambusia). Manfaat ini dapat diperoleh dengan cara menumbuk halus 2 sirap kulit pohon kamboja kemudian rebus dalam satu teko air. Setelah campuran kulit pohon kamboja dan air mendidih, gosok bagian tubuh yang luka atau gunakan air rebusan tersebut untuk mandi.

  4. Mengobati Kencing Nanah (Gonorrhea)
    Manfaat berikutnya dari bunga kamboja yaitu mengatasi kencing nanah atau Gonorrhea. Caranya yaitu dengan menggunakan 1 potong akar dari pohon kamboja yang sudah di cuci bersih. Akar tersebut kemudia di rebus dengan dua gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Minumlah air rebusan tersebut sebanyak satu gelas setiap harinya.

  5. Mengatasi Sakit Gigi
    Bunga kamboja juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi akibar dari gigi yang berlubang. Cara yang digunakan yaitu mengambil getah dari pohon kamboja. Kemudian, taruh getah tersebut pada kapas dan tempel dan tekan pada gigi yang berlubang.

  6. Menghilangkan Tahi Lalat
    Tahi lalat yang terdapat pada wajah seseorang bias membuat kecantikan atau ketampanan seseorang menjadi bertambah. Namun tak jarang juga terkadang tahi lalat juga dapat mengganggu seseorang sehingga tidak percaya diri. Orang yang terganggu dengan adanya tahi lalat pada wajahnya dapat menghilangkan tahi lalat menggunakan getah pohon kaboja. Getah pohon kamboja diambil dengan menggunakan kapas, lalu tempel pada bagian wajah yang terdapat tahi lalat. Apabila cara ini dilakukan rutin, maka tahi lalat yang dirasa mengganggu tersebut akan.

  7. Menghilangkan Kutil
    Cara menghilangkan kutil dengan menggunakan getah kamboja, sama dengan cara menghilangkan tahi lalat. Namun dalam menghilangkan baik tahi lalat maupun kutil hendaknya dilakukan dengan sangat hati-hati karena getah ini mempunyai sifat yang tajam dan memungkinkan bagian tubuh yang lain terinfeksi apabila terkena getah kamboja ini. 

Demikian adalah beberapa manfaat bunga kamboja. Selain baunya yang harum dan kaya akan kandungan vitamin E yang baik bagi kesehatan kulit, bunga ini menimbulkan sensasi lembab, lembut, setra menambah nutrisi bagi kulit dan menjaga elastisitas kulit kita.

Subscribe to receive free email updates: