5 Manfaat Akar Pinang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Akar Pinang. Pinang adalah tumbuhan berjenis palma yang hidup di daerah Asia, Pasifik dan Afrika Timur. Pinang merupakan tumbuhan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia dan menjadi bahan yang sering diperdagangkan orang. Pinang memiliki nama yang berbeda-beda disetiap daerah di Indonesia misalnya Jambe di daerah Jawa, pineung di daerah Aceh dan orang Batak Toba menyebutnya dengan pining. Pohon pinang ini memiliki nama latin Areca Catechu dan memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan kelapa maupun pohon palem. Ciri-ciri itu yakni memiliki buah dengan cangkang yang berserabut, tinggi batangnya mencapai 7 hingga 9 meter dan batang yang tidak memiliki cabang adalah ciri khas dari tumbuhan jenis ini. Tahukah anda  bahwa manfaat akar pinang sebagai obat herbal cukup banyak? dan sudah digunakan sejak jaman dahulu untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Akar pinang dari jenis pinang itam, pada jaman dahulu digunakan untuk racun, sebagai senjata yang bertujuan untuk menyingkirkan musuh atau orang yang tidak disukai. Pelepah dari daun pinang yang seperti tabung dan dikenal dengan sebutan upih dimanfaatkan sebagai pembungkus kue-kue serta makanan. Umbutnya dimanfaatkan sebagai lalapan ataupun diolah menjadi acar. Batang dari tanaman pinang ini sering diperjual belikan, terutama di kota-kota besar yang ada di pulau Jawa dan menjelang perayaan Proklamasi kemerdekaan di jadikan sebagai bahan utama dalam lomba panjat pinang.
Manfaat Akar Pinang
(c) pixabay
Meskipun tidak seawet kayu-kayu yang lainnya, batang pinang dapat juga dimanfaatkan sebagai perkakas atupun pagar. Dengan batang pinang tua yang sudah dibelah dan dibuang bagian tengahnya, pinang juga dapat dimanfaatkan sebagai saluran air. Selain dibuat perkakas, tanaman ini juga dapat dijadikan hiasan atau ornament untuk di dalam maupun luar ruangan. Begitu banyak khasiat akar pinang dan bagian tumbuhan pinang yang lain, sehingga tanaman ini memiliki multifungsi untuk kegiatan dan kebutuhan manusia. Seperti penulis kutip dari wikipedia, berikut merupakan manfaat akar pinang untuk kesehatan yang mungkin belum anda ketahui.


Manfaat Akar Pinang


  1. Mengobati sakit pinggang
    Di pedesaan, orang-orang memanfaatkan pinang untuk mengobati sakit pinggang ataupun pegal-pegal. Caranya adalah dengan mengambil beberapa suing akar pohon pinang dan dikeringkan dengan cara dijemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering. Kemudian akar pinang tersebut direbus bersamaan dengan buah pinang maupun dengan tambahan ramuan lainnya. Setelah mendidih, angkat ramuan tersebut dan minum selagi hangat sebagai jamu untuk mengobati sakit pinggang.

  2. Mengobati penyakit difteri
    Akar pinang ini mampu dijadikan obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit dalah satunya adalah penyakit difteri. Difteri merupakan penyakit yang yang disebabkan oleh bakteri. Caranya adalah dengan mengeringkan akar pinang lalu direbus dengan dua gelas air. Setelah menyisakan satu gelas air, kemudian tambahkan madu untuk menambah rasa. Minum ramuan tersebut secara rutin guna menyembuhkan penyakit difteri.

  3. Menghilangkan kudis
    Meskipun sekarang ini terdapat berbagai macam obat untuk mengobati kudis, alangkah baiknya jika kita mengobati penyakit tersebut menggunakan cara yang alami. Nah, anda bisa menggunakan akar pinang sebagai salah satu obat guna menyembuhkan penyakit kudis tersebut. Caranyapun cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan akar pinang yang terlebih dahulu telah dikeringkan. Campur serbuk akar pinang dengan ¼ sendok the kapur sirih dan tambahkan air secukupnya. Aduk campuran serbuk akar pinang hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pasta tersebut pada bagian yang terkena penyakit kudis.

  4. Meningkatkan gairah
    Akar pinang ini juga bermanfaat untuk meningkatkan gairah pria karena akar pinang mengandung arkeolin. Anda hanya perlu merebus akar pinang dengan dua gelas air bersih sampai menyisakan setengah airnya. Saring air rebusan itu dan anda tinggal meminumnya. Dianjurkan untuk meminum ramuan ini dua jam sebelum melakukan hubungan intim dengan pasangan anda.

  5. Mengecilkan Rahim
    Bagi para wanita yang ingin mengecilkan rahimnya pasca melahirkan dapat memanfaatkan akar pinang ini. Caranya sama dengan membuat ramuan untuk menambah gairah dan diminum secara rutin sampai Rahim anda kembali normal.

Bagaimana pembaca ? Menarik bukan pembahasan mengenai manfaat akar pinang ini ? Hanya dengan akar tanaman saja, Anda bisa memperoleh kesehatan secara natural. Akar pinang yang mungkin dikira tidak memiliki manfaat ternyata justru menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan dan menyembuhkan beberapa penyakit. Baca juga tentang manfaat akar alang alang.

Subscribe to receive free email updates: