37 Jenis dan Manfaat Ikan Gabus Untuk Tubuh Manusia

Manfaat Ikan Gabus. Indonesia adalah negara yang memiliki daerah perairan paling luas, berapa persen wilayah yang dikuasai oleh perairan menjadikan Indonesia dikenal sebagai negara maritim. Oleh karena itu tak heran bila Indonesia dikenal memiliki kekayaan sumber daya alam di laut nya yang begitu berlimpah.

Ada banyak kekayaan alam lautan yang menyimpan sejuta rahasia di dalamnya yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Ada rumput laut, batu karang yang indah serta ikan yang menjadi penghuni di air. Bukan hanya di lautan saja, namun di beberapa perairan seperti danau, sungai, air payau dan sumber air lainnya terdapat kehidupan dan bisa dipastikan banyak ikan yang tinggal disana.
Manfaat Ikan Gabus
(c) wikipedia
Berkaitan dengan topik ikan, kali ini kita akan membicarakan mengenai ikan gabus. Yang pasti kita akan membahas mengenai jenis-jenis dan manfaat ikan gabus. Penting untuk kita ketahui bahwa ternyata ikan gabus yang ada di alam jumlahnya sangat banyak dan memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan kita.


Apa itu Ikan Gabus?

Ikan Gabus (Channa Striata) yang sering di sebut ikan Bogo oleh masyarakat sunda ini merupakan salah satu jenis ikan predator yang ada di air tawar. Ikan Gabus biasa memangsa hewan-hewan kecil yang ada di air tawar, seperti kodok, serangga, berudu dan ikan-ikan kecil. Selain hidup di alam liar, tak sedikit pula Ikan Gabus di ternak dan di budidaya kan untuk selanjutnya di jual ke pasar untuk di konsumsi.


Jenis Ikan Gabus

Ikan Gabus memiliki beragam bentuk dan jenis, selain itu Ikan gabus juga berasal dari berbagai belahan Dunia, seperti Asia dan Afrika. Seperti di kutip dari iwak-komputer.blogspot, berikut merupakan beberapa jenis ikan gabus berdasarkan Nama Ilmiah, Nama Umum, Penyebaran, Panjang maxsimal dan Foto. 

Channa argus argus ( Northern snakehead - Asia - 85 cm )



Channa asiatica ( Chinesse snakehead - Asia - 34 cm )



Channa amphibeus ( Borna snakehead - Asia - 25 cm )



Channa aurantimaculata ( Orange spotted snakehead - Asia - 40 cm )



Channa bankanensis ( Bangka snakehead - Asia - 14 cm )



Channa baramensis ( Baram snakehead - Asia - 22 cm )



Channa barca ( Barca snakehead - Asia - 90 cm )



Channa bleheri ( Rainbow snakehead - Asia - 20 cm )



Channa burmanica ( Burmese snakehead - Asia - 106 cm )



Channa cyanospilos ( Bluespotted Snakehead - Asia - 20 cm )



Channa diplogramma ( Malabar snakehead - Asia - 60 cm )



Channa gachua ( Kotes, Dwarf snakehead - Asia - 20 cm )



Channa harcourtbutleri ( Inle Snakehead - Asia - 16 cm )



Channa lucius ( Splendid Snakehead - Asia - 40 cm )



Channa marulioides ( Emperor Snakehead - Asia - 65 cm )



Channa marulius ( Great snakehead - Asia - 180 cm )



Channa melanopterus ( Blackfinned Snakehead - Asia - 65 cm )



Channa micropeltes ( Toman, Haruan, Giant snakehead - Asia - 150 cm )



Channa nox ( Night Snakehead - Asia - 20 cm )



Channa orientalis ( Green snakehead - Asia - 20 cm )



Channa ornatipinnis ( Asia - 20,5 cm )



Channa panaw ( Panaw Snakehead - Asia - 17 cm )



Channa pleurophthalma ( Selendang mayang - Asia - 40 cm )



Channa pulchra ( Asia - 16 cm )



Channa punctata ( Spotted Snakehead - Asia - 30 cm )



Channa stewartii ( Golden Snakehead - Asia - 25 cm )



Channa striata ( Kutuk, Common snakehead - Asia - 100 cm )



Parachanna africana ( Niger snakehead - Afrika - 32 cm )



Parachanna insignis ( Afrika - 41 cm )



Parachanna obscura ( African snakehead - Afrika - 50 cm )



Snakehead/ gabus albino



Manfaat Ikan Gabus

Setelah membaca penjelasan mengenai Ikan gabus, beserta beberapa jenis Ikan Gabus, tibalah saatnya pembahasan mengenai khasiat ikan gabus untuk kesehatan. Langsung saja, seperti di lansir dari seputarikan.com, berikut ini adalah ulasan mengenai manfaat ikan gabus untuk kesehatan tubuh manusia.

  1. Menyembuhkan berbagai macam penyakit
    Mungkin tidak banyak orang yang pernah makan ikan gabus, namun perlu Anda ketahui bahwa ada banyak manfaat ikan gabus yang sangat baik untuk kesehatan kita. Kandungan protein serta beberapa nutrisi dalam ikan gabus membuat ikan ini bisa membantu penyembuhan beberapa penyakit seperti penyakit hepatitis, TBC, tifus, diabetes, stroke dan juga thalasemia.

  2. Meningkatkan daya tahan tubuh
    Selain mampu mengobati beberapa penyakit ternyata ikan gabus juag bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. karena banyak vitamin dan senyawa yang dibutuhkan untuk tubuh dalam proses pencernaan, maka ikan gabus bisa berdampak baik bagi kekuatan daya tahan tubuh.

  3. Membantu menghilangkan pembengkakan
    Untuk Anda yang mengalami kasus pembengkakan akibat jatuh atau mungkin karena faktor lain, Anda bisa mengonsumsi ikan gabus. Ikan ini bermanfaat untuk membantu Anda mengurangi pembengkakan yang terjadi.

  4. Membantu penyembuhan autis
    Autis adalah suatu hal yang menakutkan bagi anak-anak. Kelainan mental dan syaraf ini memang cukup menjadi mimpi buruk bagi setiap orang tua, namun tahukah Anda bahwa ikan gabus adalah salah satu menu makanan yang direkomendasikan untuk di konsumsi oleh penderita autis ? Dengan mengkonsumsi ikan gabus maka otak anak autis akan mulai mendapat nutrisi yang cukup sehingga mental serta syaraf yang terganggu bisa menjadi normal kembali meskipun dibutuhkan proses yang tidak sebentar.

  5. Membantu penyembuhan setelah operasi
    Memang ikan gabus adalah jenis ikan yang paling populer dikalangan orang yang baru saja melakukan operasi. Karena memiliki banyak kandungan bermanfaat, ikan gabus baik dikonsumsi bagi mereka yang telah menjalani operasi, mampu membuat bekas operasi jadi cepat kering dan sembuh.

  6. Membantu penyembuhan luka
    Dan manfaat ikan gabus yang terakhir adalah mampu menyembuhkan luka, ikan gabus dengan segala manfaatnya bisa membuat kulit yang terluka menjadi cepat kering dan memproduksi jumlah albumin lebih banyak. Sehingga bila Anda baru saja jatuh dan terluka parah, konsumsilah ikan gabus untuk membantu pengeringan luka agar cepat sembuh dan Anda bisa kembali beraktifitas.

Demikian adalah 6 jenis jenis manfaat ikan gabus yang baru saja kita bahas bersama, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai kekayaan dan anugerah alam di sekitar kita. Bahkan seekor ikan gabus yang jarang di konsumsi pun ternyata memiliki manfata yang luar biasa baik bagi kesehatan manusia.

Subscribe to receive free email updates: