7 Cara Mengobati Flu Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Flu. Apa yang biasa Anda lakukan saat Anda mengalami flu ? Minum obat generik atau langsung ke dokter ? Ya banyak hal yang bisa Anda lakukan saat Anda mengalami flu. Namun dalam bahasan kali ini kita akan membahas cara mengobati flu secara alami. Hal ini kita bagikan pada Anda agar Anda tahu beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat Anda flu, dan bahkan Anda bisa melakukannya sendiri.

Influenza atau yang biasa kita kenal dengan nama Flu adalah penyakit yang terjadi karena di sebabkan oleh virus RNA, virus ini biasanya menyerang Mamalia dan Unggas. Flu sangat mudah menjangkit mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Flu juga tidak memilih siapap yang akan dijangkitinya, dalam kata lain siapapun berpotensi terkena penyakit flu. Salah satu ciri orang yang terkena penyakit flu yaitu selalu bersin-bersin dan terkdang di sertai dengan batuk dan tak jarang juga dibarengi dengan suhu badan yang tinggi .
Cara Mengobati Flu
(c) pixabay
Penyakit flu biasanya dikarenakan cuaca yang tidak stabil dan juga daya tahan tubuh seseorang yang terus melemah. Sehingga virus yang bertebaran diudara akan dengan mudah masuk kedalam sistem imun kita tanpa mampu dicegah dan pada akhirnya kita mengalami sakit flu. Tapi And atidak usah khawatir karena kami akan membagikan tips cara mengobati flu secara alami tanpa menggunakan obat generik dan obat-obat kimia lainnya. Cara mengatasi flu secara alami yang didapat dari manfaat.co.id bisa Anda lakukan dirumah, mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Mau tahu apa saja tipsnya, berikut ulasannya.

Cara Mengobati Flu


  1. Minum Air Hangat
    Tips pertama dalam menangani flu secara alami adalah dengan minum minuman hangat, baik itu yang terbuat dari teh maupun jahe. Dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi kopi selama flu. Atau Anda bisa mengkonsumsi sari dari rempah-rempah tradisional seperti temulawak dan daun sereh. Beberapa rempah-rempah tersebut memiliki keunggulan dalam melawan virus yang menyebabkan flu. Selain itu dengan minum minuman hangat mampu menghangatkan badan Anda.

  2. Beristirahat
    Bila Anda mengalami flu, bisa jadi hal ini dikarenakan Anda kelelahan atas kegiatan Anda yang begitu padat. Sehingga sangat dianjurkan untuk Anda beristirahat secara total agar tubuh Anda beristiraat sejenak dan juga sel-sel Anda memiliki waktu untuk membenahi beberapa sel yang rusak. Perbanyaklah makan-makanan yang bergizi, karena makanan yang bergizi terutama yang mengandung protein mampu mengembalikan kesehatan tubuh. Jadi gunakanlah waktu Anda untuk tidur dan tidak melakukan kegiatan berat. Dengan demikian tubuh bisa beristirahat sejenak untuk memulihkan tenaga yang telah hilang.

  3. Mandi Dengan Air Hangat
    Bila Anda mengalami flu, maka tidak dianjurkan untuk mandi denga air dingin. Gunakanlah air hangat saat Anda mandi. Dengan demikian tubuh akan terasa lebih rileks. Mandi dengan air hangat menjadi salah satu solusi untuk mengobati flu secara alami, sehingga badan Anda akan kembali fit. Tubuh memerlukan keseimbangan suhu, jadi air hangat dalam kasus ini mampu memberikan keseimbangan temperatur dalam tubuh agar tubuh tidak demam akibat terkena flu.

  4. Banyak Minum Air Putih
    Cara selanjutnya untuk mengobati flu secara alami adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi air putih. Air putih mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan mampu meluruhkan racun-racun yang ada dalam tubuh. apabila Anda banyak minum air putih, biasanya Anda akan sering buang air kecil, nah pada momen seperti ini toksin yang tidak berguna dalam tubuh akan ikut terbuang. Dan manfaat dari air putih saat kita flu adalah mampu memberikan kesegaran pada organ dalam agar sistem metabolisme tidak lagi terganggu.

  5. Jahe Hangat
    Bila Anda mengalami flu, Anda bisa membuat jahe hangat sebagai minuman yang bisa menghangatkan badan Anda. Biasanya saat flu badan menggigil kedinginan, nah jahe hangat bisa menjadi penghangat badan yang mampu melindungi tubuh Anda. Cara membuat jahe hangat adalah dengan mencuci bersih jahe kemudian dikupas dan direbus dengan pandan. Aroma jahe dan pandan yang begitu nikmat bisa menjadi penghilang flu Anda. Anda bisa menambahkan madu dalam jahe hangat.

  6. Jeruk Nipis Hangat
    Selain jahe hangat, minuman yang bisa mengobati flu adalah jeruk nipis hangat. Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, sehingga baik untuk mempertahankan daya tahan tubuh. Dengan begitu tubuh Akan mendapat nutrisi yang cukup dan kesehatan Anda berangsur-angsur bisa pulih. Anda bisa menambahkan madu ataupun gula batu sebagai pemanis jeruk nipis hangat.

  7. Minyak Angin
    Bila Anda merasa masih kedinginan, oleskan minyak angin dibeberapa bagian tubuh, baik dileher, diperut, dan bagian lainnya. Dengan begitu tubuh akan lebih hangat. Sebaiknya Anda gunakan minyak angin sebelum beristirahat.

Baik, demikian adalah beberapa tips dari cara mengatasi flu secara alami yang akan sangat membantu Anda bila Anda mengalami flu. Anda tidak harus bergegas untuk mengkonsumsi obat-obatan, hal-hal yang telah disampaikan diatas bisa digunakan sebagai pertolongan pertama bila Anda mengalami flu dan keadaan Anda belum parah. Bila Anda telah melakukan cara diatas namun keadaan tidak membaik, maka Anda harus segera perika ke dokter terdekat.

Tetaplah hidup sehat dengan menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit yang beraneka macam penyakit. Cara alami sangat dianjurkan karena tidak mendatangkan efek buruk bagi kesehatan Anda dalam jangka panjang. Selalu jaga kesehatan, karena Anda akan merasakan kesehatan begitu berarti saat Anda mengalami sakit.

Cobalah untuk lebih bijak dalam hidup, bila Anda sakit, maka Anda tidak bisa melakukan kegiatan dengan maksimal, nah kalo sudah begini Anda juga kan yang rugi ? So tetep jaga kesehatan selagi muda, agar Anda bisa menikmati hidup tanpa harus diributkan dengan sederet penyakit yang mengganggu aktivitas Anda. Semoga sehat selalu dan bila Anda flu selamat mencoba cara alami diatas.

Subscribe to receive free email updates: