Penyabab dan Cara Mengobati Sinusitis

Cara Mengobati Sinusitis. Penyakit Sinusistis biasanya disebabkan oleh peradangan pada sinus, dimana tulang di area hidung, kemudian pada bagian pipi dan mata yang dilapisi oleh membran yang menghasilkan cairan berbentuk lendir, dan biasanya lendir tersebut berguna untuk memberikan rasa hangat serta melembabkan udara yang masuk ke rongga hidung kita.
Cara Mengobati Sinusitis
(c) wikipedia
Saat terasa padat dan tidak mampu mengalir dengan benar, maka yang terjadi adalah lendir semakin menumpuk, mengendap dan memiliki potensi besar untuk terjangkiti infeksi. Sebelum kita menuju bahasan cara mengobati sinusitis, sangat diperlukan bagi kita untuk mengerti beberapa penyebab untuk infeksi sinus kronis.

Penyebab Penyakit Sinusitis

  • Konsumsi susu yang terlalu berlebihan seperti keju, susu berkadar gula tinggi
  • Alergi lingkungan
  • Rokok dan iritasi polusi
  • Alergi makanan
  • Infeksi gigi
  • Infeksi jamur di rongga sinus
  • Pertumbuhan berlebih dari jamur
  • Pilek dan gejala flu

Secara ilmu kedokteran perawatan khusus untuk mengatasi sinusitis dapat terdiri resep antibiotik, anti-inflamasi, termasuk steroid dan kebanyakan kasus yang harus bertindak sampai ke pembedahan. Disisi lain ternyata masih banyak cara alami dan tradisional yang digunakan untuk mengatasi penyakit sinusitis. Catatan penting yang harus diperhatikan adalah mereka yang menderita sinusitis harus mengurangi minuman seperti susu, keju, es krim, dan yogurt yang akan menolong dalam mengurangi produksi lendir dan memungkinkan penyakit sinusitis sembuh. Ada juga beberapa obat herbal dan homeopati, semprotan hidung dan cairan minyak aromaterapi yang dapat mengurangi pembengkakan sinus. Adapun cara mengobati sinusitis secara alami yang dipaprkan sebelumnya dari cara.autada.com, sebagai berikut.

Cara Mengobati Sinusitis


  1. Intensif Diet
    Selama infeksi konsumsi makan seperlunya saja, dengan lebih memilih pada sayur biji atau kacang-kacangan, termasuk lentil, yang mudah dimasak sebagai sayuran, sup berkuah, juga minyak bening yang dipres dingin. Cegahlah lendir dari sejenis makanan seperti produk kemasan tepung, telur ayam, coklat, gorengan yang berminyak dan olahan lainya. Minumlah air putih dalam jumlah banyak sebagai penyeimbang kualitas murni juga perlu.

  2. Campuran Herbal
    Sertakan cabe rawit, bawang merah tauapun bawang putih serta lobak dalam hidangan sup Anda, itu guna membantu melarutkan serta mengurangi lendir yang berlebihan. Terlebih obat kuat drainase adalah makan sesendok kecil hancur lobak dicampur dengan air dari jeruk nipis, dalam melakukan hal ini pastikan anda berada di dekat wastafel bila hidung Anda mulai mengeluarkan lendir. Di samping itu lobak sebagai pelengkap makanan juga dapat memberikan rilis cepat ke hidung.

  3. Menggunakan Neti pot
    Neti Pot sangat mirip dengan teko teh tetapi ujung neti pot lebih kecil yang cukup cocok dengan lubang hidung karena pot neti ini dirancang khusus untuk dipergunakan dalam pengobatan melalui hidung. Larutkan sekitar satu sendok teh garam laut dalam 2-3 gelas air yang hangat. Berdirilah di atas wastafel guna mengisi pot neti dengan satu cangkir air dan tempatkanlah ujung ceret menjadi satu pada lubang hidung. Posisikan kepala Anda ke arah samping sehingga hal ini bisa menjadi jalan air untuk melalui lubang hidung anda yang berlawanan. Maka dianjurkan untuk mengunakan air suling yang sehat, atau air minum kemasan yang sehat.

Demikian adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat mengalami sinusitis. Apabila Anda mengalami kejadian sinusitis mendadak, maka Anda tidak harus khawatir berlebihan, cukup beberapa langkah diatas, karena tips yang kami berikan bisa membantu Anda. Lakukanlah dengan benar. Semoga bermanfaat untuk Anda dan keluarga serta tetaplah hidup sehat.

Subscribe to receive free email updates: