Manfaat Akar Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Akar Kelapa. Pohon kelapa, siapa yang tidak tahu mengenai pohon ini. Setiap orang di belahan bumi ini mengenal serta mengetahui pohon kelapa tersebut. Pohon yang setiap bagiannya dapat dimanfaatkan ini menjadi salah satu pohon yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Pohon kelapa ini memiliki nama latin cocos nucifera dan termasuk dalam anggota keluarga cocos dari suku aren-arenan atau areaceae. Pohon kelapa ini banyak ditemukan di daerah pesisir atau daerah pantai. Namun disisi lain di derah dataran tinggi juga terdapat pohon kelapa. Dan pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan informasi lengkap manfaat akar kelapa.

Memang benar bahwa bagian paling popular dari buah ini adalah bagian buahnya karena di dalam buah kelapa terdapat air yang sering disebut air kelapa, dan perlu anda ketahui manfaat air kelapa juga cukup banyak. Namun, akar, batang dan daunnya dapat dimanfaatkan bagi kehidupan manusia. Sudah umum diketahui bahwa buah kelapa ini memiliki khasiat bagi kesehatan manusia. Buah kelapa sering dijadikan penawar racun atau untuk menghilangkan dehidrasi. Kelapa sendiri diperkirakan berasal dari pesisir samudera Hindia di bagian sisi benua Asia. Namun kini tumbuhan ini telah ada hampir disemua pantai tropika diseluruh dunia.
Manfaat Akar Kelapa
(c) pixabay
Akar kelapa juga sering digunakan untuk membuat perabotan dan menjadi salah satu bahan baku pembuatan minuman jenis bir. Lalu, apakah akar pohon kelapa dapat berguna bagi kesehatan manusia? Jawabannya adalah memang akar pohon kelapa ini juga memiliki khasiat bagi kesehatan Meskipun akar kelapa ini memiliki khasiat bagi kesehatan namun nyatanya, masih banyak orang yang tidak mengetahui tentang khasiat dari akar tersebut. Masyarakat tepi pantai sering menggunakan akar kelapa untuk mengobati penyakit kelamin. Di China, kegunaan akar kelapa adalah untuk menciutkan selaput lendir, obat penahan pendarahan wasir dan dapat memperbaiki aliran darah pada tubuh.

Tentang Akar Lainnya :

Di kawasan indocina, akar kelapa ini dipercaya dapat menurunkan demam, peluruh kencing pada pengobatan penyakit blennorrhea atu kelebihan lender akibat menderita penyakit kelamin, obat untuk penyakit liver dan mengobati bronchitis. Maurafe beserta rekan-rekannya dalam Journal Science Food Agricultural pada tahun 1987 menegaskan bahwa, akar kelapa mengandung karbohidrat protides, lipid, asam lauric, myristic serta coprylic. Asam laurie sendiri adalah asam yang mudah dicerna menjadi sumber energi serta memperlihatkan antimikroba lipid monolourin yang dapat menguatkan kekebalan tubuh manusia. Sebagaimana dilansir dari caramanfaat.com, berikut ini adalah beberapa manfaat akar kelapa untuk kesehatan.


Manfaat Akar Kelapa


  1. Mengobati penyakit kulit
    Akar kelapa mampu mengobati penyakit kulit serta menghilangkan gatal di celah jari kaki anda. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengambil akar kelapa kira-kira 2 atau 3 inci lalu rebuslah dengan air bersih. Kemudian minumlah air rebusan dari akar kelapa tersebut satu gelas setiap pagi secara rutin dalam jangka satu minggu.

  2. Sebagai obat demam dan mencret
    Anda sedang demam atau mencret? Anda sudah bosan dengan mengkonsumsi obat-obatan? Tenang, anda dapat menggunakan akar kelapa ini sebagai obat. Caranya cukup mudah, yaitu denga mengambil sekitar 15 g akar kelapa lalu rebus dengan satu gelas air bersih kurang lebih selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusan tersebut dan minumlah sampai habis. Lakukan secara teratur sampai penyakit anda hilang.

Itulah sedikit ulasan tentang khasiat akar kelapa. Memang sedikit disayangkan karena masih banyak orang yang tidak tahu mengenai khasiat dari akar kelapa ini. Padahal, akar kelapa ini dapat menggantikan obat-obatan kimia yang tentunya memiliki efek samping bagi tubuh kita. Semoga artikel tentang manfaat akar kelapa ini bisa berguna untuk kita semua.

Subscribe to receive free email updates: