Jenis dan Manfaat Vitamin B untuk Tubuh Manusia

Manfaat dan Jenis Vitamin B. Tahukah Anda bila Anda lemas dan mudah jatuh sakit bisa dikarenakan karena kekurangan vitamin B ? Ya, vitamin B adalah salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan dalam tubuh. Kehadiran vitamin B mmapu menjaga tubuh untuk tetap sehat dan kuat. Ada banyak jenis vitamin B yang dibutuhkan oleh tubuh, maka dari itu pada kesempatan kali ini kita akan menyajikan jenis-jenis vitamin B dan manfatanya untuk tubuh. Berikut adalah penjelasan yang kita kutip dari catatansehat.net yang bisa Anda pelajari kemudian Anda terapkan dalam hidup sehari-hari agar Anda tetap sehat dan tidak mudah sakit.

Vitamin B kompleks adalah salah satu jenis vitamin B yang memiliki banyak kelebihan. Berikut adalah jenis-jenis vitamin B yang baik dikonsumsi untuk tubuh, Vitamin B1(thiamine), Vitamin B2(riboflavin), Vitamin B3 (niacin), Vitamin B5(pantothenic acid/asam pantotenat) , Vitamin B6(pyridoxamine) , Vitamin B9(folic acid/asam folat) , vitamin B12(cyanocob), vitamin B7(biotin) biotin, Kolin dan inositol.
Manfaat Vitamin B
foto: awaremed
Vitamin tersebut mampu membantu tubuh untuk lebih sehat. Sesama jenis vitamin B saling bekerja sama untuk membuat keseimabangan dalam tubuh. Dengan begitu Anda tidak akan mudah lemas karena vitamin B merupakan salah satu vitamin yang memberikan energi terbesar dalam tubuh. Bila Anda kekurangan vitamin B akan banyak kelainan yang Anda alammi. Orang yang memiliki kekurangan dalam vitamin B akan udah terkena darah rendah, tubuh tidak sehat, mudah lemas, mudah sakit dan tidak betenaga,

Vitamin B sangat diperlukan untuk memenuhi semua kebutuhan dalam tubuh dalam proses pencernaan baik untuk metabolisme tubuh dan kebutuhan tubh yang lainnya. Vitamin B kompleks yang larut dalam air dan termasuk kedalam vitamin esensial dimana setiap hari tubuh memerlukannya, bila satu hari saja kebutuhan vitamin B tidak terpenuhi maka yang akan terjadi adalah proses pencernaan akan mengalami kerusakan.

Anda bisa mendapatkan vitamin B yang bersumber dari makanan, biasanya adalah makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi dan gandum, kemudian kedelai, jagung, ikan, keju, biji-bijian, asam folat, ayam dan susu.


Manfaat Vitamin B


  1. Mampu memproduksi energi
    Manfaat yang pertama adalah vitamin B mampu menjaga tubuh untuk tetap sehat karena vitamin B merupakan sumber energi dalam tubuh. Terutama vitamin B1 yang mampu mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang bisa diubah menjadi energi. Bila saja Anda kekurangan vitamin B ini maka hasilnya adalah Anda akan lesu dan tidak bertenga.

  2. Menjaga kesehatan sistem saraf
    Vitamin B ternyata berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan tubuh. Yang diperlukan dalam kesehatan saraf dan tubuh adalah vitamin B5 yang memang diperlukan agar kelenjar adrenal bekerja dengan baik sehingga dapat memproduksi hormon adrenalin yang berguna untuk mengatur saraf kita. Fungsi saraf sangat banyak, diantaranya adalah untuk menjaga keseimbangan tubuh dan membantu otak untuk mengantarkan sinyal sehingga kita peka terhadap rangsangan. Bila saja produksi hormon terhambat kemudian saraf tidak mampu bekerja dengan baik akibatnya adalah tubuh akan kekurangan darah dan terganggu sistem pencernaan serta sistem saraf yang tidak berjalan dengan lancar. Jadi pada vitamin B1, B6 dan B12 penting dimiliki karena membantu saraf untuk bekerja lebih baik lagi sehingga antara hormon dan saraf tidak terjadi kesalahan. Dengan begitu sistem dalam tubuh aman dan berjalan lancar. Selain itu vitamin B juga memproduksi sel darah merah yang berguna untuk sistem sirkulasi darah.

Demikian adalah manfaat Vitamin B dan jenis-jenis vitamin B. Semoga pembahasan seputar vitamin B ini menjadi tambahan pengetahuan untuk Anda. Baca juga Manfaat Vitamin C dan Manfaat Vitamin A.

Subscribe to receive free email updates: