Manfaat Daun Sukun Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Sukun. Sukun (Artocarpus altilis) adalah salah satu jenis pohon yang memiliki buah. buah dari sukun juga disebut dengan sebutan yang sama yakni sukun. Daging buah sukun memiliki tekstur yang empuk, di Eropa buah ini disebut buah roti atau breadfruit karena daging buahnya mirip dengan roti apabila telah dimasak.

Bagi masyarakat Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan sukun. Buah yang satu ini memang memiliki rasa yang khas jika digoreng atupun direbus. Selain itu, sukun juga nikmat apabila dijadikan keripik. Sukun menjadi makanan favorit bagi sebagian orang karena harganyapun cukup murah, bukan hanya pada buahnya saja, ternyata manfaat daun sukun juga cukup banyak dan tak kalah dengan buahnya.
Manfaat Daun Sukun
(c) :pixabay
Berikut dibahas beberapa manfaat daun sukun dari sumber kutipan infoguna.com. Perlu Anda ketahui bahwa ternyata selain buah sukun memiliki rasa yang nikmat, daun sukun juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan daun sukun sangat berguna bagi kesehatan. Kandungan-kandungan yang ada di dalam daun sukun tersebut diantaranya polifenol, senyawa asam hidrosionat, zat tanin, quercetin serta artoindosionin. Quercetin dan artoindosionin merupakan senyawa turunan dari flavonoid dan bersifat antioksidan dan sering digunakan sebagai obat-obatan. Khasiat daun sukun adalah sebagai berikut.


Manfaat Daun Sukun


  1. Menjaga kesehatan ginjal
    Jika anda ingin menjaga kesehatan ginjal anda, anda dapat memanfaatkan daun sukun sebagai suplemen bagi ginjal anda. Caranya cukup mudah, ambil daun sukun secukupnya lalu bersihkan. Kemudian rebus daun sukun tersebut dengan air hingga mendidih. Minum ramuan daun sukun tersebut 1 gelas sehari secara rutin untuk menjaga ginjal anda agar tetap sehat dan berfungsi dengan maksimal.

  2. Mengobati penyakit jantung
    Jika anda menderita penyakit jantung, mungkin daun sukun bisa menjadi salah satu solusinya. Dengan kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun sukun maka daun sukun dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah anda. Caranya cukup dengan menyediakan 1 lembar daun sukun yang telah tua dan baru saja dipetik dari pohonnya. Cuci daun tersebut hingga bersih lalu jemur daun sukun hingga kering. Setelah kering, rebus daun sukun tadi dengan 5 gelas air hingga mendidih dan air rebusan tinggal bersisa setengahnya. Tambahkan air minum hingga kembali menjadi lima gelas, saring lalu minum ramuan ini secara rutin.

  3. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
    Daun sukun juga sangat berguna dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh anda. Anda hanya perlu menyeduh segenggam daun sukun yang telah dikeringkan serta dibangle. Caranya sama dengan membuat teh lalu minum ramuan tadi secara teratur.

  4. Mengobati penyakit kanker
    Selain beberapa khasiat di atas, daun sukun juga sangat berguna dalam mencegah peradangan (inflamasi). Dari beberapa sumber yang dapat dipercaya, daun sukun memang telah terbukti dalam mencegah inflamasi. Untuk mencegah inflamasi dengan daun sukun, anda hanya perlu mengambil 1 lembar daun sukun yang telah tua langsung dari pohonnya lalu cuci bersih dan kemudian dijemur hingga kering. Rebus daun sukun yang telah kering tersebut dengan 5 gelas air bersih hingga mendidih dan air bersisa setengahnya. Sebelum disaring, tambahkan air hingga air kembali seperti semula yaitu 5 gelas. Minum ramuan ini kurang lebih selama satu bulan untuk membantu anda mencegah kanker yang dapat menyerang anda. 

Bagaimana tanggapan anda tentang khasiat daun sukun ini? Cukup mengejutkan bukan? Mengingat khasiat serta manfaat daun sukun masih sangat jarang diketahui oleh masyarakat. Sesuatu yang tidak terlihat manfaatnya seperti daun sukun ini justru memiliki manfaat yang sangat berguna bagi manusia. semoga informasi tersebut berguna dan mampu mengatasi masalah kesehatan anda.

Subscribe to receive free email updates: