Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Stroke

Stroke adalah salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh kebanyakan penduduk Indonesia. Jumlah penderita penyakit stroke dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hal ini yang menyebabkan seseorang banyak yang lumpuh dan tidak bisa bergerak karena persendian mereka mengalami masalah. Penyakit stroke bisa disebabkan oleh beberapa faktor, dalam hal ini kami akan membagikan beberapa informasi yang berkaitan dengan penyebab penyakit stroke, jenis dan cara pengobatannya dari sumber kutipan carasehat.net. Dengan begitu Anda bisa menghindari penyakit pembunuh nomor satu ini dan mengetahui penanganan yang tepat ntuk mengatasi penyakit stroke.
Penyebab Stroke
(c) pixabay
Stroke adalah penyakit yang menyerang otak dan dalam waktu yang tidak diduga dan membuat saluran dalam otak tersumbat yang menyebabkan pembuluh darah otak pecah. Dengan begitu akan terjadi kondisi pecahnya pembuluh darah, akibat penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah yang menuju ke otak sehingga pasokan darah yang akan menuju otak berkurang dan mengakibatkan kematian sel saraf di otak.


Penyebab Stroke

Ada dua jenis penyebab penyakit stroke, diantaranya adalah karena resiko medis dan perilaku. Untuk yang jenis pertama yaitu resiko medis, stroke timbul karena faktor medis yang mempengaruhi hipertensi,kolesterol dan arteriosklerosis. Selain itu stroke juga disebabkan karena faktor keturunan, baik penyakit diabetes, stroke keturunan hingga penyakit ringan seperti migran. Beberapa penyakit yang disebutkan diatas bisa memicu timbulnya stroke pada seseorang.

Dan untuk faktor penyebab penyakit stroke yang kedua adalah karena perilaku seseorang, misalnya pola hidup dan pola makan yang tidak baik. Bila Anda sering mengonsumsi makanan cepat saji dan sering minum minuman bersoda bisa mengakibatkan stroke. Istirahat yang kurag dan asupan gizi yang kurang juga menjadi penyebab penyakit stroke. Untuk itu jaga kesehatan dan pola makan dengan baik agar tidak terserang stroke.

Gejala Stroke

Setelah mengetahui informasi seputar stroke dan penyebab penyakit stroke, sekarang saatnya Anda mengetahui beberapa gejala penyakit stroke yang biasa dialami oleh para penderita.

  1. Gejala yang biasa dialami oleh pederita stroke adalah ada rasa mat seketika atau kehilangan rasa dan terasa lemas pada sekujur tubuh.
  2. Ada perasaan bingung yang mendadak dan sulit berbicara sehingga susah dimengerti.
  3. Dan pandangan mata seketika kabur.
  4. Susah berjalan dan kehilangan keseimbangan.
  5. Mengalami pusing kepala tanpa diketahui penyebabnya. 
  6. Dan biasanya penderita merasa mual serta ingin muntah setelah itu kehilangan kesadaran.

Mencegah Stroke

Dibawah ini kami menyajikan beberapa tips untuk mencegah penyakit stroke.

  1. Hindarilah kebiasaan merokok
  2. Periksalah tensi darah secara rutin karena hipertensi memicu timbulnya stroke dalam tubuh.
  3. Kontrol kesehatan jantung Anda.
  4. Jangan mudah stres dan depresi
  5. Makan makanan sehat, baik buah dan sayuran.

Dengan melakukan beberapa pencegahan tersebut, dibutuhkan niat kuat karena ada beberapa poin yang mungkin telah menjadi kebiasaan seseorang sehingga dibutuhkan dukungan agar mereka tidak menjalani kebiasaan buruk seperti merokok dan mudah emosi. Dengan begitu darah dalam tubuh tetap terkontrol dan tidak menyebabkan penyakit stroke. Mulailah dengan kebiasaan sehat yaitu mengonsumsi makanan sehat yang berguna untuk menyehatkan tubuh dan beberapa organ dalam tubuh, sehingga Anda terhindar dari penyakit stroke. Karena penyakit stroke belum memiliki obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini seketika. Biasanya pengobatan dilakukan dengan terapi untuk membantu pergerakan tulang dan sendi penderita.

Subscribe to receive free email updates: