7 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Puasa. Puasa adalah kondisi dimana seseorang tidak makan dan tidak minum selama sehar penuh. Puasa telah banyak dilakukan orang dari berbagai agama dan penjuru dunia. Hanya saja orang memaknai puasa dalam berbagai pandangan dan opini.
Manfaat Puasa
(c) dakwatuna
Dalam artikel kali ini kita akan banyak mengupas mengenai manfaat puasa. Ya, dalam dunia medis, ada banyak hal yang membuat puasa menjadi sesuatu hal yang baik untuk kesehatan. Misalnya saja puasa baik untuk menyembuhkan sakit gula dan lain sebagainya. Untuk itu mari simak manfaat puasa yang telah dikutip dari manfaat.co.id yang membuka semua rahasia puasa bagi kesehatan manusia.


Manfaat Puasa


  1. Menjaga Kesehatan Jantung
    Manfaat puasa yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan dengan kita berpuasa sama artinya kita telah membuat jantung untuk memacu darah lebih lancar dan lebih kuat. Karena lancar dalam mengedarkan darah, maka pembuluh darah yang ada dalam setiap tubuh mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Jadi sudah jelas bila puasa baik untuk kesehatan jantung, darah dan pembuluh darah.

  2. Menjaga Keseimbangan Psikologi
    Tahukah Anda dengan berpuasa hati Anda akan jauh merasa tenang ? Itu mengapa puasa mampu menenangkan hati seseorang, menjaga keseimbangan psikologi dengan baik dan bahkan membuat orang memiliki kesabaran yang labih. Jarang emosi dan berkata kasar, dan karena hal tersebutlah jantung tetap dalam kondisi stabil sehingga proses metabolisme dalam darah akan berlangsung lancar. Dengan demikian Anda bisa terhindar dari penyakit jantung, stroke, ginjal, dan lainnya.

  3. Meremajakan Kulit
    Puasa ternyata mampu menjaga manusia untuk awet muda loh. Gak percaya ? jadi selama kita puasa terjadi perubahan besar dan konversi dari asam amino. Fungsi dari asam amino adalah memperbaiki sel kulit mati dan menggantinya dengan yang baru. Oleh karena itu puasa bisa membuat peran kulit menjadi optimal. Selain mampu membersihkan lemak dan kotoran, proses dalam kulit ini membuat kulit Anda tampak lebih sehat dan cemerlang.

  4. Menjaga Kesehatan Usus
    Selain baik untuk kulit, puasa juga mampu menjaga kesehatan usus loh. Hal ini dikarenakan dengan berpuasa, organ pencernaan beristirahat sejenak dan sisa kotoran ataupun sisa makanan yang tertinggal bisa dibersihkan. Sehingga tidak mengendap dan menyebabkan penyakit. Usus tetap sehat dan proses pencernaan akan berjalan lancar.

  5. Menurunkan Gula Darah
    Puasa sangat baik dalam menurunkan kadar gula darah yang ada dalam tubuh manusia. Dengan berpuasa sama artinya kita telah mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula berlebih dan membiarkan hati untuk melepaskan gula darah yang berlebih dalam tubuh sehingga tidak ada lagi gula darah yang menempel dalam tubuh manusia. Oleh karena itulah puasa sangat baik untuk para penderita diabetes.

  6. Menjaga Nafsu
    Salah satu manfaat puasa baik itu puasa sunnah maupun puasa wajib di bulan suci ramadhan yang paling utama adalah menjaga nafsu. Nafsu buruk yang sering kali menghampiri manusia. Dengan demikian puasa bisa mencegah perbuatan buruk dan membuat sikap kita menjadi lebih baik lagi.

  7. Menyehatkan Ginjal
    Dan manfaat puasa yang terakhir adalah menyehatkan ginjal. Hal ini dikarenakan ada proses osmosis dalam tubuh yang bisa berjalan lancar akibat seseorang berpuasa. Oleh karena itu tidak diragukan lagi bila seseorang itu sehat karena rajin puasa.

Demikian adalah manfaat puasa untuk kesehatan manusia. Semoga beberapa hal yang telah kita sampaikan bisa bermanfaat dan menginspirasi Anda agar rajin berpuasa dan mendapatkan manfaatnya. Sebagai tambahan perlu Anda ketahui, ada beberapa macam puasa selain puasa wajib yang selalu kita laksanakan di bulan puasa seperti puasa senin kamis, puasa rajab, puasa daud, puasa mutih dan masih banyak lagi jenis puasa lainnya yang bisa Anda dapatkan informasinya di referensi lain.

Subscribe to receive free email updates: