Cara Mengobati Radang Tenggorokan Secara Alami

Mengobati Radang Tenggorokan. Radang tenggorokan sering kali menyerang dan membuat sistem pecernaan ternganggu. Hal ini terjadi karena saat merasakan sakit pada tenggorokan, si penderita akan kesusahan dalam menelan makanan. Karena kesusahan dalam menelan makanan, hal ini juga yang membuat si penderita malas untuk makan, terlebih makan makanan yang bertekstur keras.
Cara Mengobati Radang Tenggorokan
(c) wikipedia
Salah satu penyebab radang tenggorokan adalah akibat dari seringnya makan makanan pedas, sering minum es dicuaca yang tidak stabil, dan adanya bakteri dalam tenggorokan yang menyebabkan tenggorkan terinfeksi dan meradang. Kali ini kita akan berbagi informasi mengenai cara mengobati radang tenggorokan secara alami, tanpa obat dan hanya menggunakan beberapa tanaman tradisional. Meresume dari sumber manfaat.co.id, berikut adalah langkah tepat mengobati radang tenggorokan.

Obat Radang Tenggorokan


  1. Teh
    Bila Anda mengalami radang tenggorokan, Anda bisa mengkonsumsi teh hangat.Teh mampu meredakan rasa sakit di tenggorkan. Anda bisa menambahkan madu saat minum teh, karena teh dan madu adalah kombinasi tepat bagi penderita radang tenggorokan.

  2. Jahe
    Bila Anda menderita radang tenggorokan, minumlah jahe hangat. Jahe tidak hanya mampu meredakan radang tenggorokan melainkan juga menghangatkan badan. Jahe berfungsi untuk meredakan sakit tenggorokan dan juga menghilangkan bakteri yang terdapat dalam tenggorokan. Bila Anda suka minum jahe, hal ini bisa mencegah datangnya radang tenggorokan. Jahe berfungsi untuk melancarkan oksigen, membang racun dalam tubuh dan melindungi tubuh. Rebus jahe dengan gula batu atau tambahkan madu saat minum wedang jahe. Bila hal ini dilakukan maka secara perlahan radang tenggorokan Anda akan sembuh.

  3. Madu
    Madu memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh, dan madu bisa dijadikan obat peredam sakit radang tenggorokan. Bila Anda mengalami radang, Anda bisa minum madu asli langsung atau seperti cara diatas dengan membuat minuman tradisional dengan dicampuri madu sebagai pemanis. Hal ini bisa Anda lakukan rutin saat bangun tidur pagi dan saat akan beristirahat malam.

  4. Lemon
    Lemon kaya akan vitamin C dan vitamin C inilah yang berguna untuk mengembalikan fungsi tubuh agar kekuatan daya tahan meningkat. Dengan rasa asam yang terdapat dalam lemon, radang tenggorokan bisa diatasi. Minumlah lemon hangat. Jangan minum dingin selama radang tenggorokan, agar keadaan radang Anda tidak bertambah parah. Dan bila Anda tidak terlalu suka dengan rasa asam, tambahkan madu sebagai pemanis. Minumlah saat siang atau sore hari setelah makan. Dan rasakan perubahan setelah minum lemon hangat.

  5. Bawang putih
    Bila Anda penyuka bawang putih dan mau melakukan hal ekstrim, cobalah untuk menghisap bawang putih, karena sari dalam bawang putih mampu membunuh bakteri dan membuat radang tenggorokan berangsur-angsur sembuh. Bila Anda lakukan rutin maka tenggorkan Anda akan pulih. Namun bila Anda tidak suka dengan cara terakhir ini Anda masih bisa menggunakan beberapa cara diatas. Untuk yang langkah terakhir ini Anda bisa melakukannya sehari sekali.

Yups demikian beberapa manfaat dari beberapa tanaman tradisional yang berguna untuk mengobati radang tenggorokan. Namun bila dirasa radang tenggorokan sudah parah, Anda bisa segera periksa ke dokter. Karena bila radang semakin parah akan memicu penyakit lainnya. Dan pastinya akan membuat Anda kesusahan dalam mencerna makanan, sama halnya seperti penyakit gondok. Ingat satu hal yang pasti adalah selama Anda mengalami radang tenggorokan hindari minuman dingin karena hal ini bisa menambah radang semakin parah.

Subscribe to receive free email updates: