Manfaat Jamur Merang Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Jamur Merang. Setelah sebelumnya penulis pernah membahas mengenai manfaat jamur kuping, pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas mengenai manfaat jamur merang. Jamur merang sering disebut sebagai kulat jumpang oleh orang aceh dan merupakan salah satu jenis spesies jemur yang bisa dikonsumsi dengan cara di masak terlebih dahulu. Jamur merang memiliki bentuk bulat putih yang hampir menyerupai sebuah telur, tapi jika sudah sedikit tua warnanya bisa berubah menjadi coklat bahkan sampai menjadi abu-abu. Karena bisa diolah dan dijadikan makanan, maka banyak petani yang membudidayakan jamur merang, untuk selanjutnya di jual ke pasar setelah panen.
Manfaat Jamur Merang
(c) wikipedia
Lalu apa saja khasiat jamur merang untuk kesehatan? Dalam artikel ini pembaca akan tahu banyak mengenai beberapa fungsi jamur merang untuk kesehatan, baik sebagai asupan nutrisi maupun untuk mengobati beberapa penyakit. Perlu pembaca tahu bahwa banyak sekali nutrisi penting yang terkandung dalam jamur merang, misalnya saja kandungan karbohidrat, protein, serat, lemak, kalsium, zat besi dan masih banyak lainnya. Zat-zat tersebutlah yang membuat jamur merang mampu menutrisi tubuh. Seperti dikutip dari tipscaramanfaat.com, berikut adalah manfaat jamur merang bagi tubuh yang perlu anda ketahui.


Manfaat Jamur Merang


  1. Sumber Protein
    Bagi Anda yang sedang dalam masa pertumbuhan atau anak Anda masih dalam usia emas, asupan jamur merang sangat bagus untuk mendukung tumbuh kembangnya. Hal ini dikarenakan banyak nutrisi penting yang bisa mendukung pertumbuhan tulang dan energi mereka. Misalnya saja kalsium yang bermanfaat dalam pembentukan tulang dan gigi dan kemudian didukung zat besi yang bermanfaat untuk menjaga kenormalan darah. Anda bisa memasak jamur merang kedalam berbagai menu olahan agar anak atau keluarga Anda menyukainya. Tidak harus rutin, namun setidaknya dengan membiasakan diri mengkonsumsi jamur merang dalam batasan normal, akan sangat mendukung kesehatan tubuh. Tak kalah dengan manfaat putih telur yang kaya akan kandungan protein, jamur merang juga merupakan sumber protein nabati yang bagus untuk memperbaiki sel-sel yang telah rusak dan menggantinya dengan sel yang baru. Dengan demikian pertumbuhan anak dan juga Anda akan berjalan optimal.

  2. Menurunkan Kolesterol
    Masih sama dengan kegunaan jamur kuping, yaitu jamur merang memiliki banyak khasiat untuk menurunkan kolesterol darah. Jamur merang berperan aktif untuk melawan lemak jahat yang mengakibatkan naiknya kolesterol dalam darah dan bisa memicu penyakit jantung. Konsumsilah jamur merang rebus dan biasakan mengkonsumsinya saat pagi hari. Dengan mencoba treatment ini, angka kenaikan kolesterol dalam tubuh Anda bisa berkurang. Daripada Anda harus mengkonsumsi obat setiap hari hanya untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda bisa mencoba cara alternatif yang cukup membantu, yaitu dengan mengkonsumsi jamur merang.

  3. Mencegah Kanker
    Kanker adalah penyakit berbahaya yang bisa menyerang siapa saja. Tidak peduli dengan usia ataupu jenis kelamin. Untuk itu Anda bisa mulai peduli dengan kesehatan Anda agar tidak terkena penyakit mematikan ini. Anda bisa mengkonsumsi jamur merang sebagai penangkal penyakit kanker. Kandungan serat dalam jamur merang juga bagus untuk sistem pencernaan Anda. Jadi tidak ada salahnya jika Anda mengkonsumsi jamur merang untuk makanan Anda dan keluarga. Ini hanyalah salah satu cara untuk mencegah kanker menyerang tubuh Anda.

Demikian adalah ulasan lengkap mengenai manfaat jamur merang untuk kesehatan tubuh dan jamur merang dapat menghindarkan diri kita dari beberapa penyakit seperti kanker. Ingat selalu bahwa mengkonsumsi sesuatu dalam keadaan berlebih juga tidak baik. Untuk itu konsumsi secukupnya dan jangan lupa untuk memasaknya hingga matang. Terlebih dengan kandungan vitamin C yang terdapat dalam jamur merang semakin membuat jamur ini memiliki banyak kegunaan dalam sistem metabolisme tubuh. Dan yang terakhir adalah jamur merang dipercaya mampu menaikan vitalitas seseorang.

Subscribe to receive free email updates: