10 Manfaat Kol Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Kol Untuk Tubuh. Kubis atau kol adalah sayuran yang menjadi primadona masyarakat Indonesia, kol bisa diolah dalam berbagai macam jenis makanan lezat khas Indonesia. Selain karena rasanya yang enak, kol ternyata memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.
Manfaat Kol
(c) pixabay

Kandungan apa saja yang terdapat didalam kol ? tahukah Anda bahwa kol kaya dengan mineral dan air. Kol juga memiliki nutrisi vitamin, mulai vitamin A dan B, zat besi, kalium dan masih banyak lainnya. Nutrisi tersebut yang membantu tubuh dalam menjaga keseimbangan dan kelancaran metabolisme. Tanpa menunggu lama, mari kita simak manfaat kol dari sumber wikipedia, agar Anda tahu manfaat apa saja yang bisa Kita peroleh dari mengkonsumsi kol.

Manfaat Kol


  1. Pembentukan Eritrosit
    Kol memiliki zat besi yang cukup tinggi dna hal ini pula yang menyebabkan kol membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah atau ertrosit. Bila anda kekurangan darah merah, Anda bisa mengkonsumsi kol dengan berbagai jenis menu yang Anda sukai. Selain menambah jumlah eritrosit, kol bisa mencegah terjadinya anemia.

  2. Mencega Kanker
    Dalam beberapa studi kasus dan penelitian, terbukti bahwa kol adalah sayuran yang bisa mencegah terjadinya kanker. Terutama kanker payudara, jadi bila anda mengkonsumsi kol itu berarti Anda dalam proses pecegahan kanker agar tidak menyerah tubuh.

  3. Mengontrol Darah Tinggi
    Sesuai dengan uraian diatas, bahwa kol memiliki kandungan kalium yang baik untuk tubuh. Dalam hal ini kalium berperan dalam mengontrol hipertensi. Bagi penderita tekana darah tinggi Anda bisa mengonsumsi kol sebagai penurunan tekanan darah tinggi.

  4. Kaya Vitamin C
    Kol juga memiliki vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Kol bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit, khususnya untuk kaum perempuan. Bila Anda ingin merawak kesehatan dan kecantikan kulit wajah dan tubuh, Anda bisa mengonsmsi kol rutin, namun dalam jumlah normal.

  5. Menurunkan Berat Badan
    Tahukah Anda bahwa kol bisa menurunkan berat badan ? hal ini dikarenakan kol tidak mengandung banyak lemak dan kalori. Kol hanya memiliki nutrisi seperti mineral dan vitamin. Oleh karena itu kol sangat cocok dijadikan menu makan bagi Anda yang sedang dalam proses diet sehat.

  6. Detoks tubuh
    Kol merupakan detoks alami untuk tubuh. Mengapa hal ini bisa terjadi ? kol memiliki senyawa vitamin C yang berguna untuk melindungi tubuh dari bakteri dan infeksi virus, selain itu kol bisa mencegah beberapa penyakit.

  7. Kesehatan otak
    Kol adalah sayuran yang memiliki kandungan vitamin K cukup banyak, oleh karena itu kol sangat baik untuk kesehatan otak. Otak perlu asupan nutrisi vitamin K yang berguna untuk membantu proses konsentrasi dan kesehatan mental. Kol juga menjaga otak dari kerusakan beberapa saraf.

  8. Kesehatan Mata
    Selain menjaga kesehatan otak, kol juga baik untuk menjaga kesehatan mata, hal ini dikarenakan kol mengandung vitamin A. Jadi bila Anda ingin merawat kesehatan mata, tetaplah mengkonsumsi kol.

  9. Kesehatan Tulang
    Manfaat kubis lainnya adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Kol atau kubis kaya dengan kandungan kalsium, kalium dan magnesium yang berguna untuk mendukung kesehatan dan kepadatan tulang.

  10. Anti Inflamasi
    Mengkonsumsi kol merupakan pencegahan terhadap inflamasi. Contoh inflamasi adalah radang, iritasi bahkan alergi dan nyeri. Biasanya inflamasi disebabkan karena kekurangan glutamin. Dalam kol terdapat banyak glutamin yang berfungsi untuk mencegah terjadinya inflamasi.

Bagaimana pembaca artikel mengenai manfaat kol untuk kesehatan ini? menarik bukan ? Ya ternyata kol yang sering kita konsumsi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Subscribe to receive free email updates: