6 Manfaat Jamur Tiram Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jamur Tiram. Kembali lagi dalam artikel yang penuh dengan informasi bermanfaat, khususnya mengenai jamur. Ada banyak sekali jenis jamur yang bisa kita temui di sekitar kita yang dapat di olah menjadi menu makanan, seperti jamur merang, jamur kuping, dan kali ini penulis akan mencoba membahas mengenai manfaat jamur tiram. Seperti namanya, jenis jamur yang masuk dalam kelas Homobasidiomycetes ini memiliki bentuk yang mirip seperti tiram, dengan warna putih cerah hingga ada juga yang berwarna krem.

Meskipun tempat tumbuhnya jamur tiram adalah di pohon-pohon yang telah lapuk, jamur ini tetap memiliki kaya fungsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Kegunaan jamur tiram yang paling penting adalah sebagai alternatif obat untuk mengatasi penyakit liver. Sebelum pada penjelasan yang lebih lengkap, perlu Anda ketahui mengenai pemanfaatan jamur tiram ini. Anda disaranakan untuk sangat berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Karena dikhawatirkan bila ada fungi lain yang tumbuh di sekitar jamur tiram bisa membuat Anda keracunan.
Manfaat Jamur Tiram
(c) pixabay
Namun Anda juga tidak perlu paranoid untuk mengkonsumsi jamur tiram. Banyak sekali khasiat jamur tiram bagi kesehatan karena pada dasarnya jamur adalah tumbuhan rendah kolesterol yang baik untuk dimakan, asal dengan cara memasak yang benar. Berikut adalah ulasan tentang manfaat jamur tiram untuk kesehatan yang dikutip dari deherba.com, yang mungkin bisa menjadi pengetahuan baru untuk anda.


Manfaat Jamur Tiram


  1. Menurunkan kolesterol
    Seperti yang telah disebutkan diparagraf atas bahwa jamur adalah makanan yang rendah kolesterol sehingga amat bagus bagi penderita kolesterol agar bisa menjadi asupan herbal nan sehat. Untuk Anda yang belum menderita penyakit kolesterol, jamur tiram juga mampu mencegah kolesterol tinggi. Jadi tidak ada salahnya Anda mulai memperhatikan nutrisi jamur tiram sebagai olahan sehat keluarga Anda.

  2. Antibakterial dan antitumor
    Dalam suatu penelitian, jamur tiram dipercaya mampu menghindarkan kita dari beberapa bakteri berbahaya dan penyakit tumor. Untuk lebih jelasnya, kandungan penting yang terdapat dalam jamur tiram adalah protein nabati, kalsium, asam amino, valun, vitamin C dan masih banyak lainnya. Zat penting inilah yang membawa kebermanfaatan jamur tiram untuk menghindarkan Anda pada beberapa penyakit berbahaya. Anda bisa mengolah jamur tiram dengan menu olahan sesuai selera Anda. Dengan catatan, Anda tahu benar cara memasaknya, sehingga tidak menjadi toksin dalam tubuh.

  3. Penghasil enzim
    Jamur tiram memiliki fungsi sebagai produsen enzim hidrolisis dan enzim oksidasi dalam tubuh, maka akan sangat baik dikonsumsi karena mamberikan pengaruh baik pada proses pembentukan energi tubuh. Tidak hanya pada saat Anda sedang melakukan kegiatan padat, melainkan juga pada saat Anda beristirahat.

  4. Membunuh nematoda
    Nematoda adalah sejenis cacing yang bisa masuk kedalam usus manusia dan merusak sistem pencernaan. Untuk itu sebagai penangkalnya adalah dengan mengkonsumsi jamur tiram, karena dipercaya jamur tiram mampu membunuh nematoda yang hidup liar di usus manusia.

  5. Mengurangi resiko jantung lemah
    Penyakit jantung sering terjadi karena adanya peredaran darah yang tidak lancar sehingga membuat produksi darah tersumbat dan mengakibatkan tekanan jantung tidak stabil. Mulai dari penyakit jantung lemah hingga koroner bisa terjadi. Untuk itu jamur tiram bisa menjadi pencegah terjadinya jantung lemah. Karena kandungan gizi dalam jamur tiram mampu menormalkan atau menstabilkan tekanan dan produksi darah dalam jantug.

  6. Mengatasi penyakit liver
    Penyakit liver lebih sering disebabkan karena sudah tidak berfungsinya hati sebagai penawar racun, sedangkan jamur tiram yang berfungsi sebagai antibakterial dan antitumor mampu menjadi penawar racun dalam tubuh. Oleh karena itu jamur tiram baik dikonsumsi oleh Anda dalam berbagai golongan usia, tentunya dengan syarat bahwa Anda tidak memiliki jenis penyakit yang melarang Anda untuk tidak mengkonsumsi jamur tiram.

Itulah manfaat jamur tiram buat kesehatan. Mengkonsumsi jamur tiram adalah baik untuk kesehatan, tentunya bagi Anda yang tidak memiliki pantangan, larangan atau bahkan alergi. Jika Anda ingin mengkonsumsi jamur tiram, perhatikan faktor kebersihan dan kesehatan. Jangan karena Anda ingin mengonsumsinya lantas Anda mengabaikan keselamatan diri Anda. Karena pada dasarnya jamur tiram terdapat dialam bebas dan jarang dibudidayakan.

Subscribe to receive free email updates: