5 Manfaat Daun Mint Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Mint. Daun mentha atau mint merupakan salah satu genus yang terbagi kedalam 25 spesies. Daun mint ini dapat ditemukan hampir di seluruh dunia. Daun mint merupakan salah satu tanaman yang unik karena memiliki sensasi rasa yang berbeda dari tanaman lainnya. Saat dikunyah, daun mint akan menghasilkan sensasi rasa dingin pada mulut kita, selain itu manfaat daun mint untuk tubuh cukup banyak sekali, karena di dalam daun mint terkandung zat yang baik untuk kesehatan.

Pada penggunaannya, khasiat daun mint adalah sebagai bahan utama maupun penambah rasa pada makanan, minuman, campuran pasta gigi hingga permen. Daun mint adalah rempah-rempah yang cukup popular di dunia ini. Selain itu, daun mint juga sering dimanfaatkan pada produk kosmetik serta obat-obatan, bahkan tak ketinggalan produk rokok juga banyak yang menggunakan sari dan rasa mint.
Manfaat Daun Mint
(c) pixabay
Kandungan dalam daun mint menjadi bukti bahwa daun mint memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. daun mint terdiri dari air, serat, protein abu serta karbohidrat. Selain itu, daun mint juga mengandung berbagai mineral yang cukup tinggi yakni kalsium, kalium, magnesium, mangan, natrium, tembaga, serta fosfor. Daun mint juga mengandung beberapa vitamin yakni vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin D serta mengandung asam amino yang sangat berlimpah. Seperti dikutip dari cakrawaladunia.com, berikut ini adalah manfaat daun mint.


Manfaat Daun Mint


  1. Menghilangkan minyak pada kulit
    Sejak puluhan tahun yang lalu, daun mint telah dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit yang berminyak. Menthol yang dihasilkan daun mint disebut-sebut mampu mengurangi sekresi minyak yang berasal dari kelenjar sebasea agar kulit terbebas dari minyak.

  2. Menghilangkan stres
    Minyak mint termasuk sebuah stimulant, dengan begitu daun mint berguna untuk mengobati depresi dan sakit kepala. Anda dapat menggunakan sabun atau pewangi ruangan yang beraroma mint atau memanfaatkan minyak mint dam dioleskan pada sarung bantal anda. Aroma mint tersebut akan membuat anda lebih rileks dan menenangkan fikiran anda.

  3. Menurunkan berat badan
    Daunt mint dapat anda gunakan untuk membantu program diet anda. Dengan mengkonsumsi daun mint yang mengandung mentol, membantu anda dalam melancarkan sirkulasi, meringankan kerja lambung, menghindari mual, mengobati keram serta membantu tubuh membakar lemak.

  4. Menyegarkan sistem pernafasan
    Aroma mint yang memiliki sensai dingin sangat cocok untuk dijadikan dekongestan pada hidung, tenggorokan, bronkus serta paru-paru karena daun mint memiliki aroma yang segar. Daun mint ini dapat membantu mengobati gangguan pernafasan seperti asma dan batuk.

  5. Menjaga kesehatan mulut
    Selain beberapa manfaat di atas, daun mint juga memiliki khasiat serta manfaat untuk mulut anda. Daun mint dapat dimanfaatkan untuk merawat kesehatan mulut anda, karena daun mint memiliki sifat anti kuman. Caranya mudah, anda hanya perlu mengunyah daun mint dan berguna untuk melawan pertumbuhan bakteri-bakteri berbahaya yang berada di dalam mulut, gigi serta lidah anda. 

Daun mentha atau sering disebut dengan daun mint selain berfungsi sebagai penambah rasa, ternyata memiliki khasiat serta manfaat bagi kesehatan manusia. pada dasarnya, daun mint memang sudah popular dan digemari masyarakat, baik mengkonsumsi langsung daunnya atau hanya rasa mint yang terdapat di berbagai makanan serta kebutuhan harian lainnya. Setelah membaca ulasan di atas, tentunya anda lebih mengerti bahwa akan manfaat dari daun mint. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: