5 Cara Mengobati Sembelit secara Alami

Cara Mengobati Sembelit. Sembelit adalah kelainan yang dialami karena kekurangan serat dalam organ dalam tubuh. Sembelit menyebabkan seseorang mengalami sakit bila mereka akan buang air besar. Dapat disimpulkan bahwa sembelit terjadi akibat sistem pencernaan yang kurang lancar. Dalam bahasan kali ini kita akan berbagi informasi mengenai cara mengobati sembelit.
Cara Mengobati Sembelit
(c) isigood
Sebelum lanjut pada penanganan sembelit, akan lebih baik apabila kita mengetahui penyebab terjadinya sembelit. Faktor pertama yang menyebabkan seseorang sembelit adalah makanan. Makanan yang rendah serat bisa menyebabkan seseorang mengalami sembelit. Misalnya saja jarang mengkonsumsi buah dan sayur yang tinggi serat, atau mungkin Anda sering mengkonsumsi obat-obat tertentu yang membuat Anda susah buang air besar. Karena penyalah gunaan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan organ dalam susah untuk menyerap beberapa nutrisi dan menghambat keluarnya fases, sehingga mengakibatkan sembelit.

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab sembelit, sekarang saatnya kita mengetahui cara mengatasi sembelit dari sumber tipscaramanfaat.com, yang akan membantu Anda bila Anda mengalami masalah saat buang air besar.

Cara Mengobati Sembelit


  1. Makanan berserat tinggi
    Untuk melakukan pencegahan terjadinya sembelit, mulailah cerdas dalam memilih makanan yang memiliki serat tinggi sehingga memudahkan sistem pencernaan untuk mengolah makanan dan membuang zat tidak berguna secara lancar. Dengan mengkonsumsi makanan berserat tinggi Anda ikut melancarkan proses dalam usus besar dan akan terhindar dari sembelit. Lalu makanan apa saja yang mengandung serat tinggi ? Seperti paparan diatas kita bisa tahu bahwa sayuran dan buah baik untuk sistem pencernaan.
  2. Sayuran
    Sayuran kaya akan vitamin dan memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi sayuran Anda sedang melakukan pencegahan terhadap sembelit. Mulailah membiasakan diri untuk mengkonsumsi sayuran untuk keluarga Anda, selain menu sehat hal ini juga sangat baik untuk kebutuhan nutrisi dalam tubuh.
  3. Biji-bijian
    Perlu dketahui bukan hanya sayuran dan buah yang punya serat tinggi, disis lain ternyata biji-bijian sejenis kacang-kacangan pun memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan dan kebutuhan sistem pencernaan tubuh. Anda bisa mengolah biji-bijian sebagai menu sehat ataupun mengkonsumsi biji-bijian dengan menu yang berbeda untuk mencegah terjadinya sembelit.
  4. Banyak minum air putih
    Air putih sebagai asupan utama mineral dalam tubuh manusia memiliki peran penting dalam mengobati sembelit. Air mampu melancarkan proses pembuangan fases dalam tubuh. Banyak-banyaklah minum air putih karena tubuh kita sangat memerlukan mineral, jangan biarkan tubuh Anda mengalami dehidrasi yang akan menyebakan sembelit dan tubuh menjadi lemas tidak bertenaga.
  5. Olahraga
    Setelah mengetahui beberapa cara untuk mencegah dan mengobati sembelit, maka sekarang yang bisa Anda lakukan adalah melakukan olahraga untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan tulang dan otot. Dengan melakukan olahraga maka sistem perdarahan darah dalam sistem pencernaan lancar dan tidak terganggu. Dan Anda akan terhindar dari susah buang air besar.

Sudah melakukan beberapa cara diatas namun tetap melangami sembelit ? Maka hal yang harus Anda lakukan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter untuk memeriksakan keadaan Anda. Dengan penanganan yang tepat, sembelitpun bisa segera diatasi. Sembelit, meskipun hanya masalah yang terjadi saat uang air besar namun sangat mengganggu mereka yang mengalaminya.

Demikian tips dari kita tentang cara mengatasi sembelit melalui cara-cara alami, semoga bermanfaat dan sembelit Anda bisa teratasi dengan baik. Tetap jaga pola makan sehat dengan rutin melakukan olahraga untuk mendapatkan tubuh sehat dan kuat. Hidup sehat dengan asupan nutrisi yang tepat.

Subscribe to receive free email updates: