Manfaat Asam Jawa Untuk Tubuh Manusia

Manfaat Asam Jawa. Asam jawa adalah tanaman yang populer dan tumbuh subur di Jawa. Asam jawa banyak digunakan masyarakat untuk tambahan rempah saat memasak, misalnya saja saat memasak sayur asem. Asam jawa diyakini bisa membuat badan lebih langsing loh.

Dalam informasi kali ini kita akan menyampaikan manfaat asam jawa untuk tubuh. Mungkin banyak orang yang belum tahu bahwa asam jawa memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, selain sebagai rempah-rempah penyedap makanan, asam jawa punya kanduangan nutrisi yang menyehatkan tubuh.
Manfaat Asam Jawa
(c) wikipedia
Yuk simak manfaat asam jawa yang kita dapat dari sumber manfaat.co.id, pastikan setelah ini Anda tahu penggunaan asam jawa untuk membuat tubuh lebih sehat. Berikut manfaat asam jawa untuk kesehatan.


Manfaat Asam Jawa


  1. Mengobati Disentri
    Disentri adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan tubuh dan menyerang bagian usus manusia. Disentri timbul karena berbagai faktor, baik karena makanan maupun lingkungan. Penyakit disentri ditandai dengan perut mulas, sering BAB yang disertai dengan keluarnya darah. Disentri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri, untuk Anda yang ingin sembuh dari disentri secara alami Anda bisa menggunakan asam jawa sebagai obatnya. Cara membuat asam jawa menjadi obat untuk disentri adalah dengan mengahluskan asam jawa, temulawak dan kunyit kemudian direbus secara bersamaa, setelah itu saring dan berikan madu sebagai pemanis. Minum secara rutin hingga Anda kembali sembuh.

  2. Mengobati Difteri
    Salah satu penyakit pernapasan difteri yang menyerang manusia akibat bakteri ini bisa disembuhkan dengan menggunakan asam jawa. Bila Anda merasakan keluhan sakit tenggorokan seperti radang, suhu tubh tinggi, susah bernapas dan susah saat menelan makanan, kemungkinan besar Anda terkena difteri. Untuk menyembuhkan difteri Anda bisa menggunakan asam jawa sebagai solusinya. Cara membuat obatnya adalah dengan menyeduh asam jawa dengan campuran lobal, kencur, bawang merah dan daun pepaya. Ramun herbal tersebut bisa membunuh bakteri yang mengganggu sistem pernapasan. Ramuan tersebut dibuat bukan untuk diminum melainkan untuk di jadikan sebagai obat kumur saja.

  3. Mengobati Demam
    Demam yang dimaksud disini adalag demam yang sering diderita oleh para wanita setelah mengalami masa nifas. Bila Anda mendapati diri demam setelah nfas, Anda bisa menggunakan asam jawa untuk menurunkan suhu badan Anda. Caranya dengan menyiapkan asam jawa dan gula aren. Setelah itu seduh asam jawa dan gula aren, minum minimal sehari 1 kali selagi hangat.

  4. Mengobati Eksim
    Eksim adaah penyakit kulit yang disebabkan karena jamur, eksim ternyata bisa diatasi dengan asam jawa. Bila Anda mengalami eksim, baik eksim kering maupun eksim basah, gunakanlah asam jawa untuk menyembuhkan penyakit kulit ini. Anda bisa merebus asam jawa kemudian Anda campur dengan temulawak dan gula aren. Seduh ketiga bahan tersebut dan minum sehari satu kali hingga eksim yang Anda derita hilang. Apabila Anda tidak suka dengan ramuan herbal, Anda bisa memanfaatkan ramuan herbal yang ditumbuk dan membalurkannya di bagian yang terdapat eksim.

Demikian adalah 4 manfaat asam jawa untuk tubuh dan bermanfaat untuk kesehatan. Bila Anda mengalami 4 masalah kesehatan seperti yang telah disebutkan diatas, Anda bisa memanfaatkan asam jawa sebagai obatnya. Selain terhindar dari bahan kimia, Anda juga terhindar dari efek sampig jangka panjang. Semoga informasi mengenai asam jawa untuk kesehatan bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru bagi Anda semuanya.

Subscribe to receive free email updates: