5 Manfaat Daun Saga Rambat Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Saga. Daun saga rambat adalah salah satu tumbuhan liar yang dapat kita temukan di pinggiran jalan atau di pekarangan rumah. Daun saga rambat memiliki nama ilmiah (Abrus Precatoruis), karena naman yang sama terkadang orang masih rancu antara daun saga rambat dan pohon saga (Adenanthera Pavonina). Hal ini sebenarnya disebebkan karena orang-orang pada umumnya menyebut kedua tumbuhan tersebut dengan nama saga saja, disisi lain tidak banyak orang yang tahu persis mengenai manfaat daun saga rambat.

Entah karena mereka tidak tahu atau memang dianggap menggangu, daun saga rambat ini sering dibabat habis atau bahkan dibakar. Saga rambat termasuk jenis tanaman gulma dan tumbuh secara liar. Daun saga rambat dianggagap mengganggu tanaman yang sengaja ditanam maupun karena merusak keindahan. Khasiat daun saga rambat diantaranya adalah untuk mengobati sariawan dan penyakit lainnya.
Manfaat Daun Saga Rambat
(c) wikipedia
Namun alangkah lebih baik jika sebelum menghilangkan atau menganggap sesuatu tidak berharga, kita cari tahu terlebih dahulu kegunaan dari sesuatu tersebut. Seperti halnya daun saga ini, ternyata daun saga memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan manusia. Seperti penulis lansir dari kompasiana.com, berikut ini adalah manfaat daun saga rambat bagi kesehatan.


Manfaat Daun Saga Rambat


  1. Sebagai Obat Amandel
    Daun saga rambat ini dapat mengobati penyakit amandel anda. Cara mengobati amandel cukup dengan mengambil daun serta akar daun saga rambat ini. Setelah itu, cuci hingga bersih serta siapkan gula batu dan kayu manis. Kemudian rebus semua bahan herbal dengan 4 gelas air bersih dan sisakan air rebusan itu hingga menjadi setengah gelas. Saring air rebusan itu agar terpisah dari ampasnya. Minumlah ramuan ini dua kali seharai waktu pagi dan sore hari.

  2. Mengatasi Sariawan
    Anda terkena sariawan? Mungkin daun saga rambat ini bisa menjadi salah satu solusinya. Pertama-tama, petik daun langsung dari pohonnya dan tempatkan daun tersebut ditempat yang agak panas sampai daunnya menjadi layu. Langkah selanjutnya adalah cuci bersih dau yang telah layu tersebut lalu kunyah daun saga rambat itu sampai halus dan gunakan untuk berkumur. Setelah itu, muntahkan daun saga rambat tersebut.

  3. Mengobati Panas Dalam
    Ambil lima belas tangkai daun saga rambat kemudian cuci daun tersebut hingga bersih. Rebus daun tadi dengan dua gelas air hingga mendidih dan sisakan setengah gelas. Setelah dingin kemudian disaring, minum rebusan herbal daun saga rambat sekali sehari.

  4. Mengobati Batuk Kering
    Biasanya banyak orang tahi bahwa batuk bisa disembuhkan dengan manfaat jeruk nipis, namun tahukah anda bahwa batuk juga dapat diobati dengan daun saga. Caranya cukup mudah, ambil beberapa tangkai daun saga dan cuci daun tersebut hingga bersih. Siapkan juga daun asam dan kayu manis kemudian rebus semua bahan tadi dengan dua gelas air hingga mendidih dan sisakan air tesebut sebanayk setengah gelas. Minumlah ramuan tadi dua kali sehari dengan takaran sekali minum setengah gelas.

  5. Obat Bronchitis
    Daun saga rambat ini juga dapat membantu anda yang menderita penyakit bronchitis. Anda hanya perlu mengambil lima belas tangkai daun saga yang tentunya masih segar dan cuci bersih daun tersebut. Setelah itu rebus daun saga rambat tersebut dengan dua gelas air hingga menyisakan satu gelas air saja. Dinginkan lalu saring air rebusan tersebut. Minumlah ramuan ini dengan ketentuan satu gelas satu hari.

Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya anda lebih memahami bahwa tanaman saga rambat yang ada di sekitar anda ternyata memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan sesuatu dari alam karena terkadang sesuatu yang terlihat tidak berguna ternyata memiliki manfaat yang sangat besar layaknya daun saga rambat ini.

Subscribe to receive free email updates: