Manfaat Daun Cengkeh Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Cengkeh. Cengkeh, tanaman yang sudah tidak asing bagi penduduk Indonesia ini memiliki banyak kegunaan dari buah dan daunnya. Setelah kita paparkan mengenai manfaat buah cengkeh pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan membahas manfaat daun cengkeh.
Manfaat Daun Cengkeh
Daun cengkeh memiliki kandungan senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain bisa mengobati beberapa macam penyakit, daun cengkeh bisa juga digunakan sebagai pewangi pakaian. Untuk itu yuk simak manfaat daun cengkeh untuk kesehatan yang telah kita kutip dari manfaat.co.id. Inilah  manfaat daun cengkeh yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit.


Manfaat Daun Cengkih


  1. Infeksi Pernapasan
    Manfaat pertama daun cengkeh adalah untuk mengobati infeksi yang ada didalam saluran pernapasan. Daun cengkeh mampu melancarkan proses pernapasan dan menghilangkan lendir yang sering menghambat pernapasan. Untuk itulah daun cengkeh bagus untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki masalah saluran pernapasan.

  2. Mengobati Sakit Gigi
    Manfaat daun cengkeh selanjutnya adalah untuk mengobati sakit gigi. Sakit gigi yang diakibatkan oleh kuman karena kita yang tidak menjaga kebersihan bisa diatasi dengan menggunakan daun cengkeh. Langkah mudahnya adalah dengan mengambil beberapa lembar daun cengkeh kemudian disangrai dan dihaluskan. Setelah itu taburan bubuk daun cengkeh Anda letakkan di bagian gigi yang sakit.

  3. Menghilangkan Kuman
    Selain menyembukan penyakit gigi dari kuman dan bakteri, daun cengkeh memang memiliki kegunaan untuk menghilangkan kuman dalam tubuh. Dalam daun cengkeh terdapat zat yang bernama eugenol yang bersifat antiseptik. Sehingga daun cengkeh sangat bagus digunakan untuk membersihkan tubuh dari kuman. Untuk membersihkan tubuh dari kuman caranya adalah rebus beberapa lembar daun cengkeh kemudian Anda campurkan air daun cengkeh kedalam air yang akan Anda gunakan untuk mandi dengan perbandingan 1:4. Dengan demikian Anda mandi dengan air rebusan aun cengkeh agar tubuh Anda terbebas dari bakteri.

  4. Pewangi Pakaian Alami
    Daun cengkeh ternyata bisa menjadi pewangi untuk pakaian. Daun cengkeh berguna untuk menghilangkan bau tidak sedap pada baju Anda. Dengan begitu Anda bisa memanfaatkan daun cengkeh sebagai pewangi agar baju Anda tetap wangi. Cara menggunakan daun cengkeh untuk pewangi pakaian adalah dengan menaruh daun dan batang cengkeh pada lemari baju kemudian ganti selama 4 atau 5 hari sekali. Bau yang ditimbulkan dari daun dan batang cengkeh ini bisa menjaga baju Anda dari bau tidak sedap.

  5. Menghilangkan Noda Bekas Jerawat
    Manfaat daun cengkeh yang terakhir adalah untuk menghilangkan bekas atau noda jerawat. Setelah kita membahas mengenai kandungan antiseptik yang terdapat pada daun cengkeh, hal ini juga bermanfaat untuk menghilangkan noda akibat jerawat. Jadi untuk Anda yang ingi terbebas dari bekas jerawat bisa menggunakan daun cengkeh sebagai solusinya. Caranya pun mudah dengan merebus daun cengkeh kemudian Anda basuhkan rebusan daun cengkeh ke bagian yang terdapat bekas jerawat. Lakukan perlahan dan rutin. Maka hasilnya adalah wajah bersih tanpa noda.

Demikian adalah kelima manfat daun cengkeh untuk kesehatan, pengobatan dan kecantikan. Bila Anda ingin menggunakan daun cengkeh sebagai obat, pertimbangkan terlebih dahulu dengan berkonsultasi langsung pada dokter atau ahli medis. Sehingga keamanan dan kesehatan Anda tetap terjaga. Semoga tips yang kami sajikan mengenai manfaat daun cengkeh bisa menjadi referensi dan isnpirasi Anda untuk tetap bergaya hidup sehat.

Subscribe to receive free email updates: