5 Cara Mengobati Encok Secara Alami

Cara Mengobati Encok. Encok, seperti yang kebanyakan orang ketahui bahwa encok adalah penyakit yang sering menyerang masyarakat Indonesia, khususnya untuk mereka yang telah menginjak usia lanjut. Encok merupakan penyakit yang menyerang sendi manusia akibat menumpuknya asam urat dalam tubuh. Encok menyebabkan orang yang mengalaminya susah untuk melakukan berbagai kegiatan karena sakit menyerang. Encok menyerang sendi secara tiba-tiba, terkadang encok sembuh, namun terkadang kambuh lagi. Ada beberapa cara untuk menyembuhkan encok, namun cara mengobati encok secara alami bisa menjadi pilihan alternatif.
Cara Mengobati Encok
(c) wikipedia
Biasanya encok dialami mereka yang telah berusia diatas 40 tahun, encok bisa menyerang siapa saja tanpa membedakan jenis kelamin. Biasanya encok terjadi akibat pola hidup yang tidak baik. Hal ini bisa dipicu melalui makanan yang kurang sehat dan juga kegiatan yang terlalu padat.

Untuk itu kali ini kita sedang membahas bagaimana cara mengobati encok, mengingat yang menderita adalah para usia lanjut, kita sangat menganjurkan penderita untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi obat. Sebagaimana yang diulas dalam deherba.com, berikut adalah beberapa cara untuk menyembuhkan penyakit encok secara alami.

Cara Mengobati Encok


  1. Sayuran
    Sayuran adalah makanan yang wajib dikonsumsi oleh siapapun, termasuk untuk para penderita encok. Dalam kasus ini vitamin yang terdapat dalam sayuran mampu mengembalikan sendi yang normal dan juga menghilangkan asam urat berlebih. Anda bisa mengkonsumsi sayuran dengan berbagai cara. Misalnya saja membuat jus sayuran yang Anda sukai. Seperti jus wortel, jus mentimun, jus brokoli dan masih banyak lainnya. Anda juga bisa mengkombinasikan beberapa sayuran untuk di buat menjadi jus segar yang kaya manfaat. Hindari untuk menggunakan air dingin, dan kalau bisa jangan tambahkan gula, agar benar-benar terasa sari sayurannya.

  2. Ceri
    Buah ceri yang imut dan kecil ini ternyata memiliki manfaat dalam mengobati encok. Ceri bisa menjadi buah pilihan dalam mengurangi rasa sakit akibat tingginya asam urat dalam tubuh Anda. Anda bisa langsung mengkonsumsi buah ceri untuk dimakan. Pilihlah buah ceri segar, kemudian cuci bersih dan konsumsilah secara rutin satu hari sekali untuk menghilangkan rasa sakit yang Anda derita.

  3. Apel
    Buah apel yang kaya akan vitamin A dan vitamin C mampu menjadi buah pilihan dalam mengurangi rasa sakit encok. Anda bisa mengkonsumsi buah apel dengan cara dimakan langsung ataupun membuatnya menjadi jus yang segar. Pilihlah apel merah yang masih segar dan cuci bersih. Setelah itu makan lah sehari 2 buah apel secara rutin.

  4. Pisang
    Buah pisang yang manis dan kaya akan serat memiliki kemampuan untuk mengobati penyakit encok secara alami. Buah pisang yang dikonsumsi adalah jenis pisang buah yang telah matang. Anda bisa mengkonsumsi setiap hari dan sebanyak yang Anda suka. Dengan demikian zat-zat antibodi dalam pisang mampu membuat tubuh Anda lebih sehat dan menghilangkan rasa sakit akibat encok.

  5. Air putih
    Cara terakhir untuk mengobati penyakit encok secara alami adalah dengan memperbanyak minum air putih. Bila Anda mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak, itu berarti Anda meringankan kerja ginjal dalam menyaring zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh. Karena awal dari penyakit encok disebabkan karena kerja ginjal yang tidak maksimal sehingga terdapat banyak asam urat dalam tubuh.

Demikian adalah beberapa tips cara mengobati encok secara alami yang bisa Anda lakukan, selain itu tips diatas juga bermanfaat untuk mencegah penyakit encok.

Subscribe to receive free email updates: