9 Manfaat Buah Cengkeh Untuk Mengobati Penyakit

Manfaat Buah Cengkeh. Cengkeh adaah salah satu jenis rempah-rempah yang tumbuh subuur di Indonesia. Cengkeh biasa digunakan untuk membuat bumbu makanan tradisional dan ramuan untuk membuat rokok. Selain beberapa kegunaan yang sudah saya sebutkan di atas, perlu Anda ketahui bahwa cengkeh juga bisa digunakan sebagai ramuan herbal alami untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Manfaat Buah Cengkeh
(c) pixabay
Dalam kesempatan kali ini kita akan menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan manfaat cengkeh dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun bentuknya kecil, cengkeh memiliki manfaat yang besar dan bisa menjaga kesehatan tubuh juga loh. Untuk itu simak terus bahasan mengenai manfaat buah cengkeh yang kita kutip dari manfaat.co.id yang kita rangkum menjadi manfaat buah cengkeh untuk kesehatan.


Manfaat Buah Cengkeh


  1. Cengkeh untuk Mengobati Sakit Gigi
    Manfaat buah cengkeh yang pertama adalah untuk mnegobati sakit gigi. Bila Anda mendeerita gigi sakit dan ingin segera sembuh, Anda bisa menggunakan cengkeh untuk dijadikan obat. Caranya pun cukup mudah, yaitu Anda cukup mengoleskan minyak cengkeh pada bagian gigi yang sakit atau gigi berlubang. Setelah itu diamkan beberapa saat kemudian rasakan hasilnya. Bakteri yang ada pada gigi Anda mati, karena cengkeh bersifat antibiotik.

  2. Cengkeh untuk Mencegah Peradangan
    Selain bermanfaat untuk menyembuhkan sakit gigi, cengkeh juga bermanfaat untuk mencegah peradangan. Yang dimaksud adalah peradangan pada sistem pernapasan. Cengkeh memiliki senyawa bernama flovanoid yang bermanfaat sebagai zat antiinflamsi yang berguna mencegah radang pada tubuh terutama radang pada tenggorokan. Dengan demikian sakit pada tenggorokan Anda bisa sembuh dan sistem pernapasan kembali lancar.

  3. Cengkeh untuk Mengatasi Mual dan Muntah
    Bila Anda sering mengalami mual dan muntah, Anda bisa menggunakan cengkeh sebagai obatnya. Caranya pun mudah yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh pada perut Anda.

  4. Cengkeh untuk Mengobati Pilek
    Nah pilek adalah penyakit yang sering kali kita temukan, meskipun Cuma pilek, tapi sering membuat tubuh kita lemas dan terasa tidak berenergi. Nah cengkeh ternyata bisa dijadikan sebagai obat pilek yang ampuh loh. Caranya dengan mencampurkan minyak cengkeh dengan madu kemudian diminum, efek hangat akan membuat badan Anda lebih stabil dan pada akhirnya Anda bisa sembuh dari pilek.

  5. Cengkeh untuk Menjaga Sistem Pencernaan
    Salah satu manfaat cengkeh adalah untuk menjaga kesehatan pencernaan, cengkeh bisa menjadi zat yang menyehatkan organ pencernaan, namun penggunaan cengkeh tidak boleh dalam jumlah banyak karena bisa menyebabkan lambung Anda iritasi.

  6. Cengkeh Menjaga Tubuh Agar Tetap Hangat
    Bila Anda kedinginan, Anda bisa menggunakan cengkeh untuk menghangatkan tubuh. Cengkeh bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap hangat. Caranya dengan mengoleskan minyak cengkeh pada bagian yang kedinginan.

  7. Cangkeh Untuk Mengatasi Sinusitis
    Penyakit sinusitis adalah penyakit yang terdapat dihidung, selain itu mengganggu sistem pernapasan Anda. Jadi bila Anda menderita penyakit sinusitis, Anda bisa menggunakan cengkeh sebagai jamunya. Caranya dengan memberikan bubuk cengkeh pada hidung Anda.

  8. Cengkeh Untuk Meredakan Batuk
    Bila Anda batuk-batuk, gunakanlah cengkeh sebagai obatnya. Caranya adalah dengan minum bubuk cengkeh, cara ini dirasa mampu untuk menghilangkan bakteri dan penyakit akibat batuk.

  9. Cengkeh Mampu Menyehatkan Jantung
    Manfaat buah cengkeh yang terakhir adalah mampu menyehatkan jantung. Beberapa kandungan dalam buah cengkeh bisa membuat jantung lebih sehat dan bekerja lebih optimal.

Demikian adalah manfaat buah cengkih untuk kesehatan yang bisa Anda gunakan sebagai referensi baru dalam dunia jamu tradisional. Gunakan seperlunya saja dan jangan berlebihan.

Subscribe to receive free email updates: