10 Manfaat Daun Mangga Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Mangga. Mangga adalah salah satu tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Mangifera Indica termasuk dalam keluarga Mangifera serta anggota dari suku Anacardiaceae. Selain buahnya, pohon buah mangga juga disebut dengan pohon mangga. Pohon mangga dapat mencapai tinggi sekitar 10 sampai 40 m. Mangga berasal dari daerah perbatasan India dan Burma dan telah menyebar ke seluruh dunia. Perlu anda ketahui, bahwa cukup banyak sekali manfaat daun mangga untuk kehidupan kita, dan bisa pula dijadikan sebagai obat tradisional.

Kita bisa mengetahui pohon mangga dari ciri-ciri fisiknya. Ciri-ciri Pohon mangga yaitu memiliki bentuk yang cenderung tegak serta memiliki cabang yang kuat. Akar pohon mangga termasuk akar tunggang yang menancap kuat sampai ke dalam tanah. Pohon mangga memiliki daun yang lebat sehingga salah satu kegunaan daun mangga yaitu dijadikan pohon peneduh di halaman-halaman rumah.
Manfaat Daun Mangga
(c) morguefile
Jika hampir semua orang telah mengerti akan kandungan serta khasiat buah mangga, Daun mangga memiliki khasiat yang cukup ampuh bagi kesehatan. Meskipun banyak orang yang tidak tahu dan kadang merasa terganggu dengan daun mangga yang menyebabkan halaman kotor, namun ternyata daun ini bisa kita manfaatkan untuk kesehatan kita. Berikut ini adalah manfaat daun mangga bagi manusia dikutip dari manfaat.co.id, yang masih jarang diketahui oleh masyarakat.


Manfaat Daun Mangga


  1. Mengobati Diabetes
    Di dalam daun mangga terdapat kandungan tanin dan anthocyanin yang dapat membantu mengobati diabetes. Selain itu, daun mangga mengandung taraxerol-3beta serta etil asetat ekstrak. Zat tersebut bersinergi dengan insulin untuk mengaktifkan GLUT4 serta dapat menstimulasi sintesis oksigen.

  2. Menurunkan Resiko Hipertensi
    Daun mangga memiliki sifat hipotensi yang dapat membantu memperkuat pembuluh darah serta mengatasi varises. Disisi lain, daun mangga dapat membantu menormalkan tekanan darah sehingga membantu menurunkan darah tinggi.

  3. Mengatasi Kegelisahan
    Dengan menambahkan daun mangga yang telah dihancurkan dapat merilekskan badan sehingga membantu untuk meringankan kegelisahan.

  4. Masalah Pernafasan
    Anda menderita masalah pernafasan? Sudah bosan dengan obat kimia? Anda dapat mengatasinya dengan ramuan berikut ini. Rebuslah daun mangga dengan air minum lali tambahkan sedikit madu. Ramuan tersebut dapat membantu menyembuhkan masalah pernafasan, mengobati batuk serta mengembalikan suara yang hilang.

  5. Menyembuhkan Disentri
    Untuk menyembuhkan disentri, cukup merebus daun mangga yang telah dikeringkan lalu minumlah selagi hangat.

  6. Menghilangkan Nyeri Pada Telinga
    Anda dapat menyembuhkan nyeri pada telinga anda dengan menjadikan sari daun mangga yang telah dihangatkan untuk tetes telinga.

  7. Menyembuhkan Luka Bakar
    Untuk menyembuhkan luka bakar, anda hanya perlu membakar daun mangga sampai menjadi abu lalu taburkan pada daerah yang sedang terluka.

  8. Mencegah Cegukan
    Saat anda cegukan atau punya masalah tenggorokan, anda hanya perlu membakar sedikit daun mangga lalu hisap asapnya. Asap tersebut akan membantu menghilangkan cegukan dan masalah tenggorokan anda.

  9. Menguatkan Perut
    Ramuan yang terbuat dari daun mangga yang telah direndam dalam air hangat semalaman dengan menutup wadahnya dapat menguatkan perut anda agar terhindar dari penyakit perut. Yang perlu diingat adalah minum ramuan ini saat perut sedang kosong.

Setelah membaca ulasan di atas, masihkah anda meremehkan manfaat daun mangga? Daun mangga yang sering dibuang ternyata dapat membantu mengatasi masalah kesehatan anda. Untuk itu, manfaatkan daun mangga ini untuk obat buatan rumah.

Subscribe to receive free email updates: