6 Manfaat Vitamin C untuk Mencegah Berbagai macam Penyakit

Manfaat Vitamin C. Setelah membahas vitamin A berikut ini kami akan membahas mengenai manfata vitamin C untuk tubuh. Vitamin C adalah jenis vitamin yang harus dimiliki manusia dalam tubuh. Bila manusia kekurangan vitamin C maka akan terjadi kelainan seperti gampang sakit akibat tidak adanya zat atau senyawa vitamin C yang melindungi tubuh dari serangan penyakit.
Manfaat Vitamin C
(c) pixabay
Vitamin C bisa kita ketahui dengan mudah yaitu dengan rasanya yang asam. Vitamin C menjadi penting karena bisa menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin C untuk manusia yang dikutip dari catatansehat.net berikut ini.


Manfaat Vitamin C


  1. Mencegah Flu
    Vitamin C mampu mencegah seseorang dari enyakit flu, katena vitamin C memiliki kemampuan untuk menjaga tubuh agar terlindungi oleh penyakit yang disebabkan oleh virus, salah satunya adalah flu. Oleh karena itu bila seseorang kelelahan dan terkena gejala flu, kemudian mengonsumsi vitamin C maka keadaan seseorang akan membaik.

  2. Menjaga Kekebalan Tubuh
    Vitamin C adalah salah satu vitamin yang mampu melindungi tubuh dengan baik, menjaga kekebalan tubuh dari serangan luar. Dengan begitu bila Anda tercukupi vitamin C nya Anda akan memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari beberapa penyakit.

  3. Sumber Antioksidan
    Selain vitamin A, vitamin C juga memiliki kandungan antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang berasal dari polusi luar yang bisa menyebabkan tubuh kita terkontaminasi oleh benda radikal bebas dan bisa merusak jaringan tubuh.

  4. Mencegah Penyakit Mata
    Dan kabar baiknya adalah vitamin C mampu menjaga ksehatan mata dan bisa mencegah penyakit katarak. Bila Anda terpenuhi kebutuhan vitamin C nya Anda akan terhindar dari penyakit katarak.

  5. Menjaga Kesehatan Kulit
    Tahukah Anda bila vitamin C mampu merawat kesehatan kulit dengan baik ? Vitamin C bisa menjaga kelembutan dan kesehatan kulit sehingga kulit Anda tidak kusam dan kering. Vitamin C mendukung keluarnya kolagen zat yang dibutuhkan oleh jaringan kulit.

  6. Terhindar dari Kanker
    Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang yang memiliki vitamin C dalam tubuhnya dan terpenuhi dengan baik akan terhindar dari beberapa jenis kanker yang mengintai manusia. Jadi tidak ada salahnya bila mulai sekarang Anda memenuhi asupan nutrisi vitamin C untuk mencegah Anda dari penyakit kanker.

Dan untuk Anda yang ingin mengonsumsi vitamin C disarankan untuk mengonsumsinya langsung dari buah dan sayuran alami. Misalnya saja dari jeruk, stroberi, paprika, kiwi, brokoli, kubis dan beberapa jenis sayur dan buah yang terindikasi mengandung vitamin C.

Bila Anda kekurangan vitamin C maka Anda akan mengalami gejala seperti kekurangan nafsu makan, rambut bercabang, kram otot yang terlalu sering, kulit kering, gusi berdarah, anemia hingga infeksi dalam tubuh. Namun bila Anda kelebihan vitamin C, biasanya Anda akan mengalami diare dan meningkatnya asam lambung. Karena rasa asam yang ada dalam vitamin C bisa membuat pencernaan kita meradang.

Demikian adalah manfaat vitamin C dan seputar informasi yang ada dalam vitamin C sehingga mulai detik ini juga Anda memiliki kesadaran untuk mengonsumsi vitamin C demi menjaga kesehatan tubuh. Keseimbangan daam tubuh diperlukan agar tubuh tetap sehat dan tidak kekurangan vitamin. Dengan begitu Anda tidak mudah sakit dan tetap sehat menjalani aktivitas yang lumaya padat di setiap harinya.

Subscribe to receive free email updates: